Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga Europa: MU Imbang, Roma & Ajax Tumbang

Manchester United dipaksa imbang 1-1 oleh tuan rumah Rostov, sementara AS Roma dan Ajax Amsterdam tumbang di kandang lawan dalam leg pertama 16 besar Liga Europa.
Striker Lyon Alexandre Lacazette/Reuters
Striker Lyon Alexandre Lacazette/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Manchester United dipaksa imbang 1-1 oleh tuan rumah Rostov, sementara AS Roma dan Ajax Amsterdam tumbang di kandang lawan dalam leg pertama 16 besar Liga Europa.

MU hanya bisa seri 1-1 melawan tuan rumah Rostov di Stadion Olimp 2 di Rostov, Rusia. Dengan hasil itu, MU memiliki satu gol tandang sebagai bekal untuk melakoni leg kedua di markasnya, Old Trafford, pada pertengahan pekan depan.

Menurunkan skuat utamanya, MU unggul lewat gol Henrikh Mkhitaryan pada babak pertama. Pasukan asuhan Jose Mourinho memiliki penguasaan bola 54 berbanding 46 persen, walaupun Rostov lebih efisien dalam menyerang dengan menghasilkan lima sepakan on target sedangkan MU hanya tiga kali.

Pada awal pertandingan, kedua tim sama-sama memainkan umpan-umpan panjang dari tengah ke dapan atau ke sisi sayap menyusul kondisi lapangan Rostov yang kurang baik.

Sejak awal laga, pengatur serangan MU Paul Pogba dan Maruane Fellaini terlihat tidak terlalu sering menguasai bola melainkan langsung mengirimkan umpan kepada Zlatan Ibrahimovic yang beroperasi di sisi sayap kiri.

MU unggul 1-0 setelah umpan Fellaini kepada Zlatan Ibrahimovic diteruskan ke tengah lapangan yang langsung dieksekusi Henrikh Mkhitaryan menggunakan sepakan kaki kanannya pada menit 35.

Namun, Rostov menyamakan kedudukan 1-1 lewat tendangan voli Alexander Bukharov yang menyambut umpan panjang akurat dari Timofey Kalachev pada menit 53.

MU kemudian memasukkan Anthony Martial menggantikan Mkhitaryan yang baru pulih dari cedera pada menit 68.

Rostov memiliki beberapa kesempatan membalikkan kedudukan dari sepakan jarak jauh Sardar Azmoun dan Alexandru Gatcan, namun kiper MU Sergio Romero berhasil menghentikan bola sepakan mereka.

Sebaliknya, MU memiliki peluang terakhir dari tendangan voli Martial saat laga memasuki injury time, namun tak pula membuahkan gol. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Dalam laga lainnya, jagoan Belanda Ajax Amsterdam, yang menguasai jalannya pertandingan, harus mengakui kekalahannya dari tuan rumah klub Denmark, Kopenhagen, dengan skor 1-2 di Stadion Parken di Kopenhagen.

Meski kalah, Ajax memiliki satu gol tandang sebagai bekal untuk membalikkan kedudukan pada leg kedua yang digelar di Amsterdam Arena pertengahan pekan depan.

Ajax memiliki penguasaan bola 64 berbanding 36 persen, tetapi kedua tim sama-sama melepaskan lima tembakan on target.

Kopenhagen mengejutkan Ajax lewat gol cepat yang diciptakan Rasmus Falk saat pertandingan baru bergulir 28 detik. Falk yang lolos dari jebakan offside meneruskan umpan William Kvist Jorgensen kemudian melepaskan sepakan yang mengantar bola meluncur masuk ke gawang Ajax.

Ajax sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tendangan voli Kasper Dolberg meneruskan umpan Davy Klaassen dari sisi kanan pada menit 32.

Menjelang babak pertama usai, Ajax mengemas dua peluang emas dari aksi Amin Younes namun diblokir para pemain Kopenhagen.

Pada babak kedua, tuan rumah kembali unggul berkat gol yang diciptakan Andreas Cornelius melalui sundulan dari umpan silang Peter Ankersen pada menit 59.

Ajax kembali mendapatkan peluang dari sepakan Klassen dan sundulan Dolberg saat babak kedua akan berakhir, namun skor 2-1 untuk kemenangan Kopenhagen bertahan hingga laga selesai.

Kekalahan juga diterima wakil Serie A Italia AS Roma yang tumbang dengan skor 2-4 di Stadion Lumieres, markas Olympique Lyonnais di Lyon, Prancis.

Penyerang sayap asal Mesir, Mohamed Salah, mencetak satu gol yang membantu klubnya, AS Roma, unggul 2-1 atas Lyon hingga akhir babak pertama.

Tendangan voli Mouctar Diakhaby dari umpan bek sayap, Rafael Pereira, mengantar tim tuan rumah unggul 1-0 pada menit ke-8.

Namun aksi individu yang dilakukan Mohamed Salah dengan menggiring bola hingga berhadapan langsung dengan kiper Lyon berbuah gol penyeimbang 1-1 pada menit ke-20.

AS Roma berbalik unggul 2-1 saat sundulan bek asal Italia, Federico Fazio, yang menyongsong umpan sepak pojok Daniele de Rossi tak mampu ditangkap kiper Lyon asal Portugal, Anthony Lopes, pada menit 33. Skor 2-1 untul Roma bertahan hingga jeda 45 menit pertama.

Namun, tuan rumah Lyon berhasil membalikkan keadaan sepenuhnya pada 45 menit babak kedua dengan menggelontorkan tiga gol sekaligus melalui Corentin Clisso (47’), Nabil Fekir (74’), dan Alexandre Lacazette ketika pertandingan telah memasuki injury time.

Berikut hasil lengkap leg pertama 16 besar Liga Europa yang dimainkan pada Jumat dini hari hingga pagi WIB (10/3/2017):

APOEL 0 vs Anderlecht 1

Rostov 1 vs Manchester United 1

Kopenhagen 2 vs Ajax Amsterdam 1

Celta Vigo 2 vs Krasnodar 1

Schalke 1 vs Borussia Monchengladbach 1

Olympique Lyonnais 4 vs AS Roma 2

Olympiakos Piraeus 1 vs Besiktas 1

Gent 2 vs Genk 5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters, Soccerway, & Antara/Football Italia/UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper