Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rafael Nadal Sebut 2024 Mungkin Jadi Tahun Terakhirnya Bermain

Petenis Rafael Nadal bicara soal kemungkinan pensiun pasca musim 2024.
Petenis Spanyol Rafael Nadal buka peluang pensiun setelah musim 2024/RolandGarros.com
Petenis Spanyol Rafael Nadal buka peluang pensiun setelah musim 2024/RolandGarros.com

Bisnis.com, JAKARTA - Petenis Rafael Nadal bicara soal kemungkinan pensiun pasca musim 2024. Dia mengaku masih mempertimbangkan keputusan untuk masa depannya.

Rafael Nadal membuka opsi untuk melanjutkan kariernya setelah musim 2024.

Namun dia mengakui bahwa ada "presentase tinggi" ia akan menjalani musim terakhirnya sebagai petenis di Australia.

Berbicara menjelang comeback setelah absen selama 12 bulan karena cedera di turnamen pembuka musim Brisbane International, atlet berusia 37 tahun itu mengatakan tidak tahu pasti apa yang akan terjadi di masa depan.

"Masalahnya dengan mengatakan ini akan menjadi musim terakhir saya adalah saya tidak bisa memprediksi 100 persen apa yang akan terjadi di masa depan," kata Rafael Nadal dikutip dari AFP, Minggu (31/12/2023).

"Itulah mengapa saya mengatakan 'mungkin'. Jelas sekali persentasenya tinggi bahwa ini akan menjadi kali terakhir saya bermain di Australia," ucapnya.

Meski begitu, Nadal mengatakan tetap ada peluang dirinya akan kembali tampil di Australia Open tahun depan.

Dia mengaku masih mempertimbangkan matang-matang terkait segala kemungkinan yang terbaik untuk kariernya.

"Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi. Saya tidak bisa memprediksi bagaimana keadaan saya dalam enam bulan ke depan. Saya tidak bisa memprediksi apakah tubuh saya akan memungkinkan saya menikmati tenis seperti saya menikmati masa-masa selama 20 tahun ke belakang," ucap Nadal.

Juara Grand Slam 22 kali itu mengatakan bahwa musim lalu adalah musim yang berat lantaran operasi cedera pinggul yang harus dia jalani sebanyak dua kali.

Nadal sempat mempertimbangkan untuk berhenti bermain kompetitif selama masa pemulihannya.

Namun dia mengatakan dia tidak pernah kehilangan kecintaannya kepada olahraga tenis yang memotivasinya untuk terus maju.

"Tentu saja saya bertanya pada diri sendiri (tentang pensiun), tapi pada titik tertentu saya memutuskan untuk terus maju. Saya punya tekad untuk terus maju," kata Nadal.

Nadal yang absen sejak cedera pinggul di Australian Open 2023 memulai comeback melawan petenis kualifikasi pada babak pertama di Brisbane. Dia akan kembali bermain pada Minggu malam di nomor ganda.

Nadal mengatakan situasinya tak mirip dengan Naomi Osaka yang mengaku telah putus cinta dengan tenis selama rehat dari tur.

"Dia (Osaka) lelah atau kehilangan sedikit motivasi untuk bermain. Itu tidak pernah terjadi pada saya. Saya harus menjauh karena tubuh saya tidak mampu untuk terus berjalan," kata Nadal.

Nadal mengatakan absen cukup lama membuat tubuhnya telah pulih dan dia tidak lagi terbangun setiap pagi karena kesakitan.

Namun dia enggan memasang harapan tinggi untuk musim baru dan hanya akan menjalaninya dari minggu ke minggu.

"Berkompetisi itu berbeda dengan latihan, tapi dalam hal latihan bersama teman-teman di sini, saya cukup senang karena merasa kompetitif melawan petenis yang saya kalahkan saat latihan," ujar Nadal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper