Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terungkap, Ini Alasan Pembukaan Piala Dunia U-17 Bukan di JIS tapi GBT

Menpora Dito Ariotedjo membeberkan alasan pembukaan Piala Dunia U-17 2023 digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), bukan Jakarta International Stadium (JIS).
Stadion Gelora Bung Tomo/Persebaya
Stadion Gelora Bung Tomo/Persebaya

Bisnis.com, SOLO - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo membeberkan alasan pembukaan Piala Dunia U-17 2023 digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), bukan Jakarta International Stadium (JIS).

PSSI telah mengumumkan bahwa partai pembuka Piala Dunia U-17 2023 akan digelar di Stadion GBT, Surabaya.

Hal itu sekaligus menggugurkan spekulasi bahwa JIS akan menjadi venue pembukaan Piala Dunia U-17.

Menpora Dito Ariotedjo mengatakan pemilihan GBT bukan muncul secara tiba-tiba. Menurutnya, GBT terpilih setelah PSSI berkomunikasi dengan FIFA.

"Tadi saya mendapatkan laporan dari Ketum PSSI Erick Thohir, seperti yang disampaikan sebelumnya, sejatinya dalam U-17 itu berbeda dengan Piala Dunia senior bahkan U-20, jadi sebenarnya dalam rangkaian U-17 itu tidak ada jadwal khusus untuk opening ceremony," kata Dito Ariotedjo, Selasa (19/9/2023).

Dito menambahkan, pembukaan Piala Dunia U-17 dihitung sejak pertandingan pertama yang akan dilakukan oleh tuan rumah, yakni Indonesia.

Mengingat level turnamen yang berbeda dengan Piala Dunia U-20 ataupun senior, tak ada opening ceremony yang meriah pada gelaran Piala Dunia U-17.

"Jadi, dari pihak PSSI dan FIFA memutuskan ada sedikit upacara singkat yang akan dilakukan di Gelora Bung Tomo, karena kan finalnya sudah di Solo. Jadi belum berubah," ujar Dito.

PSSI, lanjut Dito, sempat melobi untuk menggelar opening ceremony khusus untuk Piala Dunia U-17 tahun ini.

Namun, rencana PSSI tersebut langsung ditolak FIFA karena dalam sejarah turnamen tak pernah ada opening ceremony.

"Tadinya pak Ketum PSSI, sempat mengajukan adanya sesi khusus opening ceremony yang mengumpulkan seluruh kontingen negara. Tapi akhirnya FIFA tetap meminta dijalankan Piala Dunia U-17 seperti biasa jadi tidak ada hari khusus opening ceremony," tutur dia.

Timnas U-17 Indonesia tergabung dalam Grup A Piala Dunia U-17 2023 bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.

Seluruh pertandingan timnas U-17 Indonesia di Grup A akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo. Tadinya sempat beredar rumor bahwa JIS akan menjadi venue pertandingan skuad Garuda Asia.

Jika lolos ke fase gugur, timnas U-17 Indonesia akan memainkan pertandingan semifinal dan final di Stadion Manahan, Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper