Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil Timnas Brasil, Prestasi, Pemain Kunci, Strategi Tim, dan Peluang Juara

Brasil di Piala Dunia 2022 akan tergabung di grup G bersama dengan Swiss, Serbia, dan Kamerun.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 20 April 2022  |  01:59 WIB
Dua bintang Brasil, Neymar da Silva Jr. (kanan) dan Everton Ribeiro, selepas gol kedua mereka ke gawang Peru dalam pertandingan Pra-Piala Dunia 2022. - Twitter@CONMEBOL
Dua bintang Brasil, Neymar da Silva Jr. (kanan) dan Everton Ribeiro, selepas gol kedua mereka ke gawang Peru dalam pertandingan Pra-Piala Dunia 2022. - [email protected]

Bisnis.com, JAKARTA - Gelaran Piala Dunia akan berlangsung kembali pada tahun 2022, dan Qatar akan menjadi tuan rumah yang akan dimulai sejak tanggal 21 November – 18 Desember 2022.

Pada pagelaran tahun ini, tercatat saat ini sudah ada 29 negara yang memastikan diri mereka bermain di Qatar 2022, salah satunya sang juara lima kali Piala Dunia, Brasil.

Tim Samba datang ke babak puncak Piala Dunia Qatar 2022 ini setelah berhasil menjadi juara grup pada kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol. Tercatat, Brasil tidak pernah terkalahkan dari 17 laga yang mereka mainkan dan berhasil bercokol di posisi atas dengan poin 45 (14 menang 3 kalah).

Pada pagelaran tahun ini, sesuai dengan undian yang sudah dilakukan oleh FIFA, Brasil akan tergabung di grup G bersama dengan Swiss, Serbia, dan Kamerun. Segrup dengan Swiss dan Serbia akan menjadi “de javu” bagi tim Brasil yang pernah berjumpa dengan kedua negara tersebut di Piala Dunia Rusia 2018. Berikut profil timnas Brasil untuk Piala Dunia 2022.

1. Prestasi Timnas Brasil
Pada ajang Piala Dunia, dari awal dimulainya turnamen akbar ini, Brasil selalu lolos ke babak puncak Piala Dunia di setiap edisi yang dimainkan. Bukan hanya tentang rekor ikut serta saja, Brasil merupakan pemegang gelar terbanyak Piala Dunia dengan perolehan lima gelar yang terjadi pada tahun 1958, 1962, 1970, 1994 dan 2002.

2. Pemain Kunci Brasil
Mendengar nama Brasil, pasti semua pikiran langsung terpikirkan tentang negara yang sangat tergila-gila dengan sepak bola. Sebab, Brasil dijuluki sebagai surganya sepak bola dunia dengan keanekaragaman pemain dan juga skill yang mereka dapat dari pemberian tuhan.

Dengan adanya anggapan seperti itu, tentu saja banyak dari pemain Brasil yang malang melintang dan bermain sepak bola diluar negeri. Pada pagelaran Piala Dunia kali ini, banyak sekali pemain berkualitas yang akan mengisi setiap lini dari tim nasional Brasil di ajang Piala Dunia.

Pertama, di posisi kiper Brasil memiliki dua opsi pemain yang keduanya memiliki skil diata rata-rata, yaitu Alisson dan Ederson Moraes. Lalu, di posisi pemain bertahan, Brasil memiliki Eder Militao dan Marquinhos di untuk mengisi spot bek tengah, dan nama Alex telles dan Dani Alves yang mengisi spot bek kanan dan kiri.

Kemudian, di posisi pemain tengah, Brasil memilki banyak sekali opsi untuk bermain di lini ini. Namun yang akan menjadi pemain kunci di lini tengah adalah Casemiro, Fabinho, dan Bruno Guimaraes. Selain ketiga nama tersebut, akan banyak pemain yang sama kualitasnya dengan mereka bertiga untuk bermain di lini tengah Brasil.

Untuk lini depan sendiri, Brasil akan mengandalkan trio Neymar, Vinisius Jr, dan Richarlison untuk mendobrak pertahanan lawan mereka di Piala Dunia nanti. Selain mereka bertiga masih ada nama Gabriel Jesus, Gabriel Martineli dan juga Philipe Coutinho yang akan menjadi supersub ketika dibutuhkan.

3. Pelatih Brasil
Pada kursi kepelatihan, Brasil masih akan menggunakan jasa Adenor Leonardo Bacchi atau yang sering di sapa Tite untuk menjadi juru taktik di Piala Dunia Qatar 2022. Pelatih yang sudah bersama Brasil sejak tahun 2016 ini akan kembali ditantang untuk mendapatkan gelar keenam bagi Brasil di Piala Dunia edisi tahun ini.

4. Taktik dan Stategi Permainan
Dari beberapa pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol, Brasil menggunakan beberapa formasi, yaitu 4-2-3-1, 4-4-2, dan 4-3-3. Dari ketiga formasi yang mereka pakai, 4-2-3-1 sangatlah di sukai Tite untuk timnas Brasil di musim ini.

Terlebih, melihat para pemain dengan stamina dan gaya permainan yang beragam di posisi winger akan menjadi keuntungan bagi Tite menggunakan formasih 4-2-3-1 dengan strategi melakukan penetrasi ke sektor kanan dan kiri dari lawan mereka.

5. Peluang Mendapatkan Gelar
Berbicara tentang mendapatkan gelar keenam bagi Brasil di tahun ini seperti 50/50. Sebab, banyak dari timnas negara Eropa yang sudah berkembang dengan sangat pesat. Terlebih, tergabung di grup H akan membuat mereka bertemu dengan Spanyol atau Jerman di babak Perempat Final nanti.

Namun, jika mereka bisa sampai babak Semifinal di Piala Dunai edisi ini, bukan tidak mungkin mereka akan berpeluang sangat besar untuk memperoleh gelar juara keenam mereka sepanjang sejarah.

Piala Dunia 2022 sendiri akan diadakan di Qatar setelah mengalahkan Amerika Serikat, Australia, Jepang dan Korea Selatan dalam sesi pemungutan suara yang dilakukan sejak tahun 2009.

Namun, pada pagelaran tahun ini ada sedikit perubahan jadwal. Biasanya, Piala Dunia diadakan pada pertengahan tahun atau saat musim panas, akan tetapii kali ini akan dilaksanakan pada akhir tahun atau ketika memasuki musim dingin.

Piala Dunia 2022 Qatar akan dijadwalkan selama 28 hari, dimulai dari tanggal 21 November sampai 18 Desember 2022. Pertandingan Final  diselenggarakan pada tanggal 18 Desember akan bertepatan dengan perayaan Hari Nasional Qatar.

Lalu, apa saja yang sudah Qatar siapakan dan venue mana saja yang akan digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan Piala Dunia 2022. Berikut profil dari negara Qatar dan persiapannya jelang Piala Dunia 2022.

Profil Qatar

Qatar merupakan negara yang berada di benua Asia yang memiliki luas wilayah sebesar 11.437 Km2. Qatar yang beribukota di Doha ini dijuluki sebagai negara kaya yang memiliki income perkapita sebesar US$ 140.649 pada tahun 2015.

Penduduk Qatar sendiri tercatat berjumlah 2.500.000 jiwa (tahun 2016) dan sekitar 80 persen dari jumlah penduduknya bermukim di Doha. Penduduk asli Warga Negara Qatar (Qatari) sekitar 350 ribu jiwa (15 persen) dan sisanya adalah Ekspatriat Asing (85 persen).

Lalu, jawaban dari mengapa Piala Dunia diadakan pada akhir tahun kerena di Qatar sendiri ketika musim panas berlangsung sekitar bulan Juni sampai September, rata rata suhu di sana berkisar 50°C. Maka dari itu dipilihnya akhir tahun, karena di Qatar dari bulan Oktober sampai Mei sudah memasuki musim dingin dan hujan, dengan rata rata suhu lebih terkontrol daripada musim panas.

Pada tahap persiapan sendiri, sejak memenangkan voting pada tahun 2010, Qatar sudah mulai bebenah dengan melakukan persiapan membangun dan merevitalisasi beberapa venue atau stadion yang akan digunakan untuk pegelaran Piala Dunia.

Namun, ketika persiapan itu berlangsung terdapat beberapa masalah yang tercium. Dari masalah tentang keuangan, hingga korupsi menjadi buah bibir. Sampai, beberapa perwakilan dari FIFA melakukan investigasi untuk menemukan kebenaran dari tudingan beredar.

Akan tetapi, dengan adanya tudingan seperti tersebut tidak membuat persiapan Qatar menjadi molor. Hingga saat ini persiapan di beberapa titik sudah selesai dan delapan stadion yang akan digunakan dalam pegelaran Piala Dunia 2022 sudah rampung.

Beikut Delapan Venue atau Stadion untuk Piala Dunia Qatar 2022:
1. Stadion Al Bayt
2. Stadion Al Janoub
3. Stadion Internasional Khalifa
4. Stadion Ahmed bin Ali
5. Stadion Education City
6. Stadion Al Thumama
7. Stadion 974
8. Stadion Lusail Iconic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas brasil piala dunia 2022
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top