Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fadillah Arbi, dari Turnamen Pelajar ke Moto3 Mandalika 2023

Pembalap muda Indonesia, Fadillah Arbi Aditama, menjadi pembalap wildcard di Moto3 Mandalika 2023.
Fadillah Arbi Aditama menjadi pembalap wildcard di Moto3 Indonesia, Sirkuit Mandalika/Honda Team Asia.
Fadillah Arbi Aditama menjadi pembalap wildcard di Moto3 Indonesia, Sirkuit Mandalika/Honda Team Asia.

Bisnis.com, SOLO - PT Astra Honda Motor membagikan cerita saat menemukan bakat pembalap muda Indonesia Fadillah Arbi yang terpilih sebagai wildcard pada ajang Moto3 Indonesia.

Fadillah Arbi mentas sebagai pembalap wildcard Astra Honda Motor dalam Moto3 Indonesia yang digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, 13-15 Oktober.

Talenta Arbi ditemukan dan diasah di program sekolah balap milik PT Astra Honda Motor bertajuk Astra Honda Racing School (AHRS).

Arbi tercatat sebagai siswa di AHRS pada tahun 2017. Pada usia yang masih belia, Arbi dididik menggunakan motor Honda CBR150R.

Setahun berselang, pada 2018, Arbi naik kelas. Dia ditempa menggunakan motor dengan dimensi dan kapasitas mesin yang lebih besar.

Menggunakan Honda CBR250RR, bakat Arbi pun dinilai sudah terlihat sejak masa pendidikan.

Kemudian pada 2019 Arbi mulai diperkenalkan dengan motor berspek balap murni. Pada tahun tersebut Arbi juga sudah menjajal Honda NSF100.

Di usianya yang masih 14 tahun, Arbi sempat meraih podium ketiga di kompetisi yang dibuat oleh AHRS.

Pembalap kelahiran 14 Juli 2005 itu lantas didaftarkan mengikuti seleksi Asia Talent Cup (ATC) tahun 2020 dan terpilih sebagai kontestan. Sayangnya, balapan ATC batal digelar karena pandemi tahun 2020.

Kegagalan itu tak mengendurkan semangat Arbi. Pembalap asal Purworejo, Jawa Tengah itu pun bangkit dan tampil konsisten pada tahun berikutnya tepatnya sejak sesi test di sirkuit Losail, Qatar 19-21 Maret 2021.

Arbi bahkan beberapa kali mencetak waktu tercepat. Padahal, Arbi baru menginjakkan kakinya di lintasan Qatar ini.

Lebih lanjut, pihak Dorna selaku penyelenggara balap ATC dan promotor balap MotoGP memilih Arbi untuk berlaga di kejuaraan Red Bull Rookies Cup 2022 yang merupakan kompetisi untuk pembalap muda dari seluruh dunia.

Arbi pun semakin terasah dan percaya diri, hingga akhirnya pada Juli 2023, dia berhasil mencatat sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang mengumandangkan Indonesia Raya dengan meraih podium tertinggi pada ajang kejuaraan balap dunia JuniorGP di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol.

Pada hari kedua Moto3 Indonesia 2023, Sabtu (14/10/2023), Arbi berhasil mencatatkan waktu lap terbaik di debutnya pada kelas balap ini yakni 1 menit 40,018 detik dan finis di P15 di babak kualifikasi.

Dalam balapan resmi yang digelar Minggu (15/10/2023), Arbi finis di posisi ke-17 Moto3 Indonesia.

Meski tak mendapatkan poin, namun prestasi ini lebih baik daripada seniornya, Mario Suryo Aji yang finis di urutan ke-25.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper