Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ukraina Ikut Bidding Piala Dunia 2030 meski Sedang Dilanda Perang

Ukraina ikut dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2030. Mereka akan bekerja sama dengan Spanyol dan Portugal.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 Oktober 2022  |  19:12 WIB
Ukraina Ikut Bidding Piala Dunia 2030 meski Sedang Dilanda Perang
Trofi Piala Dunia - FIFA.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ukraina ikut dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2030. Mereka akan bekerja sama dengan Spanyol dan Portugal.

Ukraina akan bergabung dengan dua mantan juara Piala Eropa, Spanyol dan Portugal, dalam upaya untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030.

Keputusan Ukraina mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama menimbulkan pertanyaan. Pasalnya, Ukraina sedang berada dalam kondisi yang tidak kondusif sejak invasi yang dilakukan Rusia pada awal tahun 2022.

Rencana itu dikabarkan telah disetujui oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, pemerintah Spanyol dan Portugal.

Menurut The Times, kerja sama ini akan diumumkan oleh presiden sepak bola Spanyol dan Portugal pada konferensi pers di markas besar Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) di Nyon, Swiss, pada Rabu (5/10/2022) waktu setempat.

Sebelumnya, Spanyol dan Portugal sempat mengikuti bidding untuk Piala Dunia 2018. Namun, keduanya kalah bersaing dengan Rusia.

Jika Spanyol, Portugal, dan Ukraina memutuskan untuk maju bersama maka mereka akan bersaing dengan sejumlah negara lain untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Penentuan tuan rumah Piala Dunia 2030 akan diumumkan lewat kongres FIFA pada 2024.

Sementara Piala Dunia 2022 akan dimulai pada 20 November di Qatar. Sedangkan Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko menjadi tuan rumah bersama untuk Piala Dunia 2026.

Selain ada tuan rumah bersama, pada Piala Dunia 2026 peserta yang terlibat juga bertambah. Pesta sepak bola empat tahunan ini untuk pertama kalinya akan menampilkan 48 tim.

Jumlah itu bertambah 16 tim dari Piala Dunia 2022 di Qatar. Kebijakan menunjuk tiga negara menjadi tuan rumah juga merupakan yang pertama kali.

Sebanyak 16 kota sudah ditunjuk oleh FIFA untuk Piala Dunia 2026. Amerika Serikat mendapat jatah tuan rumah paling banyak. Lokasi yang ditunjuk ialah Atlanta, Boston, Dallas, Houston, Kansas City, Los Angeles, Miami, New York/New Jersey, Philadelphia, San Francisco, dan Seattle.

Sedangkan pertandingan di Kanada akan berlangsung di kota Toronto dan Vancouver. Untuk laga di Meksiko dijadwalkan digelar di Guadalajara, Mexico City, dan Monterrey.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ukraina piala dunia spanyol portugal Perang Rusia Ukraina
Editor : Taufan Bara Mukti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top