Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL KUALIFIKASI PIALA DUNIA U-20: Argentina, Brasil, Uruguay, Kolombia Lolos

Argentina, Uruguay, Brasil, dan Kolombia memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 di yang berlangsung di Selandia Baru pada pertengahan tahun ini.
Skuat Timnas Brasil U-20 merayakan gol Nathan (10) yang dicetak ke gawang Peru/Reuters-Jorge Adorno
Skuat Timnas Brasil U-20 merayakan gol Nathan (10) yang dicetak ke gawang Peru/Reuters-Jorge Adorno

Bisnis.com, JAKARTA - Argentina, Uruguay, Brasil, dan Kolombia memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 di yang berlangsung di Selandia Baru pada pertengahan tahun ini meskipun setiap tim masih menyisakan satu pertandingan lagi di babak kualifikasi.

Kepastian itu didapat setelah putaran final Kejuaraan Sepak Bola Amerika Selatan yang digelar di Uruguay menyelesaikan matchday keempat. Kejuaraan tersebut juga sekaligus merupakan babak kualifikasi Piala Dunia U-20 dan kualifikasi Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Pada matchday keempat, Brasil dan Argentina menang telak, sedangkan Uruguay dan juara bertahan Kejuaraan Sepak Bola Amerika Selatan U-20 Kolombia bermain seri tanpa gol dalam tiga laga yang secara berturut-turut digelar di Stadion Centenario, Montevideo, Uruguay, pada Kamis pagi WIB (5/2/2015).

Dalam pertandingan yang dipimpin wasit Kolombia Adrian Perez, Peru masih mampu mengimbangi permainan Brasil hingga akhir babak pertama. Namun begitu memasuki 45 menit babak kedua, Brasil menggila dan menggelontorkan lima gol tanpa balas ke gawang Peru yang dikawal kiper Daniel Prieto.

Baru 2 menit babak kedua berjalan, Nathan Allan de Souza telah menjebol gawang Peru. Lantas Thalles Lima de Conceicao mencetak dua gol pada menit ke-56 dan 62. Hanya 9 menit berikutnya Malcom Filipe Silva ganti menghajar gawang lawan dan gol penutup dikontribusi Leo Pereira pada menit ke-81.

Pada pertandingan berikutnya Argentina juga ikut-ikutan pesta gol. Paraguay menjadi korbannya. Putra pelatih Atletico Madrid Diego Simeone, Giovanni Simeone, mencetak dua gol untuk skuat Tango muda yang dilatih oleh Humberto Grondona.

Simeone membuka skor pada menit ke-17. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, tambahan dua gol lagi datang untuk Argentina melalui kontribusi Leonardo Rolon pada menit 48 dan kembali Simeone mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-76.

Semestinya Simeone bisa mencetak hattrick dalam pertandingan yang dipimpin wasit Julio Bascunan dari Chile. Tapi, eksekusi penaltinya pada menit ke-45 gagal menjebol gawang Paraguay yang dikawal kiper Tomas Echague.

Turnamen ini diikuti oleh 10 negara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) dan tahap awalnya dibagi menjadi dua grup. Grup A berisi Argentina, Paraguay, Ekuador, Bolivia, dan Peru. Sedangkan Grup B diisi tuan rumah Uruguay, Brasil, Chile, juara bertahan Kolombia, dan Venezuela.

Tiga tim teratas dalam klasemen akhir setiap grup maju ke putaran final yang kembali saling mempertemukan keenam tim. Dari Grup A lolos Argentina, Paraguay, dan Peru. Dari Grup lolos Uruguay, Brasil, dan Kolombia.

Empat tim teratas dalam klasemen akhir putaran final akan lolos mewakili zona Conmebol ke Piala Dunia U-20 edisi 2015 yang digelar di Selandia Baru pada pertengahan tahun ini. Selain itu, juara turnamen ini mewakili Amerika Selatan ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Dengan telah lolosnya empat tim ke putaran final Piala Dunia U-20, tiga pertandingan terakhir pada matchday kelima yang akan digelar pada Minggu (8/2/2015) yakni Argentina vs Uruguay,  Paraguay vs Peru, dan Brasil vs Kolombia sudah tidak menentukan kelolosan ke Selandia Baru.

Namun, bagi Argentina, Uruguay, dan Kolombia, pertandingan terakhir masih bermanfaat untuk menentukan keterlibatannya di Olimpiade 2016 atau tidak, bersama Brasil yang lolos ke event multicabang itu karena berstatus tuan rumah.

Argentina memerlukan minimal hasil seri untuk lolos ke Olimpiade, sedangkan Uruguay harus menang untuk menjadi juara turnamen ini sekaligus menggenggam tiket otomatis lolos ke Olimpiade. Kalau pun kalah, Uruguay masih bisa berharap lolos ke Olimpiade 2016 melalui jalur play off antarbenua.

Bagi Kolombia, kemenangan jadi harga mati untuk membuka asa ke Olimpiade lewat jalur play off antarbenua, itu pun dengan catatan Argentina menang atas Uruguay.

Klasemen sementara Kejuaraan Sepak Bola Amerika Selatan U-20/kualifikasi Piala Dunia U-20/kualifikasi Olimpiade 2016 (main, menang, seri, kalah, gol, nilai)

Argentina   4   3   1   0   8-1   10

Uruguay   4   2   2   0   5-1   8

Brasil   4   2   1   1   7-2   7

Kolombia   4   1   3   0   4-2   6

Paraguay   4   0   1   3   0-7   1

Peru   4   0   0   4   2-13   0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Conmebol.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper