Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Bintang Sepakbola: Inilah Daftar 10 Rekrutan Terbaik Musim 2013/2014

Dari keempat liga elite dunia, beberepa tim aktif mendatangkan pemain di bursa transfer lalu. Baik bursa transfer musim panas dan musim dingin. Tujuannya satu. Memperbaiki performa dan terus bersaing di kompetisi domestik maupun Eropa.
Cecep Junaedi
Cecep Junaedi - Bisnis.com 05 Mei 2014  |  15:01 WIB
Bintang Sepakbola: Inilah Daftar 10 Rekrutan Terbaik Musim 2013/2014
Gareth Bale, pemain termahal dunia - telegraph.co.uk
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Empat kompetisi domestik teratas Eropa akan segera menyelesaikan musim 2013/2014, yakni Liga Inggris, La Liga Spanyol, Serie A Italia, dan Liga Prancis.Ke empat liga dengan harga jual hak siar tinggi tersebut, hanya menyisakan satu dua pertandingan saja.

Dari keempat liga elite dunia itu, beberepa tim aktif mendatangkan pemain di bursa transfer lalu. Baik bursa transfer musim panas dan musim dingin. Tujuannya satu. Memperbaiki performa dan terus bersaing di kompetisi domestik maupun Eropa.

Segelintir pemain bintang juga turut berpindah klub. Beberapa pemain sukses beradaptasi dengan klub barunya. Mereka memberi perubahan signifikan. Bahkan pemain tersebut sukses mengantarkan timnya meraih posisi puncak di liga domestik. Berikut 10 pembelian terbaik musim 2013/2014 mulai dari yang gratis, bernilai kecil hingga yang paling wah.

1. Keisuke Honda – Bebas Transfer (CSKA Moskwa ke AC Milan)
CEO Milan Adriano Galliani membuat langkah yang bagus dengan memboyong Honda ke Milan tanpa harus mengeluarkan sepeser pun uang. Pemain Timnas Jepang berusia 27 tahun itu, dikenal memiliki kecerdikan dalam bermain. Ia ulet dan punya teknik bagus. Honda juga spesialis penendang bola mati. Alhasil, pelatih Milan Clarence Seedorf selalu memasukkan namanya dalam skuat. “Permainan Keisuke mengingatkan saya pada sosok Nakata. Ia gelandang cerdas dengan visi misi yang cocok untuk tim,” ujar Seedorf  seperti dilansir situs resmi klub kala itu.

2. Diego Ribas – Pinjaman bebas transfer (Wolfsburg ke Atletico Madrid)
Atletico memang beruntung mendapatkan jasa pemain 28 tahun itu. Diego Ribas mampu membawa Rojiblancos meraih dua gelar bergengsi musim ini, yakni Liga Champions dan trofi La Liga.“Ia pemain yang spesial. Pergerakannya mampu membuka ruang bagi striker di depan. Tipikal permainannya mirip dengan Arda Turan. Saya ingin melihatnya bermain untuk tim kami musim depan,” tutur pelatih Atletico Diego Simeone seperti dilansir The Telegraph beberapa waktu lalu.

3. Romero Lukaku – Pinjaman bebas transfer (Chelsea ke Everton)
Dalam suatu wawancara, arsitek Everton, Roberto Martinez mengakui sungguh beruntung memiliki Lukaku. Ia berterima kasih pada Chelsea yang telah meminjamkan pemain Timnas Belgia itu. “Dia adalah striker berkualitas yang hanya butuh jam terbang. Kami sangat beruntung mendapatkan servisnya meski selama satu musim,” tutur Martinez.
Di kancah Liga Inggris musim ini, Lukaku tampil impresif. Dari 28 kali penampilannya bersama Everton, pemain dengan tinggi 190 cm itu sudah mengemas 13 gol dan enam asis.

4. Radja Nainggolan – Pinjaman dengan nilai Rp42 miliar (Cagliari ke AS Roma)
Strategi bisnis dilakukan manajemen AS Roma Januari 2014. Mereka melepas Michael Bradley seharga 7,3 juta euro ke Toronto FC. Gantinya, Roma meminjam Radja Nainggolan dari Cagliari dengan nilai tiga juta euro. Roma meraup untung dua kali. Selain 4,3 juta euro masuk kas mereka, performa Nainggolan sedang bagus-bagusnya. Pemain yang memiliki darah Indonesia itu sering menjadi faktor penentu kemenangan tim. Alhasil, Roma menduduki posisi runner up Serie A musim ini.

5. Wilferd Bony - Rp180 miliar (Vitesse ke Swansea Cuty)
Berlabel tim papan tengah, Swansea tak kesulitan mendapatkan servis Bony dari Vitesse. Dana sebesar 12 juta euro, sudah cukup untuk menebus top skor Liga Belanda musim 2012/2013 dengan 31 gol dari 30 laga itu. Ini adalah pembelian termahal sepanjang sejarah Swansea. Meski harus membayar mahal, Swansea tak kecewa. Pasalnya Bony mengantarkan timnya tetap bermain di Liga Inggris musim depan. Namanya juga masuk dalam daftar top skor. Ia berada di posisi ke enam dengan raihan 16 gol

6. Gonzalo Higuain – Rp463,4 miliar (Real Madrid ke Napoli)
Faktor Rafael Benitez disinyalir menjadi alasan Higuain merapat ke Napoli. Sempat redup bersama Real Mafrid, sosok tajam Higuain muncul kala berbaju biru muda, di pentas Serie A, ia sudah mengoleksi 17 gol. Namanya masuk di peringkat empat daftar top skor sementara.

7. Juan Mata – Rp744 miliar (Chelsea ke Manchester United)
Pengamat sepak bola mengatakan Chelsea sudah membuat dua keputusan buruk. Pertama melepas Juan Mata. Kedua membiarkan Juan Mata berlabuh ke Manchester United. Pemain kidal itu langsung memberi perubahan berarti buat Setan Merah. Sebelum kedatangan Mata, MU berada di peringkat 11 Liga Inggris. Saat ini, posisinya naik empat strip.

8. Edinson Cavani – Rp1,02 triliun (Napoli ke PSG)
Setelah mengoleksi 97 gol dari 103 penampilan bersama Napoli, awal musim panas lalu Cavani menyebrang ke Paris untuk bergabung dengan PSG. Saga transfer itu berbuah manis. Duetnya dengan Ibrahimovic mengantarkan PSG menjuarai Liga Prancis musim ini. Dari 42 penampilannya di semua ajang, Cavani mengoleksi 25 gol.

9. Neymar – Rp1,5 triliun (FC Santos ke Barcelona)
Perpindahannya dari klub Brasil, FC Santos, menuju Nou Camp pada 1 Juli 2013, menuai polemik. Pasalnya, Barca mengumumkan biaya mendapatkan servis pemain 22 tahun tersebut “hanya” 57juta euro. Faktanya, juara La Liga musim lalu itu, harus merogoh kocek hingga 70juta euro, atau setara Rp1,5 Triliun. Hal ini yang membuat presiden Barcelona kala itu, Sandro Rossel, mengundurkan diri. Saat ini Wonder Kid, julukan Neymar, mengoleksi 17 gol dan 16 assist dari 41 penampilan, di semua ajang bersama Barca musim ini. Sayangnya, ia gagal meloloskan Barca ke babak semifinal Liga Champions pekan lalu.

10. Gareth Bale – Rp1,7 triliun (Tottenham Hotspurs ke Real Madrid)
Bale didatangkan Madrid pada 1 September 2013. Pemain kidal ini ditebus dengan harga Rp1,7 Triliun dari Tottenham Hotspurs, yang menahbiskannya sebagai pemain termahal dunia. Di awal musim kompetisi, Bale sulit beradaptasi. Bahkan, 25 hari setelah bergabung, dia cedera selama sebulan. Setelah pulih, performa pemain bertinggi 183 cm itu semakin mengilap. Tercatat Bale sudah membukukan 20 gol dan 21 assist dari 39 pertandingan bersama Madrid, di semua kompetisi resmi musim ini. Ia juga membawa Madrid lolos ke babak final Liga Champions 2013/2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepakbola bintang sepakbola
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top