Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Hasil Jajak Pendapat, Jerman Juara

Jerman akan mempertahankan gelar Piala Dunia mereka di Moskow untuk menyamai rekor lima kemenangan Brasil di turnamen itu, demikian menurut jajak pendapat Reuters dari spesialis keuangan yang banyak memprediksi pergerakan pasar.
Timnas Jerman juara Piala Dunia 2014/Reuters
Timnas Jerman juara Piala Dunia 2014/Reuters

PIALA DUNIA 2018: Hasil Jajak Pendapat, Jerman Juara
Bisnis.com, JOHANNESBURG  -  Jerman akan mempertahankan gelar Piala Dunia mereka di Moskow untuk menyamai rekor lima kemenangan Brasil di turnamen itu, demikian menurut jajak pendapat Reuters dari spesialis keuangan yang  banyak  memprediksi pergerakan pasar.

Dalam survei 16-31 Mei dari peserta jajak pendapat reguler Reuters dari seluruh dunia, tim sepak bola nasional Jerman mendapat jumlah anggukan tertinggi - 43 dari 145 analis - untuk mengangkat trofi pada  Juli.

Sementara itu, Brasil menempati posisi kedua dengan 37 suara, membangkitkan prospek final antara dua rival abadi.

Empat tahun yang lalu, Jerman mempermalukan  tuan rumah Brasil dalam kemenangan 7-1 yang menghancurkan yang membuat para penggemar yang berpakaian kuning, biru dan hijau menangis dan tertegun diam di Estádio Mineirão Belo Horizonte.

"Jerman memiliki kombinasi keterampilan dan disiplin yang baik dan tidak  didominasi oleh satu pemain bintang, tetapi di seluruh [tim] lebih banyak pemain tingkat tinggi," kata Frank Blackmore, kepala ekonom di EFConsult di Johannesburg. "Makanya, pilihanku Jerman sebagai pemenang 2018."

Luiz Roberto Monteiro, seorang  broker di Renascença di São Paulo, mengatakan banyak orang ingin Brasil menang "karena ada banyak yang dipertaruhkan setelah kegagalan dari Jerman."

PIALA DUNIA 2018: Hasil Jajak Pendapat, Jerman Juara

“Tapi saya pikir mereka berpikir dengan hati mereka. Brasil terlalu bergantung pada sejumlah kecil pemain, terutama (penterang bintang) Neymar. Ini tim yang bagus tapi saya rasa mereka tidak akan lolos ke semifinal. ”

Striker Argentina Barcelona Lionel Messi, yang telah mencetak lebih dari 600 gol  untuk klub dan negara di level senior, diprediksi akan memenangkan Golden Boot - penghargaan untuk pencetak gol terbanyak dari kejuaraan, yang terakhir dimenangkan oleh pemain Kolombia James Rodriguez di Brasil.

Pasar taruhan setuju dengan ahli strategi. Peluang paling ketat adalah 9/2 di Jerman dan Brasil untuk dinobatkan sebagai juara, dan Messi adalah favorit untuk memenangkan Piala Dunia 2018.
Reuters Graphic

PELUANG RUSIA  KECIL

Sayangnya, untuk Rusia, jajak pendapat itu menunjukkan  memiliki sedikit kesempatan untuk menjaga piala di rumah setelah hosting dari barang pameran yang mahal pada 14 Juni hingga 15 Juli. Namun, sebagian besar responden mengatakan  negara itu setidaknya akan mencapai babak 16 besar dan persaingan akan memberikan sedikit peningkatan ekonomi.

Tuan rumah Piala Dunia hanya mengangkat trofi lima kali dalam sejarah 88 tahun kompetisi: Uruguay pada 1930, Italia empat tahun kemudian, Inggris pada 1966, Argentina pada 1978 dan Prancis pada 1988.

UBS melihat probabilitas 24%  pemegang gelar saat ini Jerman memenangkan final 15 Juli, dengan Brasil dan Spanyol sebagai tim yang paling mungkin berikutnya untuk berhasil, dengan 19,8% dan 16,1%  peluang masing-masing.

The bank’s  modelling memberi peluang 60%  bahwa salah satu dari tiga tim itu --Jerman, Brasil, Spanyol-- akan menang.

Survei oleh JP Morgan pada Maret, yang dilakukan dengan 100 klien pada konferensi Paris, juga menempatkan Jerman sebagai juara.

Dalam survei Reuters, Spanyol mendapat sepuluh anggukan, lebih sedikit dari yang diperkirakan untuk tim yang secara konsisten berkinerja tinggi, yang menang pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Namun, mereka menghadapi tes pembuka  melawan juara Eropa Portugal, pertandingan yang mungkin akan menentukan siapa yang akhirnya di puncak Grup B, yang juga berisi Iran dan Maroko.

PELUANG THE PHARAOHS

Mesir, yang dikenal sebagai "The Pharaohs" dan kembali ke turnamen setelah absen 28 tahun, adalah negara yang diunggulkan dengan peluang terbaik untuk mengungguli.

Tapi pandangan itu mungkin telah bergeser sejak final Liga Champions akhir pekan bulan lalu, di mana jimat mereka Mohamed Salah, bermain untuk Liverpool melawan pemenang Real Madrid, cedera. Dia sekarang diragukan untuk satu atau lebih pertandingan grup Mesir.

Beberapa ekonom menggunakan  keterampilan mereka menggunakan model standard econometric   untuk memprediksi hasil Piala Dunia.

"Saya kira intinya adalah  dalam dunia yang rasional, salah satu dari  Brasil atau Jerman harus menang," kata Peter Dixon di Commerzbank yang menjalankan 10.000 simulasi stokastik.

“Tapi di suatu tempat di antara simulasi, mungkin,  alam semesta justru memberikan  Arab Saudi mengalahkan Panama di final. Kenyataannya, berdasar  unsur acak,  ada salah satu alasan mengapa kita mungkin salah, dan mengapa olahraga seperti sepakbola memiliki daya tarik yang mendalam.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper