Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Diselenggarakan di Jakarta, Ternyata ini Bedanya Formula E dan Formula 1

Formula 1 memulai musim perdananya pada tahun 1950, sedangkan Formula E memulai debutnya pada tahun 2014.
Laga Formula E di jalanan kota Paris, Prancis pada Sabtu (27/4/2019)./Reuters
Laga Formula E di jalanan kota Paris, Prancis pada Sabtu (27/4/2019)./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Perbedaan utama antara Formula E vs Formula 1 adalah Formula E adalah seri balap serba listrik sedangkan Formula 1 menampilkan pembalap hibrida dengan mesin pembakaran internal yang ditenagai oleh bahan bakar fosil.

Formula 1 memulai musim perdananya pada tahun 1950, sedangkan Formula E memulai debutnya pada tahun 2014.

Apakah mobil Formula 1 lebih cepat dari mobil Formula E?

Ya, mobil Formula 1 lebih cepat - meskipun berkat inovasi teknologi yang konstan, mereka tidak lebih cepat dari mobil Formula E saat ini.

Menurut artikel November 2022 di Autosport, kecepatan balapan tertinggi yang pernah dicapai oleh mobil Formula 1 - selama Grand Prix Meksiko 2016 - adalah 372,5 km/jam (dibandingkan dengan rekor kecepatan tercepat yang pernah tercatat sebesar 397,36 km/jam).

Sedangkan mobil Formula E terbaru - Gen3 2022 - mencapai kecepatan tertinggi 322 km/jam. Cara lain untuk membandingkan mobil Formula E vs F1 adalah dalam tingkat akselerasinya: yang pertama dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam 2,8 detik sedangkan yang kedua melakukan hal yang sama dalam 2,6 detik. Sebuah celah yang pasti akan segera tertutup.

Apa itu Attack Mode di Formula E dan apa bedanya dengan DRS di Formula 1?

Salah satu momen paling mengasyikkan selama balapan mobil apa pun - baik untuk pengemudi maupun penonton - adalah saat satu pengemudi mencoba menyalip yang lain. Baik mobil Formula 1 maupun Formula E menawarkan solusi teknologi yang memungkinkan pengemudinya memeras tenaga ekstra saat dibutuhkan.

Dalam kasus Formula 1, solusinya disebut DRS.

Apa itu DRS di F1? Ini adalah singkatan dari Drag Reduction System. Tapi persis bagaimana cara kerjanya? Ini adalah sistem di mana - dengan menekan satu tombol - pengemudi dapat membuka sayap belakang mobil hampir setengahnya.

Ini mengurangi hambatan angin sayap, memberi mobil dorongan kecepatan sementara - penting saat menyalip. Ini adalah kedutan aerodinamis; bukan akibat lonjakan tenaga mesin.

Formula E memiliki versi DRS-nya sendiri yang disebut Formula E Attack Mode. Apa sebenarnya Attack Mode di Formula E?

Sama seperti di sepupu kompetisi balap bertenaga bensin, Mode Serangan di Formula E adalah cara bagi pembalap untuk mendapatkan sedikit kecepatan ekstra untuk manuver menyalip yang berani, tetapi dalam hal ini adalah masalah meningkatkan tenaga untuk jangka waktu tertentu.

Tapi bagaimana cara kerja Attack Mode di Formula E? Secara umum, di setiap sirkuit Formula E terdapat zona Mode Serangan yang dirancang khusus di mana pembalap diizinkan untuk sementara meningkatkan tenaganya sebesar 50 kW dengan menekan tombol di setir mereka.

Aturan yang mengatur Mode Serangan cukup ketat dan dapat berubah dari sirkuit ke sirkuit, yang berarti tim harus membuat strategi balapan di menit-menit terakhir, menambah keseruan dan variabilitas antar balapan.

Akankah Formula E menggantikan Formula 1?

Formula E tidak dimaksudkan untuk menyaingi Formula 1. Sebaliknya, misi pendiriannya adalah mempercepat transisi ke mobilitas tanpa emisi dengan menguji teknologi baru di trek balap sebelum meluncurkannya untuk penggunaan publik.

Formula E bermitra dengan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) untuk menyoroti manfaat pergeseran global ke e-mobilitas. Ini sesuai dengan komitmen Enel X untuk masa depan yang lebih baik dan lebih bersih untuk semua.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper