Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PREDIKSI HASIL BELANDA VS ARGENTINA: Jadwal, Head to Head; Messi vs Blind, RvP vs Demichelis

Belanda jumpa Argentina di semifinal Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil, pada Kamis (10/7/2014) mulai pk. 03:00 WIB. Data sejarah memihak Belanda, sehingga skuat Oranje layak difavoritkan bisa menekuk tim Tango.
Timnas Belanda/Reuters-Michael Kooren
Timnas Belanda/Reuters-Michael Kooren

Bisnis.com, JAKARTA - Belanda jumpa Argentina di semifinal Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil, pada Kamis (10/7/2014) mulai pk. 03:00 WIB.

Berikut empat pertarungan kunci Belanda vs Argentina:

Pemain sayap Arjen Robben vs bek Argentina Marcos Rojo

Menghentikan Robben adalah tugas utama Argentina dan memerlukan upaya ekstra bagi Rojo. Bek klub Portugal Sporting Lisbon itu memegang peran kunci menghentikan Robben di sisi kanan wilayah serang Belanda atau sisi kiri pertahanan Argentina.

Masalah bagi Rojo, Robben bukan tipe pamin yang terpaku di posisi resmi yang diumumkan di starting line up.

Pemain Bayern Munchen itu bisa saja bergerak ke tengah atau ke sisi kiri. Jadi, tentu tidak mungkin bagi Rojo untuk mengikutinya terus menerus, karena kalau itu terjadi, maka Dirk Kuyt yang akan masuk memanfaatkannya.

Gelandang Belanda Wesley Sneijder vs gelandang Argentina Javier Mascherano

Sneijder tersingkirkan sejak penampilannya yang tidak mengesankan di ajang Euro 2012. Namun pelatih Louis van Gaal telah memberinya kesempatan kembali dan agaknya pemain klub Turki Galatasaray itu tidak menyia-nyiakan peran barunya yang lebih menyerang.

Dia memainkan peran penting dengan menyokong pergerakan para juru gedor di barisan depan Belanda dan terkadang Sneijder sendiri berperan sebagai eksekutor ke gawang lawan. Kemampuannya mengontrol permainan di lapangan tengah berdampak besar bagi permainan Belanda sepanjang Piala Dunia 2014.

Mascherano lebih cenderung pada posisi sebagai bek tengah dalam beberapa waktu terakhir di klubnya Barcelona. Tetapi apa yang diperlihatkannya di Brasil ialah kemampuannya yang tak kalah baik sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia. Membatasi pergerakan Sneijder akan menjadi kesuksesan Mascherano.

Striker Argentina Lionel Messi vs gelandang bertahan Daley Blind

Belanda telah menunjukkan bahwa permainan sepak bola modern bukanlah satu pemain bertahan menjaga satu ujung tombak lawan. Ini akan diperlihatkan Blind terhadap Messi.

Messi telah membuktikan bahwa dirinya menjadi pemain paling berbahaya sepanjang turnamen ini dengan kemampuan menggiring bola yang mumpuni dia selalu menyulitkan lini belakang lawan.

Daley Blind bisa menjaga pergerakan Messi jauh dari kotak penalti dengan bantuan Bruno Martins Indi.

Striker Belanda Robin van Persie (RvP) vs bek Belanda Martin Demichelis

Ini merupakan pertemuan derby Manchester di ajang Piala Dunia. Kedua kerap kali beradu di Liga Primer Inggris. Van Persie atas nama Manchester United, sedangkan Demichelis adalah bek Manchester City.

Demichelis telah membuktikan bahwa dia adalah palang pintu tangguh sehingga City jadi juara Liga Primer Inggris. Van Persie dengan MU-nya tercecer jauh di belakang Demichelis dengan City-nya.

Di babak kncok out Piala Dunia 2014, Van Persie tidak berkibar, tapi Belanda terus melaju, dan di semifinal dia harus membuktikan ketangguhannya menerobos pertahanan yang digalang Demichelis.

Rekor memihak Oranje

Ini pertemuan kedelapan kedua tim. Menurut data badan sepak bola dunia FIFA, Belanda memenangi empat dari delapan pertemuan itu, tiga imbang, dan Argentina hanya bisa menang sekali yakni di final Piala Dunia 1978 dengan skor 3-1 lewat perpanjangan waktu. Tim Oranje mencetak 13 gol dan Argentina 6 gol.

Melihat rekor pertemuan yang memihak Oranje, pantaslah jika laga ini bakal berat bagi pasukan asuhan Alejandro Sabella. Persoalan semakin rumit bagi Argentina karena salah satu juru gedor mereka, Angel di Maria, absen lantaran cedera. Sedikit beruntung, Sergio Aguero yang sebelumnya cedera kini mulai pulih dan siap main.

Sementara itu, Belanda kehilangan tembok besar di lini belakang yakni Ron Vlaar yang juga cedera meskipun sebenarnya tampil penuh ketika menundukkan Kosta Rika di 8 besar.

Vlaar telah tampil mengesankan bersama Oranje dengan membuldoser’ jalan melewati penyisihan grup, dimulai dengan kemenangan 5-1 atas Spanyol, kemudian menyingkirkan Meksiko dan Kosta Rika.

Head to head 6 pertemuan terakhir:

22/06/2006   Belanda 0 vs Argentina 0 (Piala Dunia)

12/02/2003   Belanda 1 vs Argentina 0 (Persahabatan)

31/03/1999   Belanda 1 vs Argentina 1 (Persahabatan)

04/07/1998   Belanda 2 vs Argentina 1 (Piala Dunia)

25/06/1978   Argentina 3 vs Belanda 1 (final Piala Dunia, perpanjangan waktu)

26/06/1974   Belanda 4 vs Argentina 0 (Piala Dunia).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper