Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 8 Alasan Logis Pemecatan Moyes

Eks pelatih Everton ini dilengserkan dari jabatannya karena dianggap gagal dalam berbagai aspek. Baik dari internal maupun eksternal. Nah, berikut daftar kesalahan Moyes selama 10 bulan memimpin setan merah.
Cecep Junaedi
Cecep Junaedi - Bisnis.com 22 April 2014  |  18:56 WIB
David Moyes  - reuters
David Moyes - reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Belum genap setahun melatih Manchester United, David Moyes akhirnya dipecat. Pengumuman pemecatan itu tercantum di situs resmi klub www.manutd.com mulai Rabu (23/4/2014).

Eks pelatih Everton ini dilengserkan dari jabatannya karena dianggap gagal dalam berbagai aspek. Baik dari internal maupun eksternal. Nah, berikut daftar kesalahan Moyes selama 10 bulan memimpin Setan Merah.

1. Buang Staf Pelatih era Sir Alex

Moyes melepas semua staf pelatih era Sir Alex Ferguson. Aksi menimbulkan konflik internal. Sebab, asisten pelatih Mike Phelan dan Rene Meulensteen adalah dua sosok pendukung kejayaan MU di masa Sir Alex.

2. Transfer Sia-sia

Yang paling kontroversial adalah keputusannya mendatangkan Marouane Fellaini dengan bandrol 27juta pounds. Pemain berambut kribo itu minim kontribusi terhadap MU. Hal serupa juga terjadi pada Juan Mata. Beberapa orang menganggap harga 37juta pounds, dirasa tak sebanding untuk ukuran pemain cadangan di Chelsea.

4. Hilangnya Efek Hair Dryer 

Moyes dinilai gagal mengontrol pemain senior MU. Metode hair dryer ala Ferguson kini tak tampak. Selain itu, squad MU musim ini mayoritas dihuni pemain veteran. Perlu peremajaan tim.

5. Metode Latihan Tak Lazim

Hampir semua pemain MU mengeluhkan hal ini. Bahkan pemain senior MU, Ryan Giggs, telah berulang kali melontarkan kritik di ruang ganti.

6. Pola Permainan Berubah

Di era Sir Alex Ferguson, MU memakai pola 4-1-4-1. Dengan menempatkan Van Persie sebagai striker tunggal, dan Wayne Rooney dibelakangnya. Penyerangan pun dimulai dari lini tengah. Tapi tidak dengan Moyes. Dirinya lebih suka memakai 4-2-3-1 dengan mengandalkan pemain sayap. Alhasil, salah satu Van Persie atau Rooney dipaksa bermain gantian.

7. Theater of Dream Tak Lagi Angker

Inilah efek negatif mengubah pola permainan. Para pemain MU terlihat kebingungan mencari posisi. Alhasil, pertahanan setan merah mudah diterobos lawan. Bahkan, tim sekelas West Bromwich Albion mengalahkan MU di Old Trafford.

8. Tak Merangkul Suporter

Sejak kedatangan Moyes, suporter MU terbagi dua. Ada yang pro Moyes, dan ada juga yang kontra. Namun Moyes acuh. Nah, belakangan berkaca hasil minor MU, mayoritas suporter mendukung pemecatan Moyes.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manchester united david moyes moyes
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top