Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepakbola SEA Games 2013: Indonesia vs Timor Leste 0-0, Semifinal Kian Jauh

Tim nasional U-23 Indonesia ternyata tidak lebih baik dari tim negeri muda, Timor Leste setelah di Grup B cabang olahraga sepakbola SEA Games 227/2013 di Myanmar yang berlangsung Sabtu (14/12/2013) kedua tim bermain imbang, 0-0. Peluang ke semifinal kian berat.

Bisnis.com, JAKARTA - Tim nasional U-23 Indonesia ternyata tidak lebih baik dari tim negeri muda, Timor Leste setelah di Grup B cabang olahraga sepakbola SEA Games 227/2013 di Myanmar yang berlangsung Sabtu (14/12/2013) kedua tim bermain imbang, 0-0.

Tanpa Andhik Virmansyah, Kurnia Meiga cs tidak mampu menembus pertahanan Timor Leste. Bahkan kerap melakukan kesalahan yang sama hingga berulang kali. Dengan tubuh yang lebih tinggi, pemain Timor Lesta mampu meneutup setiap gerak individu yang dilakukan Lestaluhu, Bayu, Ferinando Pahabol maupun Alvin Tuasalamony. Namun, kegagalan menembus dengan permainan individu terus dilakukan.

Kerja sama tim Indonesia, tidak mampu mengakali pemain belakang Timor Leste untuk bermain lebih terbuka. Akibat minimnya variasi serangan Indonesia, Timor Leste terbebas dari kebobolan.

Terburu-buru dan tidak miliki kemampuan untuk mencari celah di pertahanan Timor Leste, tidak berubah dalam 2x45 menit. Termasuk saat Indonesia menggantikan tiga pemainnya: Yandi Sofyan, Risku Pelu dan Dendi Santoso.

Beruntung, Da Fonseca cs pun tidak mampu memanfaatkan keunggulan postur tubuh yang lebih tinggi, kecerdikan dan ketenangan dalam bermain. Pasalnya, mereka pun tidak berani bermain terlalu terbuka, kendati memiliki peluang yang lebih baik untuk menang. Timor Leste kerap diwarnai keraguan untuk bermain menyerang secara frontal. Kuartet Oliveira, Dos Santos, Fonseca dan Hornar lebih banyak menunggu kesalahan yang bakal dilakukan pemain belakang Indonesia yang kali ini dikawal Manahati Lestusen dan Syaifuddin.

Kini posisi Indonesia untuk lolos ke semifinal semakin berat. Dari tiga kali main baru mengumpulkan poin empat hasil sekali  menang (1-0 dari Kamboja) dan Seri 0-0 melawan Timor Leste. Satu partai lainnya, Indoesia dipermalukan Thailand,  yang dari kualitas permainan dan pemain layak dijagokan bakal memenangkan medali emas.

Indonesia (4-2-3-1): Kurnia Meiga; Alfin Tuasalamony, Manahati Lestusen, Mokhamad Syaifuddin, Roni Esar; Dedi Kusnandar, Riski Pellu (Nelson Alom ’76); Ramdani Lestaluhu, Dendi Santoso (Feri Pahabol ’59), Bayu; Yandi Sofyan (Fandi Eko Utomo ’72).

Timor Leste (4-2-3-1): Ramos RS, P.C Da Silva Matins, A.C.D Almeida, Fernandes, Filipe Oliviera (Ade ’46), P.H Rosa Ribeiro, Diogo Rangel, O.B Hornar Pereira, F.B Dos Santos (Thiago Fernandes  ’64), J.C Da Fonseca (Sabas Victor ’88), P.H.C Oliveira Gois

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper