Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perpaduan Sempurna Shin Tae Yong-Indra Sjafri Berbuah Emas Sea Games 2023

Timnas sepak bola Indonesia akhirnya bisa merebut kembali emas Sea Games setelah menanti selama hampir 32 tahun.
Timnas Indonesia di Sea Games 2023. Timnas Indonesia berhadapan dengan Thailand di final Sea Games 2023./PSSI
Timnas Indonesia di Sea Games 2023. Timnas Indonesia berhadapan dengan Thailand di final Sea Games 2023./PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas sepak bola Indonesia akhirnya bisa merebut kembali emas Sea Games setelah menanti selama hampir 32 tahun.

Emas Sea Games 2023 tersebut direbut lewat drama yang panjang penuh perjuangan. Timnas Indonesia yang mengalahkan Thailand 5-2 di Stadion Olympic Phnom Phen, Selasa, pada babak final harus mengeluarkan keringat, darah, dan air mata untuk bisa membawa pulang emas cabor sepak bola.

Gol Indonesia di pertandingan tersebut dicetak Ramadhan Sananta, Irfan Jauhari, Fajar Fatur Rahman, dan Beckham Putra.

Para pemain timnas yang tampil di pertandingan tersebut tampil penuh percaya diri. Timnas Garuda Muda seakan ingin menuntaskan pencapaian sempurna mereka dari babak grup hingga semifinal yang berhasil mereka libas tanpa ampun.

Pelatih Indra Sjafri yang ditunjuk untuk mengarsiteki timnas Indonesia seakan paham betul membangun perjalanan timnas yang diakhiri dengan klimaks di partai final.

Indra Sjafri yang kini menduduki jabatan Direktur Teknik PSSI, bisa meramu para pemain berpengalaman dan "anak-anak baru" di timnas.

Para pemain berpengalaman tersebut merupakan anak didik pelatih timnas Indonesia, Shin Tae Yong yang memang mengandalkan skuad muda sejak 2020.

Bahkan 60 persen atau pondasi skuad Garuda di antaranya merupakan anak asuh Shin Tae-yong pada agenda timnas Indonesia sebelumnya.

Mulai dari Ernando Ari, Rizky Ridho, Afrianda Dewangga, Muhammad Ferarri, Witan Sulaeman, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, hingga di lini depan, Ramadhan Sananta.

Ya. Shin Tae-yong mengumpulkan para pemain tersebut untuk mengikuti ajang Piala Dunia U-20 namun gagal tampil karena pandemi Covid-19 dan pagelaran dipindah FIFA dari Indonesia ke Argentina.

Setelah gagal di Piala AFF dan Sea Games Vietnam, kini semua usaha yang dilakukan Shin Tae-yong berbuah manis.

Jika ada yang bilang timnas Indonesia turun kasta dengan mengikuti Sea Games 2023 ya sah-sah saja. Namun pada kenyataannya, umur seluruh pemain Indonesia yang tampil di Sea Games masih muda dan masuk dalam persyaratan.

Jadi bisa dibilang, skuad Indonesia di Sea Games 2023 merupakan proyek jangka panjang dari Shin Tae yang diakhiri dengan sempurna oleh Indra Sjafri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper