Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Atlet yang Mengantongi Medali Olimpiade Terbanyak Sepanjang Sejarah

Michael Phelps, atlet renang asal Amerika Serikat memegang rekor peraih medali Olimpiade terbanyak hingga saat ini.
Michael Phelps, atlet renang asal Amerika Serikat mengantongi medali Olimpiade terbanyak hingga saat ini/Bloomberg
Michael Phelps, atlet renang asal Amerika Serikat mengantongi medali Olimpiade terbanyak hingga saat ini/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Atlet dari seluruh penjuru dunia akan berlomba-lomba menjadi pemenang agar menjadi juara dan memiliki medali di ajang Olimpiade.

Dilansir dari laman indianexpress.com, Senin (29/7/2024), ada beberapa atlet yang mengantongi banyak medali emas dan berburu medali saat Olimpiade. Perburuan medali tentunya harus sejalan dengan keseriusan dalam latihan.

Simak atlet yang memiliki medali Olimpiade:

10. Paavo Nurmi

Paavo Nurmi adalah atlet lari jarak jauh asal Finlandia yang diakui sebagai salah satu pelari terbaik dalam sejarah Olimpiade. Nurmi berkontribusi pada tiga Olimpiade antara tahun 1920 sampai 1928. Dia berhasil membawa pulang 12 medali Olimpiade, dan 9 diantaranya adalah emas.

9. Takashi Ono

Takashi Ono adalah atlet gymnastic yang diakui sebagai salah satu gymnast terbaik asal Jepang. Ono berhasil mengikuti kompetisi di 4 Olimpiade, dari tahun 1952 hingga 1964, dan berhasil membawa pulang 13 medali, yang 5 diantaranya adalah emas.

8. Edoardo Mangiarotti

Atlet Anggar asal Italia ini dikenal sebagai salah satu pemain anggar paling berprestasi dalam sejarah Olimpiade. Edoardo Mangiarotti berkompetisi dalam nomor foil dan epee di 6 Olimpiade, antara tahun 1936 sampai 1960. Bakat dan kerja keras Edoardo menghasilkan 13 medali Olimpiade, dan 6 diantaranya adalah emas.

7. Ireen Wüst

Ireen Wüst adalah atlet seluncur cepat asal Belanda, yang seringkali mendominasi Olimpiade Musim Dingin. Serupa dengan Edoardo Mangiarotti, dominasi Wüst dalam cabang olahraga ini menghasilkan 13 medali Olimpiade, dan 6 diantaranya adalah emas.

6. Boris Shakhlin

Boris Shakhlin adalah atlet gymnastic asal rusia yang berhasil memikat hati penonton dengan pertunjukan hebatnya. Pada tahun 1960-an, Shakhlin memenangkan 13 medali Olimpiade, dan 7 diantaranya adalah emas.

5. Ole Einar Bjørndalen

Atlet biathlon asal Norwegia ini bahkan dinilai telah merevolusi cabang olahraga biathlon. Bjorndalen berkompetisi dalam 6 Olimpiade antara tahun 1994 hingga 2014. Kualitasnya dalam cabang olahraga biathlon berhasil membawanya mendapatkan 13 medali, dan 8 diantaranya adalah emas.

4. Nikolai Andrianov

Selain Boris Shakhlin, Nikolai Andrianov juga merupakan salah satu atlet gymnastic terbaik dalam sejarah Olimpiade. Atlet asal Rusia ini berkompetisi dalam 3 Olimpiade antara tahun 1972 sampai 1980, dan memperoleh 15 medali, yang 7 diantaranya adalah emas.

3. Marit Bjørgen

Marit Bjorgen adalah atlet ski lintas alam legendaris asal Norwegia, yang dikenal karena keunggulannya dalam Olimpiade Musim Dingin. Karir Olimpiadenya membentang dari Salt Lake City pada tahun 2002 hingga PyeongChang pada tahun 2018. Bjørgen berhasil meraih 15 medali, dan 8 diantaranya adalah emas.

2. Larisa Latynina

Larisa Latynina, atlet wanita asal Ukraina yang menjadi salah satu atlet Olimpiade tersukses pada cabang olahraga gymnastic. Latynina berkompetisi pada Olimpiade 1956, 1960, serta 1964, dan mendominasi berbagai nomor pada cabang olahraga gymnastic. Kualitas tinggi yang dimilikinya berhasil membawa 18 medali Olimpiade, termasuk 9 medali emas.

1. Michael Phelps

Michael Phelps, atlet renang asal Amerika Serikat yang dikenal sebagai perenang terhebat sepanjang sejarah, memegang rekor sebagai peraih medali Olimpiade terbanyak hingga saat ini.

Memulai perjalanan atletiknya pada usia 15 tahun di Olimpiade Sydney tahun 2000 – mendapatkan medali emas pertamanya, dia kemudian mendominasi dunia renang dalam 5 Olimpiade berikutnya, dari Athena 2004 hingga Rio 2016. Kualitas Phelps tidak bisa diragukan lagi, dia berhasil meraih total 28 medali, dan 23 diantaranya adalah emas. (Yoga Al Kemal)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper