Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sea Games Kamboja 2023: Indonesia Belum Punya Angka Pasti Jumlah Atlet yang Dikirim

Tim CdM terus bekerja meski belum mengetahui jumlah atlet yang diberangkatkan. Salah satunya dengan mengunjungi pelatnas setiap cabang olahraga.
Pelatih Timnas Indonesia untuk tim Sea Games 2023, Indra Sjafri/PSSI
Pelatih Timnas Indonesia untuk tim Sea Games 2023, Indra Sjafri/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim masih menunggu angka pasti terkait jumlah kontingen Indonesia untuk Sea Games XXXII/2023 di Phnom Penh, Kamboja, 5-17 Mei.

"Sampai hari ini, kami belum mengetahui jumlah atlet atau ofisial yang akan dikirim ke Kamboja karena memang masih menjadi bahan dari tim review NOC Indonesia untuk disampaikan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)," kata Lexy di sela Rapat Anggota NOC Indonesia di Fairmont Hotel, Senayan, Jakarta, Senin.

Pertemuan antara tim review dan cabang olahraga, lanjut Lexy, telah selesai pada 28 Februari. Hasil pertemuan juga sudah disampaikan ke Kemenpora oleh tim review.

"Setelah itu, kami akan petakan lagi untuk teknis dan detail yang dibutuhkan atau kekurangannya. Tetapi pada prinsipnya berapa pun jumlah atlet, kami akan maksimalkan," ujar Lexy.

Tim CdM terus bekerja meski belum mengetahui jumlah atlet yang diberangkatkan. Salah satunya dengan mengunjungi pemusatan latihan nasional (pelatnas) setiap cabang olahraga.

"Penentuan cabang yang diberangkatkan adalah ranah pemerintah dalam hal ini Kemenpora. Kami masih menunggu sembari mengerjakan hal-hal yang kami anggap perlu. Kami pun belum bisa menjabarkan peta medali secara detail," kata Lexy yang juga menjabat sebagai ketua umum Perbasi DKI Jakarta.

Selain mengunjungi pelatnas, tim CdM juga telah menyambangi Kamboja selaku tuan rumah pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-32. Dari kunjungan tersebut, tim CdM membentuk empat manajer kluster untuk mengoptimalkan pelayanan atlet.

Perwakilan di setiap kluster sangat penting mengingat jarak antar-kluster Sea Games Kamboja berjauhan yakni dari Provinsi Phnom Penh, Siem Reap, Sihanoukville, Kampot, dan Kep.

"Kami telah berkunjung ke Kamboja dan berkomunikasi dengan panitia setempat. Kami menyimpulkan butuh empat perwakilan atau empat kluster manajer yang bertugas langsung dengan saya," ujar Lexy.

Nantinya setiap manajer kluster akan bekerja langsung di bawah Lexy untuk bertugas dan melayani secara teknis dan detail.

"Jadi ketika saya selaku CdM berkunjung atau memantau sudah ada perpanjangan tangan yang memang fokus di setiap kluster. Menurut saya ini menjadi tantangan tersendiri, tetapi kami akan fokus dengan manajer di setiap kluster," pungkas Lexy.

Sea Games Kamboja akan mempertandingkan 44 cabang olahraga dengan 632 nomor. Dari cabang olahraga yang dipertandingkan tersebut, tuan rumah hanya memasukkan 21 cabang Olimpiade. Sisanya, lebih ke cabang olahraga tradisional maupun nomor di luar cabang Olimpiade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper