Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penonton di Liga Indonesia Diprediksi Meningkat, Piala Presiden Jadi Tolak Ukur

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita memprediksi lonjakan suporter yang menonton langsung pertandingan Liga 1 2022/2023 di stadion.
Ilustrasi-Suporter Persebaya Surabaya./Antara-Zabur Karuru
Ilustrasi-Suporter Persebaya Surabaya./Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita memprediksi lonjakan suporter yang menonton langsung pertandingan Liga 1 2022/2023 di stadion dapat mencapai 2–3 kali lipat jika mengacu pada Piala Presiden 2022.

Ia mengatakan lonjakan itu bukti antusiasme para penggemar sepak bola yang tidak pernah surut, mengingat mereka cukup lama tidak dapat menyaksikan pertandingan secara langsung karena pandemi COVID-19.

“Piala Presiden yang kami adakan Juni—Juli itu sangat terlihat antusiasme penonton yang sudah tertahan lama lebih dari 1 tahun atau tepatnya 18 bulan, dan pada saat dibuka penonton sangat membludak, bisa dibilang di semua pertandingan terutama di kota-kota besar atau yang fansnya cukup besar,” kata Lukita saat menjawab pertanyaan ANTARA dalam jumpa pers di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu.

Berkaca dari lonjakan 2–3 kali lipat saat Piala Presiden, Lukita menilai itu menjadi tantangan tersendiri bagi PT LIB, sebagai salah satu penyelenggara.

“Itu menjadi tantangan tersendiri buat kami, dan selanjutnya di Piala BRI Liga 1 harus ditata betul karena antusiasme ini kalau ditahan juga bisa menjadi hal yang berisiko,” kata Direktur Utama PT LIB.

Oleh karena itu, ia menyarankan suporter yang tidak mendapatkan tiket menonton secara langsung agar menyaksikan pertandingan melalui siaran televisi atau layanan live streaming yang tersedia, salah satunya di Vidio.com.

“Alhamdulilah, dengan adanya broadcasting (siaran langsung TV, red.) atau channel-channel menonton itu tersalurkan. Jadi untuk yang tidak mendapatkan tiket, nonton saja jangan khawatir,” kata dia.

Di tempat sama, Direktur PT LIB menyampaikan harapan ke depan Liga 1 dapat terselenggara sesuai jadwal dan tidak lagi tertunda.

“Liga yang selama ini katanya jadwalnya suka berubah-ubah, sekarang bisa berjalan tepat waktu. Demikian semoga menjadi suatu kebiasaan ke depan bahwa kita bergairah kembali dengan adanya hadirnya penonton di pertandingan,” kata Lukita.

Laga pertama BRI Liga 1 Indonesia 2022/2023 antara Persija Jakarta dan Bali United FC bakal digelar di markas Serdadu Tridatu di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu, pukul 21.00 WITA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper