Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Prediksi Portugal vs Swiss, Preview, Statistik, Susunan Pemain

Jadwal babak 16 besar Piala Dunia 2022, Portugal vs Swiss akan dilaksanakan di Stadion Lusail, Rabu dini hari.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Desember 2022  |  10:29 WIB
Prediksi Portugal vs Swiss, Preview, Statistik, Susunan Pemain
Striker dan kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo. - UEFA.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jadwal babak 16 besar Piala Dunia 2022, Portugal vs Swiss akan dilaksanakan di Stadion Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari.

Hingga saat ini Timnas Portugal selalu tidak bisa dipisahkan dengan sosok Cristiano Ronaldo. Pada laga nanti, ia berpeluang menyamai rekor gol Piala Dunia terbanyak untuk Portugal yang saat ini dipegang Eusebio. Legenda Portugal tersebut mempunyai koleksi 9 gol saat tampil di Piala Dunia 1966 Inggris. Sementara Ronaldo sudah mencetak 8 gol di turnamen empat tahunan ini. 

Meski demikian, Portugal bukan Ronaldo saja. Mereka punya sederet pemain baik yang membela klub papan atas Eropa, seperti Bruno Fernandes dan Ruben Dias. Jika skuad asuhan Fernando Santos ini bisa tampil kompak, bukan tidak mungkin mereka bisa melewati babak 16 besar ini. 

Namun, Swiss jelas tak bisa dianggap remeh. Mereka adalah tim yang menggagalkan Timnas Italia tampil di Piala Dunia 2022. Padahal, Italia adalah juara Piala Eropa 2020. 

Tim asuhan Murat Yakin ini punya modal penting pada laga nanti di mana mereka bakal bermain lebih bebas atau tanpa beban. Di sisi lain, pemain senior Timnas Swiss, Xherdan Shaqiri percaya Swiss memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk mencapai perempat final Piala Dunia.

"Kami membutuhkan performa spesial. Jujur saja Portugal adalah tim bagus dan bagi saya juga favorit pertandingan ini, tapi kami juga tahu kualitas kami. Kami akan berusaha tampil bagus, menyajikan performa spesial dan berusaha mengungguli mereka," kata Shaqiri seperti dikutip Reuters.

Sementara pelatih Portugal Fernando Santos justru mengingatkan para pemainnya agar tidak meremehkan setiap lawan. Kekalahan dari Korea Selatan di fase grup menjadi pelajaran penting bagi Portugal. 

“Kekalahan melawan Korea Selatan adalah peringatan bahwa kami perlu mempertahankan level permainan kami. Kami tidak bisa santai karena setiap tim berbahaya di Piala Dunia ini,” kata dia. 

Statistik Swiss dan Portugal 

- Sebelum ini kedua negara sudah 25 kali bertemu yang 11 di antaranya dimenangkan Swiss dan sembilan di antaranya dimenangkan Portugal.

- Nations League pada Juni lalu adalah dua pertemuan terakhir di antara mereka ketika Portugal menang 4-1 di Lisbon, sebaliknya Swiss menang 1-0 di Jenewa.

- Portugal memenangkan dua pertandingan fase grup pertamanya ketika mengalahkan Ghana 3-2 dan Uruguay 2-0, tetapi kalah 1-2 melawan Korea Selatan setelah pelatih Fernando Santos mengganti enam pemain intinya dalam daftar sebelas pemain pertama karena Portugal sudah memastikan lolos ke 16 besar.

- Swiss juga mencatat dua kemenangan masing-masing atas Kamerun 1-0 dan melawan Serbia 3-2, namun dikalahkan 0-1 oleh Brasil.

- Portugal yang juara Euro 2016 tak terlalu bersinar dalam Piala Dunia. Mereka pernah tersingkir pada babak knockout pertama dalam edisi 2018 dan 2010, bahkan tersingkir dari fase grup pada 2014 dan 2002. Pencapaian terbaiknya adalah semifinal 2006.

- Swiss lolos ke babak knockout dalam tiga dari empat Piala Dunia terakhir tetapi belum pernah mencapai perempat final sejak Piala Dunia 1954.

- Kapten Portugal Cristiano Ronaldo membutuhkan satu gol lagi untuk menyamai rekor Portugal untuk gol Piala Dunia terbanyak yang selama ini dipegang oleh Eusebio dengan sembilan gol pada Piala Dunia 1966 di Inggris yang merupakan satu-satunya turnamen Piala Dunia yang diikuti Eusebio.

- Gol Xherdan Shaqiri ke gawang Serbia dalam fase grup membuat dia menjadi pencetak gol Piala Dunia terbanyak dibandingkan dengan pemain Swiss mana pun. Dia juga mencetak gol pada Piala Dunia 2014 dan 2018.

- Shaqiri tinggal satu gol lagi untuk menyamai gol Piala Dunia terbanyak yang dimiliki Sepp Huegi yang mengoleksi enam gol yang semuanya tercipta pada Piala Dunia 1954.

Prediksi Susunan Pemain Portugal vs Swiss

Portugal (4-3-1-2): Diogo Costa; Diogo Dalot, Pepe, Ruben Dias, Joao Cancelo; Bernardo Silva, Ruben Neves, William Carvalho; Bruno Fernandes; Joao Felix, Cristiano Ronaldo

Swiss (4-2-3-1): Gregor Kobel; Silvan Widmer, Manuel Akanji, Fabian Schar, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler, Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri, Djibril Sow, Ruben Vargas; Breel Embolo

Prediksi Portugal vs Swiss

Laga nanti diprediksi berjalan ketat dan sengit. Tidak menutup kemungkinan pemenang akan ditentukan lewat perpanjangan waktu atau adu penalti.

Portugal harus kerja keras jika ingin menguasai permainan sebab Timnas Swiss akan mengandalkan kolektifitas. Portugal sedikit diunggulkan pada laga ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas portugal Timnas Swiss piala dunia 2022 Jadwal Piala Dunia 2022 Hasil Piala Dunia 2022

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top