Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Perempat Final Badminton Asian Games 2023: Ginting, Fajri, Gregoria

Tim bulu tangkis Indonesia menyisakan tiga wakil di babak perempat final Asian Games 2023. Tiga wakil tersebut berasal dari tiga nomor yang berbeda.
Anthony Sinisuka Ginting. Jadwal Perempat Final Badminton Asian Games 2023: Ginting, Fajri, Gregoria/ @INABadminton
Anthony Sinisuka Ginting. Jadwal Perempat Final Badminton Asian Games 2023: Ginting, Fajri, Gregoria/ @INABadminton

Bisnis.com, JAKARTA -Jadwal perempat final badminton Asian Games 2023 rencananya akan dilaksanakan, Kamis (4/102/2023), di Binjiang Gymnasium.

Tim bulu tangkis Indonesia menyisakan tiga wakil di babak perempat final Asian Games 2023. Tiga wakil tersebut berasal dari tiga nomor yang berbeda.

Di nomor tunggal putra, Anthony Ginting, yang menjadi unggulan satu masih melaju mulus ke babak perempat final.

Ginting yang kini menempati peringkat dua dunia, maju ke babak perempat final usai mengalahkan wakil Singapura, Jia Heng Jason Teh lewat dua game langsung 21-14 dan 21-18.

Di babak perempat final, Ginting akan berhadapan dengan wakil tuan rumah, Li Shi Feng (China).

Wakil Indonesia lainnya yang lolos ke babak perempat final adalah Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Ganda nomor satu dunia itu belum menemui hambatan berarti di Asian Games 2023. Ganda yang biasa disingkat Fajri itu melangkah ke babak perempat final usai mengalahkan wakil Thailand, Sukphun Peeratchai /Teeraratsakul Pakkapon.

Di babak perempat final, Fajri akan bertemu dengan Lee Yang/Wang Chi Lin asal Chinese Taipei. Sekadar informasi. Lee/Wang merupakan peraih medali emas Olimpiade Tokyo.

Fajri merupakan harapan satu-satunya tim ganda putra Indonesia setelah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin terhenti di babak 16 besar usai dikalahkan India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Leo/Daniel, yang merupakan peringkat 11 dunia ganda putra kalah 1-2 (22-24, 21-16, 12-21) dari pemegang peringkat tiga dunia Satwik/Chirag setelah sempat memaksa bermain di gim penentuan, gim ketiga.

Pada gim pertama, Leo/Daniel memainkan permainan yang apik. Indonesia tertinggal 7-11, tapi kemudian mengejar bahkan berbalik unggul 13-12.

Indonesia lalu memimpin 20-19 dan selangkah lagi menyelesaikan gim pertama. Namun, hal ini menemui kebuntuan karena pasangan India memberi perlawanan ketat dan kemudian terjadi deuce.

Kedua tim bermain sama kuat pada poin-poin penentu sampai skor 22-22. Di poin-poin terakhir, Indonesia kecolongan dan India menutup gim pertama dengan skor 24-22.

Gim kedua, Leo/Daniel tampil lebih baik. Serangan-serangan keduanya gagal ditahan Satwik/Chirag hingga membuat unggul 9-6 dan berlanjut 15-12. Leo/Daniel yang tidak kesulitan pada gim kedua menutup skor menjadi 21-16.

Gim ketiga, Leo/Daniel gagal mengulangi penampilan apik pada gim kedua dimana keduanya tertinggal jauh 10-17 dan smash kencang dari Satwik lalu membuat India mendapatkan match point.

Indonesia terlalu mudah memberikan ruang menyerang untuk Satwik/Chirag dan pasangan nomor tiga dunia itu, dengan smash-smash kencangnya mampu memenangkan gim ketiga dengan skor 21-12.

"Gim pertama dan gim kedua kami merasa bermain lumayan baik. Tapi sayangnya di gim ketiga kami kecolongan start. Itu jadi pelajaran bagi kami ketika sudah sama-sama capek, bagaimana untuk tetap fokus," kata Daniel setelah pertandingan.

"Di gim pertama kami sempat unggul 20-19 tapi kami tidak bisa menyelesaikannya. Di poin-poin kritis seperti itu, sebenarnya yang menentukan adalah keberanian dan keberuntungan. Kami tadi mungkin hanya kurang beruntung," tambahnya.

Leo/Daniel gagal melaju ke babak perempat final ganda putra dan untuk Satwik/Chirag, kemenangan ini membuat keduanya lolos ke perempat final untuk bertemu pasangan Singapura Joo Jie Nge/Prajogo/Johann yang baru saja mengalahkan pasangan Nepal Jivan Acharya/Bishnu Katuwal dengan skor 2-0 (21-11, 21-4).

"Kami bersyukur bisa bermain di Asian Games ini tapi memang hasilnya kurang memuaskan. Kami berharap di turnamen berikutnya terutama di ajang-ajang bergengsi bisa memberikan hasil yang lebih baik," tutup Daniel.

Indonesia masih menyisakan satu wakil lagi di nomor tunggal putri lewat Gregoria Mariska Tunjung yang menumbangkan wakil Malaysia, Goh Ji Wei.

Di babak perempat final, Gregoria akan berhadapan dengan wakil asal Jepang, Aya Ohori.

Jadwal perempat final badminton Asian Games 2023, Kamis (5/10/2023) di Binjiang Gymnasium, pukul 09.00 WIB:

Anthony Ginting vs Li Shi Feng (China)

Gregoria Mariska Tunjung vs Aya Ohori (Jepang)

Fajar Alfian/Rian Ardianto vs Lee Yang/Wang Chi Lin (Chinese Taipei)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper