Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil IFSC 2022 Seri Jakarta, Pelatih Buka-bukaan Soal Persaingan

Pelatih panjat tebing kategori lead Indonesia Triyanto Budi Santoso menilai persaingan di nomor putri makin sengit.
Kiromal Katibin, Atlet Speed Panjat Tebing Indonesia./Instagram
Kiromal Katibin, Atlet Speed Panjat Tebing Indonesia./Instagram

Bisnis.com, JAKARTA — Pelatih panjat tebing kategori lead Indonesia Triyanto Budi Santoso menilai persaingan di nomor putri makin sengit karena setiap pemanjat teratas dunia tampil apik dan memiliki fondasi tubuh yang kian kuat.

"Persaingan di kategori putri memang ketat. Peringkat atas dunia, turun semua. Semoga saja, anak-anak bisa menampilkan performa yang bagus sehingga kami bisa mendapat evaluasi agar bisa tampil lebih baik di event selanjutnya," katanya kepada wartawan di Lot 16 SCBD, Jakarta, Minggu (25/9/2022).

Kendati demikian, Triyanto meminta kepada anak-anak asuhnya untuk tidak silau dengan prestasi dari atlet mancanegara. Bahkan, harapnya Fujiyanti dan Lintang yang lolos masuk ke babak semifinal agar dapat tampil lepas dan percaya diri agar bisa menciptakan kejutan.

“Ini merupakan pengalaman yang baik bagi atlet-atlet kami. Mengingat target untuk putri memang di olimpiade 2028,” katanya.

Sementara itu, Nur Khalishah mengaku gugup saat tampil di depan masyarakat Indonesia sehingga dirinya menjadi terburu-buru saat memanjat papan lead di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 Seri Jakarta tersebut.

“Lumayan tegang bermain di sini sehingga kurang tampil maksimal dan jadi terburu-buru [saat memanjat]. Evaluasiku semoga selanjutnya bisa lebih baik dan lebih tenang, karena pegangan kecil-kecil kaki harus makin mantap,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum FPTI Yenny Wahid mengaku kalau kualitas atlet Indonesia di nomor lead masih tertinggal. Namun, dirinya yakin Indonesia bisa mengejar, apalagi modalnya dinilai cukup bagus, karena saat ini Indonesia ada di peringkat 27 dunia dalam kategori lead.

"Kami memang masih agak jauh. Namun, target kami, terutama untuk lead, di Olimpiade LA 2028," ujarnya saat ditemui usai pembukaan Piala Dunia Panjat Tebing 2022, Sabtu (24/9/2022).

Sekadar informasi, sebanyak enam pemanjat ke semifinal nomor lead IFSC World Cup 2022 yang digelar di kawasan SCBD, Jakata, Minggu (25/9). Catatan mereka masuk dalam 26 besar dan akan bersaing lagi demi menembus fase final yang hanya melibatkan delapan pemanjat.

Adapun, sebanyak empat pemanjat putra dan dua putri, sukses ke semifinal setelah melewati fase kualifikasi. Secara terperinci, empat pemanjat putra Indonesia yang ke semifinal di nomor lead adalah Ravianto Ramadhan, Raviandi Ramadhan, Musauwir, dan Muhammad Rizky Syahrafli Simatupang.

Sementara itu, di kategori putri, Indonesia mengirimkan Fujiyanti Widia dan Sukma Lintang Chayani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper