Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA KONFEDERASI: Nigeria Jalani Misi Sulit Hadapi Spanyol

BISNIS.COM, JAKARTA—Nigeria akan menjalani partai hidup mati melawan Spanyol dalam laga terakhirnya di Grup B Piala Konfederasi di Brasil Senin dini hari  (24/6/2013) waktu Jakarta. Laga itu digelar bersamaan dengan pertandingan antara Uruguay

BISNIS.COM, JAKARTA—Nigeria akan menjalani partai hidup mati melawan Spanyol dalam laga terakhirnya di Grup B Piala Konfederasi di Brasil Senin dini hari  (24/6/2013) waktu Jakarta. Laga itu digelar bersamaan dengan pertandingan antara Uruguay melawan Tahiti.

Jadwal pertandingan fifa.com menyebutkan pertandingan terakhir Grup B antara Spanyol vs Nigeria dan Uruguay vs Tahiti akan digelar serempak Minggu (23/6/2013) pukul 16:00 waktu Brasil atau Senin dini hari (24/6/2013) pukul 02:00 WIB.

Laga antara Nigeria vs Spanyol akan disiarkan secara langsung oleh ANTV, yang kemudian dilanjutkan dengan tayang ulang laga Uruguay melawan Tahiti.

Klasemen Grup B Piala Konfederasi Minggu 23 Juni  2013

Tim

Poin

Main

M

S

K

MG

KG

SG

Spanyol

6

2

2

0

0

12

1

11

Nigeria

3

2

1

0

1

7

3

4

Uruguay

3

2

1

0

1

3

3

0

Tahiti

0

2

0

0

2

1

16

-15

Sumber: fifa.com

KetM (menang), S (seri), K (kalah), MG (memasukkan gol), KG ( kemasukan gol), SG (selisih gol)

Kemenangan 2-1 atas Nigeria Jumat (21/6/2013) WIB lalu membuat peluang Uruguay untuk meraih tiket ke semifinal kembali terbuka, kendati menempati posisi ke-3 karena kalah selisih gol dengan Nigeria.

Hasil pertandingan itu membuat Spanyol lolos ke semifinal dan boleh dibilang 90% menjadi juara Grup karena sudah mengoleksi 6 poin dengan suplus gol 11.

Secara matematis, Nigeria harus mengalahkan Spanyol dengan selisih gol 12 untuk menjurai Grup B. Namun itu rasanya tak mungkin.

Kalkulasi yang paling masuk akal adalah Nigeria mengalahkan spanyol berapapun skornya dan sambil berharap Uruguay hanya menang dengan selisih gol di bawah 5 ketika Diego Forlan dan kawan-kawan menjalani laga terakhir sekaligus penentuan melawan Tahiti.

Nigeria dan Uruguay akan rebutan 1 jatah tiket untuk mendampingi Spanyol. Kedua tim sama-sama mengoleksi 3 poin dari 1 kali kemenangan, Nigeria mengoleksi surplus gol 2, sedangkan Nigeria suplus 0.

Untuk lolos ke semifinal, Uruguay harus mampu mengalahkan Tahiti dengan selisih gol minimal 5 dengan asumsi Nigeria hanya menang 1-0 melawan  Spanyolyang juga harus mengalahkan  Spanyol untuk mengamankan tiket semifinal.

Dalam kondisi seperti itu, Nigeria akan mengoleksi 6 poin dengan memasukkan 8 dan kemasukan 3 gol atau mengoleksi surplus gol5.

Begitu pula dengan Uruguay yang akan mengoleksi 6 poin dengan  memasukkan 8 dan kemasukan 3 gol atau mengoleksi surplus gol5.

Dalam kondisi seperti itu, maka yang berhak lolos sebagai runner upadalah Uruguay karena secara head to head Nigeria pernah kalah 1-2 dari Diego Forlan Cs. Di sisi lain, Spanyol akan tampil sebagai juara Grup B.

Oleh karena itu, nasib Uruguay tidak semata-mata ditentukan dengan kemenangan atas Tahiti melainkan juga tergantung selisih gol  yang diraih Diego Forlan cs saat melawan Tahiti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper