Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAGA PERSAHABATAN: Dempsey Bawa AS Tekuk Jerman 4-3

BISNIS.COM, WASHINGTON--Kapten AS Clint Dempsey mencetak dua gol pada babak kedua untuk membawa Amerika Serikat menang 4-3 atas tim lapis kedua Jerman pada pertandingan persahabatan internasional, Senin dini hari (3/6/2013).

BISNIS.COM, WASHINGTON--Kapten AS Clint Dempsey mencetak dua gol pada babak kedua untuk membawa Amerika Serikat menang 4-3 atas tim lapis kedua Jerman pada pertandingan persahabatan internasional, Senin dini hari (3/6/2013).

Penyerang Tottenham Hotspurs itu mencetak gol internasional ke-34 dan 35 pada penampilan ke-96 nya untuk AS, melampaui Eric Wynalda menuju peringkat kedua daftar pencetak gol terbanyak AS sepanjang masa, terpaut 14 gol dari rekor Landon Donovan.

Dua gol Dempsey membawa AS memimpin 4-1 pada pertandingan perayaan 100 tahun Federasi Sepak Bola AS, di mana empat hari yang lalu mereka takluk 2-4 dari Belgia.

Tim Jerman yang tidak diperkuat sejumlah bintangnya mencoba bangkit melalui gol-gol larut yang dibukukan Max Eruse dan Julain Draxler.

Namun mereka tidak mampu menyamakan kedudukan, sehingga rekor mereka atas AS menjadi 6-3 di mana ini menjadi kekalahan pertama mereka dari AS sejak takluk 0-2 pada Piala Konfederasi 1999 di Meksiko.

Pada Minggu, mantan bintang Jerman Juergen Klinsmann melatih tim AS menghadapi tim Jerman yang pernah ia latih pada Piala Dunia 2006, tim yang sekarang dipimpin oleh mantan asistennya, Joachim Loew.

Pemain pengganti Jerman Heiko Westermann menanduk bola tendangan penjuru dari Kruse pada menit ke-51 sehingga mengubah skor menjadi 2-1.

Namun AS menjawabnya pada menit ke-60, Jozy Altidore memainkan bola ke sisi kanan menuju kotak penalti dan Dempsey mengontrol bola saat bola melambung dan melepaskan tembakan masuk ke gawang Jerman.

Dempsey kembali mencetak gol empat menit kemudian, melalui tembakan keras kaki kiri dari luar kotak penalti yang membuat AS memimpin 4-1.

Kruse memperkecil ketinggalan Jerman pada menit ke-79 dan Draxler memangkas marjin saat mengubah skor menjadi 4-3 pada menit ke-81, menyambar tembakan Sydney Sam yang berubah arah dan tidak dapat ditangkap Tim Howard, sehingga ia tidak kesulitan memasukkan bola.

Namun AS bertahan dengan baik pada fase akhir pertandingan untuk mempertahankan kemenangan.

Bek Jerman Per Mertesacker menyia-nyiakan peluang emas dari jantung kotak penalti pada menit ke-10 saat berhadapan satu-lawan-satu dengan Howard, di mana ia melepaskan tembakan yang melebar.

Altidore membawa AS unggul pada menit ke-13, dengan menyambar umpan silang Graham Zuzi dengan sepakan voli kaki kiri ke gawang Jerman dari dalam kotak penalti.

Blunder kiper Jerman Marc-Andre ter Stegen membuat AS dapat unggul 2-0. Ter Stegen melakukan kesalahan saat menerima operan dari bek Benedikt Howedes dan menggulirkan dengan kakinya memasuki gawangnya sendiri.

Pada menit ke24, kapten Jerman Miroslav Klose mendapat umpan matang dan melalui tembakan kaki kanannya ia menaklukkan Howard tetapi penyerang Lazio itu telah berada di posisi offside, sehingga Jerman tertinggal 2-0 saat turun minum.

Klose tetap terpaut satu gol dari rekor sumbangan 68 gol sspanjang masa bagi timnas Jerman.

Tim Jerman tidak diperkuat sejumlah nama besar yang bermain di klub-klub finalis Liga Champions Bayern Munich dan Borussia Dortmund, serta bintang-bintang Real Madrid Mesut Ozil dan Sami Khedira.

Tetapi mereka memainkan Lars dan Sven Bender, kembar bersaudara pertama yang bermain sejak menit pertama untuk Jerman dalam rentang waktu 39 tahun.

Jerman merupakan lawan terakhir bagi AS menjelang tiga pertandingan penting di kualifikasi Piala Dunia 2014 akhir bulan ini.

Tim AS bermain di markas Jamaika pada Jumat, kemudian menjamu Panama empat hari kemudian, dan Honduras pada 18 Juni. (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper