Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Timnas Futsal Indonesia Gaet Pipota Jadi Pelatih, Pernah Bawa Brasil Juara Dunia

Selama menangani timnas futsal Brasil dalam 287 pertandingan, Pipota memiliki catatan positif dengan persentase kemenangan sebesar 94,4 persen.
Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF Futsal 2022/PSSI
Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF Futsal 2022/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Federasi Futsal Indonesia (FFI) resmi menunjuk Marcos Aurelio Sorato sebagai pelatih baru tim nasional futsal Indonesia.

Pria yang akrab disapa dengan sebutan Pipota itu, dikontrak oleh FFI dengan ikatan kerja tiga tahun, demikian seperti dikutip dari keterangan tertulis FFI.

"Saya sangat bangga terpilih menjadi pelatih timnas futsal Indonesia yang baru. Kualitas pada pemain dan posisi futsal Indonesia yang kuat meyakinkan saya untuk mengambil proyek menyenangkan ini. Saya bertekad untuk bekerja keras dan mencapai target yang diberikan federasi," kata Pipota.

Ketua Umum FFI Hary Tanoesoedibjo tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya, karena berhasil mendatangkan Pipota.

"Kami sangat senang dapat mengamankan jasa pelatih yang telah dikenal dunia seperti Marcos Sorato. Penunjukan ini menggaris bawahi komitmen futsal Indonesia untuk mencapai ambisi-ambisi kami dalam permainan ini," tegas Hary.

Pipota diketahui memiliki pengalaman panjang dalam dunia kepelatihan. Ia merupakan arsitek saat tim timnas Serbia melakukan pemusatan latihan pada Piala Dunia Futsal di Lithuania pada 2021.

Ia juga pernah membawa timnas Brasil menjuarai Piala Dunia Futsal pada 2008 dan 2012. Selama menangani timnas futsal Brasil dalam 287 pertandingan, Pipota memiliki catatan positif dengan persentase kemenangan sebesar 94,4 persen.

Pipota juga pernah melatih timnas futsal lainnya, termasuk China, Kuwait, Uni Arab Emirat, dan Serbia dalam satu dekade terakhir. Ia juga pernah terlibat sebagai asisten tim nasional pada 2016, serta pernah menangani timnas putri Brazil pada 2011 dan 2012.

Sebagai pemain, Pipota memiliki karier cemerlang di Liga Futsal Spanyol. Ia dua kali merebut gelar Pivot terbaik di liga, dan mengoleksi 446 gol dalam 14 tahun karier bermainnya di Spanyol.

Selain itu, Pipota juga pernah menjuarai Liga Europa bersama Playas de Castellon.

Timnas futsal Indonesia sendiri akan melakoni kualifikasi Grup B Piala Asia futsal. Di grup itu, Indonesia akan bergabung dengan Arab Saudi, Afghanistan, dan Makao.

Dua tim teratas di grup akan lolos ke putaran kualifikasi akhir yang dijadwalkan berlangsung pada April 2024. Jika mampu lolos, maka Indonesia akan berpeluang tampil di Piala Dunia Futsal di Uzbekistan pada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper