Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Szczesny, Pemecah Rekor 2 Dekade Usai Gagalkan Penalti Messi

Wojciech Szczesny memecahkan dua rekor setelah menepis penalti Lionel Messi dalam pertandingan Polandia vs Argentina.
Kiper Polandia Wojciech Szczesny/UEFA
Kiper Polandia Wojciech Szczesny/UEFA

Bisnis.com, JAKARTA - Kiper Polandia Wojciech Szczesny menyamai rekor Piala Dunia yang digenggam oleh Brad Friedel (Amerika Serikat) dalam 20 tahun terakhir setelah mengagalkan penalti Lionel Messi dalam laga terakhir babak penyisihan kontra Argentina.

Kiper Juventus tersebut dihukum karena menangkap Messi di dalam kotak penalti saat dia mencoba menangkap bola yang datang ketika umpan silang. Wasit kemudian memberikan hadiah tendangan penalti yang diberikan setelah tinjauan VAR.

Timnas Polandia tidak senang dengan keputusan tersebut, tetapi Szczesny mencoba menenangkan timnya. Akhirnya, dia berhasil menyelamatkan gawangnya dengan melompat ke kiri untuk menggagalkan penalti kapten Argentina itu.

Dengan demikian, Szczesny menjadi penjaga gawang pertama, sejak Brad Friedel asal Amerika Serikat pada Piala Dunia 2002 yang menyelamatkan dua penalti selama ajang tersebut.

Pemain berusia 32 tahun itu sebelumnya menyelamatkan gawangnya dari tendangan penalti Salem Al-Dawsari dalam kemenangan 2-0 Polandia atas Arab Saudi, sehingga menjadikan dua penyelamatan tendangan penalti dalam dua pertandingan.

Seperti dilansir www.fourfourtwo.com yang dikutip dari statistik Opta, Szczesny juga menjadi penjaga gawang kedua sejak rekor dimulai pada 1966 yang berhasil menyelamatkan penalti tetapi gawangnya tetap kebobolan dalam satu pertandingan. Sebelumnya rekor itu dipegang oleh Joel Bats kiper timnas Prancis saat melawan Brasil pada 1986.

Sosok Wojciech Szczesny Kiper Polandia

Szczesny yang lahir pada 18 April 1990 adalah pemain sepak bola profesional Polandia yang bermain sebagai penjaga gawang untuk klub Serie A Juventus dan tim nasional Polandia.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Szczesny memulai karir di Legia Warsawa Club. Kemudian dia mulai merumput di Inggris setelah menekenkontrak dengan Arsenal pada Januari 2006.

Dia melakukan debut profesionalnya pada 2009. Setelah dipinjamkan ke Brentford pada musim berikutnya, Szczesny menjadi penjaga gawang pilihan pertama klub ibu kota tersebut.

Dia memenangkan dua Piala FA dan meraih sarung tangan emas Liga Premier 2013–2014 dengan Petr Cech. Selanjutnya, Szczesny dipinjamkan selama dua musim berturut-turut ke klub Italia Roma pada 2015. Penampilannya yang ciamik membuatnya pindah ke juara bertahan liga Juventus pada 2017.

Namun, dia sempat menjadi pemain cadangan dari Buffon pada musim pertamanya. Szczesny sempat memenangkan gelar ganda domestik setelah Buffon gantung sarung tangan. 

Szczesny memenangkan gelar Serie A kedua kalinya sehingga membuatnya mendapatkan nominasi Yashin Trophy pada 2019. Dia ikut memenangkan gelar liga ketiga berturut-turut pada musim berikutnya, dan memenangkan penghargaan kiper terbaik Serie A.

Di tingkat internasional, Szczęsny telah mendapatkan lebih dari 60 caps untuk Polandia sejak debutnya pada 2009, dan termasuk dalam skuad negara saat menjadi tuan rumah bersama UEFA Euro 2012. Dia pun ambil bagian pada Euro 2016, Piala Dunia FIFA 2018, Euro 2020 dan Piala Dunia 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hendri T. Asworo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper