Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenpora dan PSSI Matangkan Persiapan Piala Dunia FIFA U-20 pada 2023

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) menyatakan akan berkomitmen memberikan dukungan untuk PSSI dalam rangka mempersiapkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2023.
Yunus Nusi/Antara/Michael Siahaan
Yunus Nusi/Antara/Michael Siahaan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) menyatakan akan berkomitmen memberikan dukungan untuk PSSI dalam rangka mempersiapkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2023.

Plt. Sesmenpora Jonni Mardizal mengatakan Federation International Football Association (FIFA) dijadwalkan akan mengecek langsung kesiapan Piala Dunia U-20 di Indonesia dalam waktu dekat.

Oleh sebab itu, Jonni mengatakan persiapan Indonesia dalam menjadi tuan rumah dapat dipersiapkan dengan matang.

"Jadi, jelang itu kita adakan rapat ini kita undang internal kita, PSSI, Kemensesneg, Kemenkumham, Kemenkeu, Kementerian PUPR, Kemenaker, Dirut PPK GBK dan teman-teman dari provinsi penyelenggara (DKI Jakarta, Bali, Sumsel, Jateng, Jabar, Jatim secara virtual). Kita ingin koordinasi sejauh mana persiapan mereka dan kesiapan dari kota-kota itu dalam penyelenggaraan FIFA U-20/2023," katanya.

Menurutnya, ada banyak kemajuan dari persiapan di provinsi penyelenggara, hanya ada sedikit masalah minor yang bisa secepatnya diperbaiki.

"Dari hasil rapat ini cukup produktif, ada kemajuan luar biasa dari hasil kunjungan PSSI terhadap lapangan tempat penyelenggaraan maupun latihan. Secara umum bagus dan baik hanya ada sedikit perbaikan minor tidak begitu prinsip," ujarnya.

Sementara terkait Keppres dan Inpres penyelenggaraan Piala Dunia U-20, menurutnya segera akan ada pembaharuan. "Terkait Keppres dan Inpresnya akan segera kita perbaharui. Untuk substansinya perlu bantuan PSSI yang tahu dan apa keinginan FIFA tentu akan kita akomodir, agar nanti tidak masalah dan penyelenggaraan berjalan lancar," pungkasnya.

Sekjen PSSI Yunus Nusi sampaikan terima kasih kepada Menpora Amali dan Kemenpora atas undangan rapat koordinasi menjelang Piala Dunia U-20/2023 ini.

"PSSI mengucapkan terima kasih kepada Menpora RI dan Kemenpora, hari ini kami telah diundang dalam rangka untuk meeting tentang persiapan Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2023," ujarnya.

Menurutnya, pertemuan tersebut sangat bermanfaat dalam menyukseskan Piala Dunia di Indonesia sehingga bisa ditindaklanjuti di tingkat kementerian.

"Kami optimis pertemuan ini telah membuahkan hasil dan kontribusi yang baik untuk persiapan Piala Dunia 2023 yang akan datang," harap Yunus.

Kedatangan delegasi FIFA pada Juni di Indonesia lanjutnya, akan juga dipersiapkan dengan baik agar kedatangan FIFA dapat dipergunakan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

"Infrastruktur semuanya kita harap pada Januari 2023 stop tidak ada kegiatan apapun. Kami meminta kepada kawan-kawan provinsi dan kota di bulan Januari tidak ada lagi pemanfaatan kegiatan di lapangan yang diperbaiki untuk kepentingan selain PSSI dan FIFA," ujarnya.

Sekadar informasi, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20. Pesta sepakbola sedunia untuk kelompok umur di bawah 20 tahun itu sejatinya berlangsung pada 2021, tetapi karena pandemi Covid-19 akhirnya diundur 2 tahun kemudian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper