Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2014: Final Argentina vs Jerman, Fakta & Rekor Pertemuan

Final Piala Dunia 2014 yang akan digelar di Estadio Nacional, Brasilia pada Minggu (13/7/2014) atau Senin (14/7/2014) pukul 03.00 WIB final ketiga antara Jerman versus Argentina.
Tim nasional Jerman/REUTERS
Tim nasional Jerman/REUTERS

Bisnis.com, BRASILIA -  Final Piala Dunia 2014 yang akan digelar di Estadio Nacional, Brasilia pada Minggu (13/7/2014) atau Senin (14/7/2014) pukul 03.00 WIB final ketiga  antara Jerman versus Argentina.

 

Tak ayal, atmosfir balas dendam dan mempertahankan tanah Amerika Latin tidak 'dijajah' Eropa --Eropa juara di Amerika Latin--  begitu kental.

 

Satu di antaranya, terlepas dari persoalan pertemanan, Neymar mendukung Lionel Messi menuntaskan tugasnya menjuarai Piala Dunia 2014 sekaligus gelar ketiga mereka. Ada kesan sebuah ketidakrelaan pada  tim Eropa  menjadi yang terbaik di tanah Amerika Latin, dalam perspektif olahraga tentunya.

 

Akankah upaya itu berhasil? Atau sebaliknya, Jerman yang mampu menuntaskan sejarah persepakbolaan dunia: Jerman menjadi tim dari Benua Eropa pertama yang menjuarai Piala Dunia di tanah Amerika Selatan?

 

Jerman dipastikan akan menurunkan formasi terbaik: Bek Mats Hummels yang melewatkan babak kedua melawan Brasil sebagai tindakan pencegahan karena tendonitis,  diperkirakan akan tersedia. Ini membuat Jerman akan menurunkan  nama  yang sama saat yang mengalahkan tuan rumah 7-1.

Namun, Argentina --kendati telah kembali latihan bersama tim setelah pemulihan cedera paha-- belum akan berani menurunkan Angel Di Maria. Pemain sayap klub Real Madrid tidak mungkin untuk menjadi bugar untuk memulai.

Striker Sergio Aguero, sepenuhnya, pulih dari masalah yang sama-dan Ezequiel Lavezzi belum bisa dipastikan akan menggantikan Gonzalo Higuain atau tidak.  Kendati Argentina akan menerjunkan Higuain, Aguero dan Lionel Messi sebagai bagian dari tiga pemain depan  seperti di pertandingan sebelumnya pada  turnamen ini.

Bek kiri Marcos Rojo gagal menyelesaikan sesi latihan pada  Jumat, karena sakit pada pergelangan kaki  tapi masalah ini tidak dianggap serius.

 

Namun, mereka, 'mungkin enggan untuk memilih  untuk  line-up yang menyerang melawan  Jerman.

FAKTA PERTANDINGAN

Head-to-head

     -Ini adalah final Piala Dunia ketiga di antara Argentina dan Jerman (termasuk Jerman Barat). Argentina memenangkan pertama 3-2 pada  1986, tetapi dikalahkan 1-0 pada turnamen 1990.

 

     -Kemenangan pada  1986 merupakan kemenangan awal Argentina di Piala Dunia  dalam enam pertandingan melawan Jerman, dan mereka  dieliminasi oleh Jerman  pada dua Piala Dunia: 2006 dan 2010.

 

     - Keseluruhan rekor Piala Dunia mereka melawan Jerman atau Jerman Barat adalah Menang 1, Seri 2, Kalah 3.  Dan  satu dari seluruh pertarungan mereka yang menarik  adalah di perempat final pada  2006 di mana Jerman harus menang melalui adu penalti.

 

     - 4-0 kekalahan Argentina ke Jerman di perempat final Piala Dunia 2010 adalah kekalahan terberat mereka di turnamen itu sejak 1974.

 

     - Pertemuan yang terbaru adalah pertandingan persahabatan di Frankfurt pada  Agustus 2012 di mana Argentina menang 3-1.

 

Jerman

     -Ini akan menjadi delapan kali Jerman atau Jerman Barat  muncul di final Piala Dunia - rekor baru. Mereka telah memenangkan tiga dan kalah empat dari tujuh final sebelumnya.


     - Sebuah kemenangan keempat akan membuat mereka menyamai  dengan rekor  Italia - hanya lima Brasil yang  mempunyai catatan terbaik, juara lima kali.

 

     - Kemenangan akan berarti mereka menjadi tim Eropa pertama yang memenangkan Piala Dunia di benua Amerika.

 

     - Jerman telah kehilangan final lebih banyak (empat) dari orang lain. Itu termasuk tiga kekalahan di empat  penampilan terakhir mereka.

 

     - Jerman tidak terkalahkan dalam 17 pertandingan internasional  mereka (menang 12, seri 5). Kekalahan mereka terjadi   dari  Amerika Serikat dalam pertandingan persahabatan pada  Juni 2013 dengan skor 4-3.

 

     - Dalam 12 penampilan Piala Dunia, Thomas Muller  telah mencetak 10 gol dan assist  enam.

 

Argentina

     - La Albiceleste telah menyimpan empat clean sheet  di Piala Dunia ini, lebih dari tim lain (belum termasuk play off tempat ketiga). Mereka belum kemasukan gol dalam tahap knock-out.

 

     - Lionel Messi telah menciptakan 21 peluang di Piala Dunia 2014, lebih dari pemain lain.

 

     - Messi gagal mencetak gol dalam tiga pertandingan sebelumnya. Dia belum kalah di  empat pertandingan internasional tanpa gol sejak Alejandro Sabella mengambil alih Argentina pada Agustus 2011.

 

     - Argentina tersingkir oleh Jerman pada Piala Dunia 2006 dan 2010. Tidak ada tim yang pernah dieliminasi oleh penentang bersama dalam tahap knock-out dari tiga Piala Dunia secara berturut-turut.

 

     - Skuad Argentina  rata-rata berusia di bawah 29 - Jika mereka menang mereka akan menggantikan Italia (2006) sebagai pemenang Piala Dunia yang tertua.

 

     - Mereka adalah satu-satunya tim yang belum tertinggal di Piala Dunia 2014.

BACA JUGA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : bbc.com/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper