Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Nathan Tjoe-A-On, Bek Liga Belanda yang Baru Jadi WNI

Pemain berdarah Belanda Nathan Tjoe-A-On resmi dinaturalisasi setelah mengambil sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Ini profilnya
Profil Nathan Tjoe-A-On, Bek Liga Belanda yang Baru Jadi WNI. Logo PSSI/PSSI
Profil Nathan Tjoe-A-On, Bek Liga Belanda yang Baru Jadi WNI. Logo PSSI/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA – Pemain berdarah Belanda Nathan Tjoe-A-On resmi dinaturalisasi setelah melakoni prosesi pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Nathan Tjoe-A-On dikabarkan tiba di Indonesia dari Belanda bersama 2 pemain naturalisasi lainnya, yakni Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen pada Senin (11/3/2024) pukul 04.00 WIB, bertepatan dengan hari libur nasional perayaan Nyepi.

Kedatangan Nathan terkhusus untuk menjalani pengambilan sumpah dan merampungkan proses naturalisasi menjadi WNI. Pengambilan sumpah tersebut disebut dilakukan pada malam hari, yakni pukul 22.00 WIB di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Sejauh ini, baru Nathan yang telah menjalani pengambilan sumpah, sedangkan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen belum merampungkan proses naturalisasi mereka.

Profil Nathan Tjoe-A-On

Dikutip dari beragam sumber, Nathan Tjoe-A-On merupakan pemain kelahiran Rotterdam, Belanda pada 22 Desember 2001, yang berarti saat ini berusia 22 tahun. Dia memiliki darah Indonesia dari orang tuanya yang merupakan pasangan Suriname-Indonesia.

Nathan saat ini bermain sebagai bek kiri SC Heerenveen, kontestan kasta tertinggi Liga Belanda Eredivisie. Dia dipinjamkan dari klub kasta kedua Liga Championship Inggris, Swansea City sejak awal 2024 lalu.

Dia mengawali karirnya bersama klub lokal Rotterdam, Excelsior pada 2019. Sempat mengalami cedera yang membuatnya absen dari aktivitas sepak bola selama 14 bulan, Nathan berhasil mencatatkan keseluruhan 49 penampilan dan 1 gol.

Swansea akhirnya resmi meminang Nathan pada 13 Agustus 2023 lalu dengan kontrak selama tiga tahun.

Demi perkembangannya, dia dipinjamkan ke Heerenveen sejak 25 Januari hingga akhir musim dan mencatatkan debut pada 11 Februari lalu, ketika Heerenveen membekuk Ajax Amsterdam dengan skor 3-2.

Usia merampungkan naturalisasi menjadi WNI, Nathan dikabarkan akan langsung kembali ke Belanda.

Dengan rampungnya proses ini, besar kemungkinan Nathan akan membela Timnas Indonesia melawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 21 dan 26 Maret 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper