Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lolos ke Final Sea Games 2023, Ini Komentar Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia

Tim putra Indonesia memastikan merebut tiket final Sea Games 2023 usai menghentikan perlawanan Singapura dengan skor 3-1 di babak semi final.
Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, saat berlaga di Indonesia Masters 2022 / Bisnis.com-Lukman Nur Hakim
Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, saat berlaga di Indonesia Masters 2022 / Bisnis.com-Lukman Nur Hakim

Bisnis.com, JAKARTA – Tim putra Indonesia memastikan merebut tiket final Sea Games 2023 usai menghentikan perlawanan Singapura dengan skor 3-1 di babak semi final, Rabu (10/5/2023).

Berlaga di Morodok Techo National Stadium pada Rabu (10/5/2023), Chico Aura Dwi Wardoyo berhasil memastikan poin pertama dalam dan membuka keunggulan usai torehan kemenangan atas Loh Kean Yew melalui drama sengit tiga babak dengan skor 10-21, 21-7 dan 24-22.

Chico mengaku bahwa hasil pertandingan tersebut memang ditentukan siapa yang paling siap di lapangan terutama di poin-poin kritis gim ketiga.

“Karena kami berdua sudah sering bertemu jadi sudah saling tahu permainan masing-masing. Kemenangan terakhir melawan Loh Kean Yew menjadi motivasi buat saya. Saya bisa belajar dari pertemuan itu bagaimana menerapkan permainan di lapangan,” tuturnya melalui pesan teks, Rabu (10/5/2023).

Dia menjelaskan saat gim pertama setelah dirinya leading di skor 7-4, lawan mengubah pola dan membuatnya keteteran sehingga permainannya menjadi kacau. Namun, di gim kedua dan ketiga Chico mengaku bisa kembali fokus dan lebih bisa mengontrol pertandingan.

“Ketika tertinggal di match point gim penentuan saya coba lebih fokus, tidak memikirkan angka tertinggal. Pertandingan belum selesai, masih bisa, fokus ke poin per poin ke depan,” kata Chico.

Selanjutnya, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berhasil membuat keunggulan Indonesia dengan Singapura makin menjauh menjadi 2-0. Kepastian itu didapat usai torehan kemenangan atas Hee Yong Kai Terry/Loh Kean Hean melalui dua gim langsung dengan skor 21-15 dan 21-17.

“Alhamdulillah kami diberikan kemenangan dan kemudahan dalam pertandingan hari ini. Kemenangan Chico di pertandingan pertama memang membuat kami senang tapi saat masuk lapangan tetap ada tegangnya juga,” kata Bagas.

Sementara itu, Muhammad Shohibul Fikri mengaku bahwa lawan bermain cukup baik, tetapi dia menilai mungkin dirinya bersama Bagas tampil lebih siap dan lebih cepat beradaptasi di lapangan.

“Kami sempat mencoba lapangan pertandingan di sesi latihan pada Sabtu. Tadi coba yakin saja dengan apa yang dipelajari saat itu dan yakin sama kemampuan kami. Untuk besok, bila tim Indonesia masuk final, kami harus tetap fokus dan menjaga kondisi di luar lapangannya,” tuturnya.

Sayangnya, Christian Adinata belum dapat menjadi pemasti langkah tim untuk melaku ke babak final usai mengakui keunggulan JIa Heng Jason Teh melalui drama tiga babak dengan skor 21-15, 12-21, dan 14-21 sehingga kedudukan menjadi 2-1.

Christian Adinata mengataku bahwa sebelum bermain lantaran tim sudah unggul 2-0 membuat pikirannya terlalu menggebu-gebu untuk menang sehingga menjadi bumerang buatnya.

“Dari permainan saat lawan sudah dapat ritme permainannya, saya malah jadi kacau, jadi tegang dan tidak bisa mengontrol permainan sendiri. Di pertandingan selanjutnya saya harus belajar lebih tenang di setiap keadaan,” tuturnya.

Meski begitu, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan memastikan kemenangan Indonesia dan pemasti langkah tim untuk melaku ke babak final usai menunjukkan tajinya sehingga skor terkunci menjadi 3-1 di babak semi final SEA Games 2023.

Juara Asia 2022 itu menundukkan Nge Joo Jie/Johann Prajogo lewat dua gim langsung dengan skor 21-18 dan 21-16 sehingga memastikan membawa Indonesia lolos ke final dengan kemenangan 3-1 atas Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper