Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FIFA Uji Coba Aturan Offside Baru, Penyerang Lebih Diuntungkan

Federasi sepak bola dunia alias FIFA berencana menguji coba aturan offside baru yang diusulkan oleh mantan manajer Arsenal Arsene Wenger.
FIFA menguji coba aturan offside baru.
FIFA menguji coba aturan offside baru.

Bisnis.com, SOLO - Federasi sepak bola dunia alias FIFA berencana menguji coba aturan offside baru yang diusulkan oleh mantan manajer Arsenal Arsene Wenger.

FIFA berencana memperkenalkan perubahan baru pada aturan offside dalam sepak bola.

Perubahan ini merupakan tindak lanjut dari proposal mantan pelatih Arsenal Arsene Wenger yang kini bekerja sebagai Chief of Global Football Development FIFA dalam empat tahun terakhir.

Dalam Wenger rule, ada perubahan besar yang terjadi pada peraturan offside. Pemain baru bisa dinyatakan offside setelah berada di lapangan permainan lawan.

Setelah itu, offside akan diberikan jika keseluruhan badan penyerang lebih dekat dengan garis gawang daripada bola dan pemain bertahan kedua.

Pemain bertahan pertama adalah kiper yang biasanya berada di posisi paling belakang. Offside kerap terjadi ketika bola berada di antara pemain belakang dan kiper.

Aturan ini menggantikan peraturan lama tentang offside yang diberikan jika beberapa bagian tubuh penyerang yang bisa disahkan untuk mencetak gol berada lebih dekat dengan garis gawang daripada pemain bertahan.

Artinya, pada aturan lama, ada kemungkinan offside yang sangat tipis karena beberapa bagian tubuh saja yang melewati pemain bertahan langsung dinyatakan offside.

Kini perubahan aturan offside itu akan menguntungkan penyerang. Wasit baru akan meniup peluit jika keseluruhan tubuh penyerang telah melewati pemain bertahan.

Dalam banyak kejadian, penyerang biasanya menempatkan tangannya lebih depan untuk menjaga keseimbangan dan bersiap menembus pertahanan lawan.

Dalam aturan lama, jika lengan melewati pemain bertahan sebelum menerima bola, hal itu dinyatakan offside.

Sedangkan dalam aturan baru, hal itu onside karena belum semua bagian tubuh penyerang yang melewati pemain bertahan.

Rencananya, aturan offside baru ini akan diuji coba di Belanda, Swedia, dan Italia sebelum digunakan di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper