Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Ranking BWF 2023: Gregoria Raih Peringkat Tertinggi dalam Karirnya

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) telah merilis pembaruan ranking pebulu tangkis dunia usai penyelenggaraan di ajang Badminton Asia Championships 2023.
Tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung Update Ranking BWF 2023: Gregoria. Raih Peringkat Tertinggi dalam Karirnya
 /Bisnis-Akbar
Tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung Update Ranking BWF 2023: Gregoria. Raih Peringkat Tertinggi dalam Karirnya /Bisnis-Akbar

Bisnis.com, JAKARTA – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) telah merilis pembaruan ranking pebulu tangkis dunia usai penyelenggaraan di ajang Badminton Asia Championships 2023.

Atlet-atlet Tanah Air pun meraih peningkatan point cukup memuaskan yang turut mempengaruhi peringkat dunia masing-masing. Anthony Sinisuka Ginting, misalnya, yang membawa pulang medali emas pada pagelaran Badminton Asia Championships (BAC) 2023.

Alhasil, dirinya naik satu peringkat dari peringkat tiga dunia dengan perolehan poin 77579 menjadi berada di ranking kedua dengan torehan 82.979 poin. Sementara itu, Jonatan Christie turun tiga posisi ke ranking enam dunia dengan koleksi 70.712 poin.

Hasil kurang memuaskan juga dialami Chico Aura Dwi Wardoyo turun satu tempat ke posisi 19 dunia dengan 50.664 poin, tak berbeda pula Shesar Hiren Rhustavito pun turun dua urutan ke ranking 29 dunia dengan 39.153 poin.

Sementara itu, untuk sektor tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung mengalami kenaikan dua peringkat ke urutan 10 dunia dengan koleksi 60.735 dari sebelumnya hanya memiliki 59.035 poin

Hasil tersebut membuat, Jorji sapaan akrab Gregoria mencapai peringkat tertinggi dalam kariernya. Prestasi itu dipastikan usai Jorji mencapai perempat final BAC 2023, dimana saat itu langkahnya dihentikan oleh wakil China Chen Yu Fei melalui drama tiga babak dengan skor 10-21, 21-19 dan 13-21.

Sayangnya, Putri Kusuma Wardani justu mengalami hasil berbeda, yaitu penurunan peringkat dengan perolehan 76.890 poin sehingga saat ini posisinya merosot empat tempat ke posisi 41 dunia.

Selanjutnya, untuk sektor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih bertahan di peringkat satu dunia dengan 96.064 poin. Disusul Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, yang naik satu tempat ke urutan dua dunia dengan koleksi 80.405 poin.

Hasil baik juga ditorehkan oleh Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang melangkah satu posisi ke urutan 14 dunia dengan 54.892. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo pun meroket empat tempat ke urutan 22 dunia dengan koleksi 40.780 poin.

Meski begitu, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin justru harus rela turun satu posisi ke urutan 11 dunia dengan 61.190 poin. Bahkan, Pramudya Kusuma Wardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan juga pasrah turun 12 peringkat ke posisi 33 dunia.

Untuk sektor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mengalami hasil kurang memuaskan dimana mereka merosot dua tempat ke posisi enam dunia dengan torehan 73.825 poin.

Beda nasib, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi malah melesat naik empat tempat ke peringkat 14 dunia dengan 48.060 poin. Kemudian, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, juga menanjak tiga tempat ke urutan 31 dunia dengan 34.017 poin.

Di sektor ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati melangkah perlahan naik satu tempat ke posisi 10 dunia, yang merupakan pencapaian terbaik dalam karier mereka dengan koleksi 56.380 poin.

Selanjutnya, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari sukses naik satu tempat ke posisi 13 dunia dengan 54.208 poin.

Kemudian, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang membawa pulang medali perunggu dari BAC 2023 melesat empat peringkat ke ranking 15 dunia dengan 52.260 poin.

Kendati demikian, Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dan Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow kompak mengalami penurunan peringkat, dimana mereka masing-masing duduk di peringkat 28, 40 dan 44.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper