Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta-fakta Unik Pembukaan Olimpiade Paris 2024, Sungai Seine Disulap Jadi Parade Warna Warni

Warna-warna di Parade Sungai Seine menjadi salah satu fakta pembukaan olimpiade 2024
Pekerja berada di dekat Olimpiade di Paris, Prancis. REUTERS/Fabrizio Bensch
Pekerja berada di dekat Olimpiade di Paris, Prancis. REUTERS/Fabrizio Bensch

Bisnis.com, JAKARTA - Perayaan pembukaan Paris 2024 resmi digelar hari ini, tanggal 26 Juli 2024.

Perayaan pembukaan ini mengubah ibu kota Prancis menjadi stadion dan teater seiring parade tradisional para atlet berlangsung dengan perahu di sepanjang Sungai Seine, melewati landmark paling ikonik di Paris.

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang Upacara Pembukaan.

1. Kapan upacara pembukaan dilakukan

Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung pada Jumat, 26 Juli.

Acara ini akan dimulai pada 19:30 CEST dan diperkirakan akan berlangsung lebih dari tiga jam.

2. Mengapa upacara ini bersejarah

Paris 2024 akan menandai pertama kalinya dalam sejarah Olimpiade Musim Panas dimana Upacara Pembukaan diadakan di luar stadion.

Bukan disuguhkan gambar-gambar atlet yang berbaris di sepanjang lintasan atletik, para tamu dan penonton akan disuguhi parade sungai berwarna-warni yang melintasi jantung ibu kota Prancis.

Sungai Seine, jalur perairan utama kota ini, akan menggantikan jalur tradisional, dermaga akan menjadi tempat penonton, sementara matahari terbenam yang terpantul dari landmark terkenal Paris akan menjadi latar belakang acara tersebut.

Konsep outdoor ini juga menjadikan Paris 2024 sebagai Upacara Pembukaan terbesar dari segi penonton dan cakupan geografis.

3. Rute parade

Rute parade di sepanjang Sungai Seine adalah perjalanan visual melalui sejarah dan arsitektur Paris.

Jembatan Austerlitz di sebelah Jardin des Plantes adalah titik awal armada tersebut, yang kemudian akan melanjutkan perjalanan ke barat sejauh 6 kilometer di sepanjang Sungai Seine, melewati bawah jembatan bersejarah dan landmark ikonik, seperti Notre-Dame dan Louvre, juga seperti beberapa tempat Olimpiade, termasuk Esplanade des Invalides dan Grand Palais.

Dikelompokkan dalam perahu bersama tim nasionalnya, para atlet pada akhirnya akan tiba di seberang Trocadero – lapangan terbuka di seberang Menara Eiffel – tempat protokol resmi akan dilaksanakan, kuali Olimpiade dinyalakan, dan Olimpiade Paris 2024 secara resmi dinyatakan dibuka.

4. Berapa banyak atlet

Hampir 100 perahu yang membawa sekitar 10.500 atlet akan mengapung di sepanjang Sungai Seine selama parade. Komite Olimpiade Nasional (NOC) yang berjumlah lebih besar dari 206 yang diwakili dalam parade akan memiliki perahu sendiri, sedangkan komite yang lebih kecil akan berbagi perahu.

Perlengkapan kamera yang dipasang di geladak akan memungkinkan penonton melihat para atlet dari dekat dan menyaksikan emosi mereka.

5. Hiburan yang ditampilkan

Thomas Jolly, sutradara dan aktor teater Prancis, mengawasi upacara Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024 sebagai direktur artistik.

Pertunjukan ditampilkan dengan perpaduan eklektik antara yang lama dan yang baru. Jolly mengatakan bahwa ia ingin menampilkan budaya Perancis yang kontras, baik itu opera atau rap, sehingga menyatukan semua bagian yang membentuk identitas budaya bangsa yang beragam.

Sementara itu, koreografer upacara Maud Le Pladec berjanji bahwa setiap jembatan di sepanjang jalur parade akan memiliki penari di atasnya. Le Pladec akan memimpin 400 penari dari total 3.000 seniman yang akan ambil bagian dalam Upacara Pembukaan dan Penutupan Paris 2024, semuanya mengenakan kostum unik karya Daphne Burki.

Presenter televisi Prancis berperan sebagai direktur kostum untuk pertunjukan tersebut, memimpin tim yang terdiri dari ratusan penjahit, penata rambut, dan penata rias. Fokus Burki pada keberlanjutan juga berarti akan ada banyak barang antik dan daur ulang yang digunakan dalam upacara tersebut, dipadukan dengan kreasi yang lebih baru.

6. Cara menonton upacara

Hampir 600.000 orang dapat menikmati Upacara Pembukaan secara langsung. Sesuai dengan slogannya, “Games Wide Open”, Paris 2024 mencoba membuat acara tersebut dapat diakses oleh sebanyak mungkin orang dengan membawanya ke luar stadion tradisional.

Terdapat 222.000 tiket gratis yang tersedia untuk menyaksikan parade dari tepi atas Sungai Seine, selain 104.000 tiket berbayar di dermaga bawah. Ini menandai Upacara Pembukaan pertama di mana sebagian besar penonton tidak akan membayar biaya masuk – sebuah tonggak bersejarah lainnya untuk Paris 2024.

Mereka yang berada di Paris yang tidak bisa mendapatkan tiket dapat menyaksikan Upacara Pembukaan di 80 layar raksasa yang dipasang di seluruh kota.

Tambahan 1,5 miliar orang dari seluruh dunia diperkirakan akan menyaksikan siaran televisi pada upacara tersebut.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper