Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polemik SEA Games 2021, Kemenpora Akhirnya Berangkatkan Timnas Futsal Indonesia

Setelah tak masuk dalam cabang olahraga yang diberangkatkan Kemenpora ke SEA Games 2021, akhirnya timnas futsal Indonesia bisa sedikit bernapas lega.
Timnas futsal Indonesia melawan Malaysia di Piala AFF Futsal 2022 / FFI
Timnas futsal Indonesia melawan Malaysia di Piala AFF Futsal 2022 / FFI

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah tak masuk dalam cabang olahraga yang diberangkatkan Kemenpora ke SEA Games 2021, akhirnya timnas futsal Indonesia bisa sedikit bernapas lega.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan kesiapannya memberangkatkan timnas futsal Indonesia ke SEA Games 2021 Vietnam.

Kemenpora menilai timnas futsal Indonesia punya potensi medali di SEA Games 2021. Itu karena pada Piala AFF Futsal 2022 timnas futsal Indonesia berhasil mencatatkan prestasi sebagai runner-up.

Namun begitu, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti, mengungkapkan bahwa pihaknya masih menjalin negosiasi dengan Federasi Futsal Indonesia (FFI).

"Untuk tim putra tidak ada masalah dan siap untuk kami berangkatkan. Tapi federasinya memaksa akan mengirimkan tim putri yang berdasarkan catatan kami jauh untuk bisa memenuhi prestasi," ujar Chandra Bhakti.

"Sementara catatan kami, (yang bisa meraih medali) tim putra. Kami obyektif dan berdasarkan data," katanya.

Sementara itu, Kemenpora hanya merekomendasikan untuk mengirimkan timnas futsal putra yang memiliki jejak prestasi yang jelas.

Timnas futsal putri Indonesia punya catatan satu medali perunggu pada ajang SEA Games 2017. Itu adalah medali satu-satunya timnas futsal putri Indonesia di SEA Games.

"Keberangkatan tim futsal putra sudah diputuskan sejak tanggal 31 Maret,” sambung dia.

Kemenpora akan melakukan rapat bersama FFI dan tim review pada Rabu (13/4/2022) untuk memutuskan keberangkatan tim futsal ke SEA Games 2021.

Namun Chandra kembali menegaskan bahwa tidak ada cabang olahraga yang berangkat secara mandiri ke multievent dua tahunan Asia Tenggara itu.

Indonesia mengirimkan 476 atlet pada 31 cabang olahraga ke SEA Games 2021. Jumlah tersebut berkurang hampir separuh dari jumlah atlet yang tampil pada SEA Games 2019 Filipina, yakni 841 atlet.

Selain karena keterbatasan anggaran, langkah itu juga ditempuh karena pemerintah ingin mengubah paradigma terkait SEA Games.

Kemenpora ingin menjadikan SEA Games sebagai sasaran antara menuju Asian Games dan kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper