Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menpora Pastikan Opening Ceremony Piala Dunia U-20 di SUGBK

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan opening ceremony Piala Dunia U-20 2023 digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.
Trofi Piala Dunia U-20/FIFA
Trofi Piala Dunia U-20/FIFA

Bisnis.com, SOLO - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan opening ceremony Piala Dunia U-20 2023 digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Menpora Zainudin Amali menyampaikan bahwa persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 20 Mei – 11 Juni 2023 telah rampung.

Zainudin Amali menambahkan, Indonesia sudah menyelesaikan venue pertandingan dan insfrastruktur pendukung lainnya.

Federasi sepak bola internasional (FIFA) sudah melakukan inspeksi langsung terhadap stadion-stadion yang akan menjadi venue tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Dalam inspeksi itu, FIFA memberikan sejumlah catatan untuk dilakukan perbaikan masing-masing stadion.

Sehingga, pihak Kementerian PUPR selaku penanggung jawab infrastruktur akan melakukan sejumlah perbaikan mengacu pada catatan FIFA tersebut.

"Kalau untuk lapangan atau venue utamanya, FIFA kan sudah menginspeksi, ada beberapa catatan termasuk Stadion Si Jalak Harupat (Bandung). Jadi mereka sudah melihat seperti apa persiapan kita termasuk sarana-sarana pendukungnya," ujar Menpora Zainudin Amali di Bandung, Minggu (5/2/2023).

Amali menegaskan komitmen dari pemerintah Indonesia terhadap pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 sangat luar biasa.

Hal itu terbukti dari seluruh kementerian yang dikerahkan dalam menyukseskan kegiatan ini seperti arahan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi pun telah menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) untuk menugaskan Menteri PUPR terhadap infrastruktur atau venue pertandingan.

Adapun Menpora yang menjadi Ketua Organizing Committee atau INAFOC bertanggung jawab terhadap dukungan. Ketum PSSI bertanggung jawab terhadap LOC dan prestasi timnas Indonesia.

"Itu sudah dibagi, tetapi kita satu kesatuan sebagai tuan rumah. Kita akan suguhkan yang terbaik," ucap Menpora Amali.

Menpora memastikan bakal ada opening dan closing ceremony pada Piala Dunia U-20 2023. Hal ini sebelumnya belum pernah dilakukan selama gelaran Piala Dunia U-20 di negara mana pun.

"Khusus untuk Indonesia (tuan rumah), Presiden FIFA itu mengizinkan. Ini pertama kali Piala Dunia U-20 ada opening dan closing tapi tetap kita akan jaga supaya tidak boleh lebih meriah dari yang senior (Piala Dunia 2022)," ujar Amali.

Amali mengatakan, upacara pembukaan Piala Dunia U-20 2023 nantinya akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper