Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Logistik Pembalap MotoGP Tiba di Mandalika

Logistik para pembalap MotoGP seperti kendaraan dan sparepart tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok Tengah.
Proses pengangkutan logistik MotoGP dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid ke Sirkuit Pertamina Mandalika
Proses pengangkutan logistik MotoGP dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid ke Sirkuit Pertamina Mandalika

Bisnis.com, DENPASAR - Logistik milik para pembalap MotoGP telah tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok Tengah pada Selasa (3/10/2023) pukul 18.15 WITA.

Logistik berupa kendaraan dan sparepart itu diangkut oleh pesawat Nippon Cargo Airlines jenis Boeing 747-800F nomor penerbangan KZ6231. 

General Manager Bandara Lombok, Rahmat Adil Indrawan menjelaskan pesawat yang berangkat dari Narita, Jepang ini membawa muatan berupa kendaraan dan spare parts untuk ajang MotoGP 2023. Setelah diturunkan dari badan pesawat, logistik ini kemudian diangkut dengan 13 truk kargo menuju Sirkuit Mandalika.

“Dijadwalkan ada sebanyak empat penerbangan kargo logistik MotoGP tahun ini yang melalui Bandara Lombok dengan total kargo sekitar 400 ton,” jelas Rahmat dikutip dari keterangan resminya, Rabu (4/10/2023).

Setelah Nippon Cargo Airlines, akan ada lagi tiga penerbangan pesawat pengangkut logistik MotoGP 2023 dari Narita menuju Lombok. Pada Rabu (4/10/2023) dijadwalkan ada dua pesawat kargo yang akan tiba, yaitu Atlas Air jenis Boeing 747-400F serta Nippon Cargo Airlines Boeing 747-800F. Terakhir pada Kamis (5/10/2023) akan tiba kembali Atlas Air Boeing 747-400F. 

Bandara Lombok juga bersiap untuk menyambut kedatangan para pembalap, kru, ofisial, dan penonton MotoGP 2023. Secara keseluruhan, infrastruktur, fasilitas, dan personel Adil menyebut Bandara Lombok siap untuk mendukung gelaran MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika. 

Terkait penerbangan tambahan atau extra flight di Bandara Lombok selama periode MotoGP 2023, hingga saat ini tercatat ada 44 penerbangan tambahan rute domestik yang diajukan oleh empat maskapai. "Dalam periode 10 hingga 17 Oktober 2023, Garuda Indonesia mengajukan 26 penerbangan tambahan, Citilink 8 penerbangan, Super Air Jet 4 penerbangan, dan Air Asia dengan 6 penerbangan," ucap Adil. 

Selain itu, mulai 13 hingga 16 Oktober 2023 mendatang, Bandara Lombok melakukan penyesuaian waktu operasional bandara menjadi 24 jam, dari yang saat ini hanya 14 jam. 

“Untuk mendukung operasional selama event MotoGP 2023, Bandara Lombok menyiapkan 96 personel operasional harian yang terdiri dari unsur Angkasa Pura I, TNI/Polri, KKP, Imigrasi, dan Bea Cukai,” ujar Adil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper