Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Dunia Panjat Tebing 2023 seri Jakarta Resmi Dibuka, Ini Pesan Yenny Wahid

International Federation of Sport Climbing (IFSC) Climbing World Cup 2023 Jakarta atau Piala Dunia Panjat Tebing 2023 Jakarta 6-7 Mei resmi dibuka
Panjat Tebing IFSC World Cup 2022 Seri Jakarta/Bisnis-Widya Islamiati
Panjat Tebing IFSC World Cup 2022 Seri Jakarta/Bisnis-Widya Islamiati

Bisnis.com, JAKARTA - International Federation of Sport Climbing (IFSC) Climbing World Cup 2023 Jakarta atau Piala Dunia Panjat Tebing 2023 Jakarta 6-7 Mei resmi dibuka di Lot 6 Stadion Gelora Bung Karno, pada Sabtu pukul 18.00 WIB.

Acara pembukaan kejuaraan dunia ini dihadiri oleh Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid, ibu negara keempat Indonesia Sinta Nuriya Wahid, Wakil 1 Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Mayjen TNI Suwarno, dan juga tamu-tamu kehormatan lainnya.

Terdapat 24 negara yang berpartisipasi dengan total atlet sebanyak 120 yang mengikuti kejuaraan dunia ini. Selaku tuan rumah seri ketiga, Indonesia mengirimkan 22 atletnya yang terdiri dari 12 atlet putra dan 10 atlet putri. Nomor yang dipertandingkan di kejuaraan dunia panjat tebing edisi tahun ini di Jakarta hanya satu nomor, yaitu speed.

Piala Dunia Panjat Tebing 2023 seri Jakarta secara resmi dibuka oleh Yenny Wahid. Dalam pidatonya, wanita 48 tahun itu memberikan sambutan hangat kepada seluruh negara dan atlet yang berpartisipasi.

“Menyambut dengan hangat kepada 120 atlet dari 24 negara untuk berkompetisi di IFSC Sport Climbing World Cup,” kata Yenny dalam pidatonya.

Wanita kelahiran Jombang itu juga mengatakan dalam pidatonya bahwa kejuaraan olahraga merupakan kejuaraan yang mempunyai nilai lebih dari hanya sekedar memperoleh medali.

“Di kejuaraan olahraga, kita akan melihat kerja sama, kita akan melihat disiplin, kita akan melihat passion, dan semua ini mempunyai arti kita perlu belajar untuk sukses dalam hidup,” kata Ketum FPTI itu.

“Jadi, kompetisi ini bukan hanya memenangkan medali, tapi juga berbagi kemanusiaan bersama, ini adalah nilai dari sportivitas,” tambahnya.

Di akhir pidatonya, Yenny juga mempersilahkan semua atlet dari seluruh dunia untuk menikmati segala sesuatu yang berkaitan dengan Indonesia.

“Indonesia suka menyambut tamunya, kita harus membuat tamu merasa nyaman, kami harap dapat menunjukkan keramahan kepada anda,” kata Yenny.

“Sekarang kami menerima anda dengan tangan terbuka, datang dan nikmati Indonesia, nikmati juga Jakarta,” lanjutnya.

Acara pembukaan ini dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, penampilan kesenian khas Betawi (tari Greget Mpok, musik Tanjidor, dan kesenian Palang Pintu), dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketum FPTI Yenny Wahid.

Adapun Piala Dunia Panjat Tebing 2023 seri Jakarta ini merupakan seri ketiga setelah di seri sebelumnya tahun ini digelar di Hachioji, Jepang pada 21-23 April dan Seoul, Korea Selatan pada 28-30 April.

Seri ketiga di Jakarta ini akan berlangsung dari Sabtu (6/5) sampai Minggu (7/5). Perhelatan pada hari ini, perlombaan difokuskan untuk nomor perlombaan kualifikasi speed putra dan speed putri. Sementara untuk babak delapan besar hingga babak final diselenggarakan keesokan harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper