Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kamus Olahraga: Apa Itu Gelandang

Bisnis.com, JAKARTA - Gelandang atau midfielder adalah  posisi di sepakbola. Gelandang umumnya diposisikan di lapangan antara pemain di area pertahanan  dan depan. Beberapa gelandang memainkan peran yang lebih defensif, sementara yang lain
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 29 Juli 2013  |  05:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Gelandang atau midfielder adalah  posisi di sepakbola. Gelandang umumnya diposisikan di lapangan antara pemain di area pertahanan  dan depan. Beberapa gelandang memainkan peran yang lebih defensif, sementara yang lain mengaburkan batas antara gelandang dan depan. Jumlah gelandang di tim dan peran mereka ditugaskan tergantung pada formasi tim. Kelompok kolektif para pemain di lapangan kadang-kadang disebut sebagai lini tengah.

Kebanyakan manajer  menetapkan setidaknya satu gelandang untuk mengganggu serangan tim lawan, sementara yang lain mungkin bertugas dengan menciptakan gol, atau memiliki tanggung jawab yang sama antara serangan dan pertahanan.

Gelandang biasanya mengeluarkan energi yang paling banyak selama pertandingan karena jarak tempuhnya di lapangan, karena kadang-kadang mereka bisa turun kembali ke pertahanan atau diwajibkan untuk menyerang.

Beberapa  gelandang terbaik di dunia.

1.Cristiano Ronaldo (Portugal/Real Madrid

Posisi Ronaldo yang disukai adalah di lini tengah yang luas, meskipun ia juga dapat berfungsi di belakang striker atau sebagai penyerang tengah. Salah satu pemain yang paling eye-catching  dalam permainan dunia, Ronaldo dengan berbagai keterampilan membuatnya layak  masuk sendirian.

2. Xavi Hernandez (Spanyol/Barcelona)

Sekarang berusia 30-an, atribut Xavi terbesar adalah kematiannya. Mampu bertahan juga  ekspansif.  Xavi dapat mendikte ritme permainan. Dia telah menjadi sangat berharga bagi Barcelona  meskipun tidak produktif pencetak gol dari lini tengah, perjalanannya ke dalam kotak pinalti lawan dan kemampuan untuk mengambil tendangan bebas tidak ternilai untuk klub dan negara. Salah satu gelandang sentral yang terbaik dalam 10 tahun terakhir.

3. Andre Iniesta (Spanyol/Barcelona)

Iniesta menikmati apa yang tampaknya seperti  telepati dalam kerja samanya dengan rekan setimnya Xavi. Pencetak gol Piala Dunia yang memenangkan Spanyol  melawan Belanda di final Piala Dunia 2010, bintang di lini tengah dan  salah satu pemain yang paling dicintai di negaranya dan bahkan terhindar dari sikap  bermusuhan yang biasa dialami pemain Barcelona  ketika mereka mengunjungi Real Madrid. Sangat baik menggiring bola, yang luar biasa padanya menghubungkan lini tengah dan serangan. Pemain ini ikut membawa Spanyol mempertahankan Piala Eropa pada  2012.

4.  Cesc Fabregas (Spanyol/Barcelona)

Fabregas kembali bergabung dengan mantan klubnya Barcelona di musim panas 2010, tapiArsenal sempat  menolak dua tawaran dari klub Catalan itu dan menolak  gagasan menjual kapten mereka. Satu tahun kemudian, Barca mendapat jalan mereka dan Fabregas kembali ke Barca. Dia  adalah detak jantung dari lini tengah Gunners, daya mematikannya  dan kreativitas membuat namanya selalu ada  pada lembar pertama tim.

5. David Silva (Spanyol & Manchester City)

Batas-batas yang sulit dari Liga Premier tidak cocok untuk memunculkan   keterampilan halus gelandang Spanyol ini. Tapi setelah awal yang lambat setelah kepindahannya dari Valencia ke Manchester City  pada 2010, playmaker ini  muncul sebagai salah satu pemain terbaik di liga. Jika Silva bukan sebagai pemain, ia  menjadi seorang ahli bedah, yang datang dengan  kejutan kecil melali cara dia mengiris   pertahanan klub di Premier League  dengan cekatan mereka melalui giringn bolanya yang tajam.

6. Bastian Schweinsteiger (Jerman & Bayern Munich)

Para bintang Bayern Munich adalah salah satu pemain terbaik dunia  di dunia sepak bola. Mampu mengatur tempo permainan dengan passing repertoar yang mengesankan, dia juga bisa menembak dari jarak jauh dan dianggap salah satu pemimpin di ruang ganti Bayern. Ini bukan kebetulan bahwa  pemuda ini telah selamat dari banyak pemecatan oleh manajerial dan secara teratur ada di skuad  untuk membangun dirinya sebagai pemain kunci di Allianz Arena. Dia pemain terbaik Jerman.

7. Arjen Robben (Belanda & Bayern Munich)

Robben memiliki kombinasi mematikan antara kecepatan dan keterampilan yang menakutkan pertahanan lawan. Dia juga memiliki sentuhan akhir, dengan rekor mencetak gol yang mengesankan selama bertahun-tahun.  


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

la liga cristiano ronaldo ream madrid

Sumber : Berbagai sumber

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top