Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simon Hooper, Wasit Problematik yang Memicu Murka Erling Haaland

Nama wasit Simon Hooper menjadi trending topic di media sosial setelah dirinya membuat kontroversi di laga Manchester City vs Tottenham Hotspur.
Simon Hooper, wasit kontroversial di laga Manchester City vs Tottenham Hotspur/Reuters-Lee Smith.
Simon Hooper, wasit kontroversial di laga Manchester City vs Tottenham Hotspur/Reuters-Lee Smith.

Bisnis.com, SOLO - Nama wasit Simon Hooper menjadi trending topic di media sosial setelah dirinya membuat kontroversi di laga Manchester City vs Tottenham Hotspur.

Simon Hooper mendapat sorotan saat memimpin laga pekan ke-14 Liga Inggris 2023-2024 Manchester City vs Tottenham Hotspur di Etihad Stadium, Minggu (3/12/2023).

Pasalnya, Hooper membuat keputusan kontroversial pada pengujung laga. Saat memasuki injury time, dia meniup peluit yang langsung disambut protes keras dari pemain Manchester City, terutama Erling Haaland.

Kejadian bermula ketika Haaland dijegal Emerson Royal di area tengah lapangan. Hooper memberi isyarat "play on" dan bukan pelanggaran, karena bola masih bisa dikuasai Haaland.

Mengetahui hal tersebut, Haaland memberikan bola kepada Jack Grealish yang berlari menuju ruang kosong di belakang pertahanan Tottenham.

Asisten wasit tak mengangkat bendera pertanda offside. Namun justru Hooper yang menghentikan laga saat Grealish tinggal berhadapan dengan kiper The Lilywhites.

Keputusan tersebut menuai cibiran di media sosial, bahkan Haaland melalui akun Twitter (X) pribadinya menulis "Wtf" mengomentari unggahan tentang keputusan Hooper yang kontroversial tersebut.

Netizen juga banyak yang mengkritik keputusan Hooper. Terlebih, wasit 41 tahun itu kedapatan memberikan sinyal play on dengan tangannya saat Haaland dilanggar.

Ini bukan kali pertama Hooper berulah kala memimpin laga di Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris.

Pada 3 Oktober lalu Hooper menjadi wasit utama pada laga Liverpool vs Tottenham Hotspur. Dalam laga tersebut terjadi kesalahan saat wasit menganulir gol stiker Liverpool Luis Diaz dan memberi kartu merah untuk Curtis Jones.

Komite Wasit Liga Inggris (PGMOL) merilis pernyataan mengenai kesalahan yang dibuat ofisial pertandingan pada laga tersebut.

"PGMOL mengonfirmasi bahwa kami telah meninjau ulang kesalahan saat menganulir gol Luis Diaz karena offside pada laga antara Tottenham Hotspur dan Liverpool," bunyi pernyataan resmi PGMOL.

Tak cukup sampai situ saja, di Liga Inggris musim lalu alias 2022-2023, Hooper juga mengundang kontroversi karena menganulir gol Philippe Coutinho saat Aston Villa jumpa Manchester City.

Coutinho dinilai lebih dulu offside sebelum gol terjadi. Sementara melalui siaran ulang terlihat bahwa posisi Coutinho onside.

Keputusan itu juga dikritik oleh pendukung Aston Villa. Sebab jika gol tersebut disahkan, The Villans bisa menang 2-1 atas Manchester City, bukan malah imbang 1-1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper