Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surat dari FIFA Keluar, Calvin Verdonk Dipastikan Bisa Tampil Lawan Filipina

Pemain anyar Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, dipastikan bisa tampil melawan Filipina dalam partai pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.
Pemain naturalisasi Calvin Verdonk dinyatakan siap bermain pada laga Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia / PSSI.
Pemain naturalisasi Calvin Verdonk dinyatakan siap bermain pada laga Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia / PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - Pemain anyar Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, dipastikan bisa tampil melawan Filipina dalam partai pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Calvin Verdonk sah menjadi WNI setelah merampungkan pengambilan sumpah dan membuat Kartu Tanda Penduduk pada Selasa (4/6/2024).

Calvin Verdonk dipastikan siap membela Timnas Indonesia pada laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Filipina pada Selasa (11/6/2024).

Kepastian itu didapat setelah proses peralihan asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI sudah mendapat persetujuan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

PSSI pun langsung mengirimkan surat persetujuan dari FIFA itu ke Federasi Sepak Bola Asia (AFC) pada hari ini, Rabu (5/6/2024).

Dengan pengesahan FIFA dan AFC pun telah mengetahuinya, maka legalitas pemain kelahiran 26 April 1997 untuk bertanding bersama Timnas Indonesia sudah kuat secara hukum.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pun memberikan apresiasi kepada FIFA atas respons cepat yang diberikan.

"Sejak kemarin banyak pihak di dalam negeri telah membantu prosedur Calvin Verdonk untuk segera memperkuat Timnas Indonesia, terutama menghadapi pertandingan penting bagi langkah Indonesia menuju Piala Dunia 2026. Saya apresiasi proses persetujuan yang dilakukan FIFA, yang secara langsung ikut mendukung agar sepakbola kita maju," ucap Erick Thohir, Rabu (5/6/2024).

Erick mengerti bahwa keputusan pemain yang akan bermain ada di tangan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Akan tetapi Menteri BUMN itu memastikan Calvin Verdonk sudah siap bertanding saat melawan Filipina.

Kehadiran Verdonk tak hanya menambah kekuatan lini belakang Timnas Indonesia, tapi juga membuat persaingan sehat terjadi antarpemain.

Ditambah Verdonk, saat ini tercatat ada 12 pemain di posisi belakang. Mulai dari Jay Idzes, Jordi Amat, Rizky Ridho, Elkan Baggot, Justin Hubner, Muhammad Ferarri, Calvin Verdonk, Shayne Pattynama, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan, Sandy Walsh, dan Asnawi Mangkualam.

"Target saya, kita harus punya 2x11 pemain untuk Timnas Indonesia dengan kekuatan yang merata dan seimbang sehingga meski ada yang absen atau enggan memperkuat timnas, maka kita punya pengganti dengan kualitas yang sama," ujar Erick.

Terdekat, Timnas Indonesia akan menghadapi Irak dalam matchday kelima Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper