Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapolri Listyo Sigit Resmi Ketua Umum PB ISSI

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik menjadi Ketua Umum PB ISSI periode 2021-2025.
Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) masa bakti 2021-2025./Antararn
Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) masa bakti 2021-2025./Antararn

Bisnis.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjanji bakal meningkatkan prestasi atlet-atlet sepeda, sehingga bisa mengharumkan nama bangsa.

Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) periode 2021-2025 pada Sabtu (11/12/2021) di Jakarta.

“Bagaimana ke depan sport sepeda ini bisa menjadi salah satu olahraga yang mampu memberi kontribusi untuk mengharumkan nama bangsa di event internasional, apakah itu di Asean Games, SEA Games, Olimpiade ataupun kejuaraan-kejuaraan internasional yang lain,” kata dia.

 Sigit mengatakan, jajaran kepengurusannya telah membuat rencana kerja dengan menyelaraskan desain besar olahraga nasional yang dibuat oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dia memahami bahwa saat ini olahraga sepeda sangat digemari oleh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia mulai dari pelosok hingga kota besar.

“Kita berusaha untuk mewujudkan dengan membuat track atau jalur. Apakah itu di perkotaan atau track baru yang bisa digunakan untuk event internasional,” ucapnya.

Dia mengatakan, perlu menambah turnamen berlevel internasional, seperti Tour De Singkarak dan Tour De Bali. Hal itu mampu membuat Indonesia menjadi tujuan wisata sport atau sport tourism.

Hal seperti itu, kata Sigit, merupakan program yang telah dipersiapkan oleh jajaran kepengurusannya ke depan.

Disamping itu, pihaknya akan membuat jalur sepeda baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi sehingga masyarakat memiliki jalur sepeda sendiri.

 “Ini bisa jadi budaya, mungkin satu minggu, sehari, dua hari seluruh aktivitas kegiatan masyarakat dilakukan dengan bersepeda, ini untuk mengurangi efek polusi energi fosil dari kendaraan," katanya.

Hal itu, kata dia, merupakan sumbangan dari ISSI untuk membantu mengurangi efek rumah kaca dan bagian dari komitmen untuk mengelola perubahan iklim akibat efek rumah kaca.

"Ini adalah bagian dari rangkaian kita ke depan,” kata Sigit.

ISSI bisa menjadi kawah candradimuka untuk menjaring talenta-talenta bibit pesepeda yang bisa diorbitkan menjadi atlet berprestasi, yakni dengan melakukan perlombaan atau turnamen di tingkat daerah.

“Untuk kemudian kita kembangkan sehingga ke depan bisa mengharumkan nama bangsa,” ucap Sigit.

PB ISSI dapat berkontribusi dalam industri maupun investasi yang berkaitan dengan sepeda untuk memicu pertumbuhan ekonomi nasional.

Dia yakin berkembangnya dunia sepeda bisa menciptakan multiplier efek bagi daerah-daerah di sekitarnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman sangat yakin PB ISSI di bawah komando Listyo Sigit Prabowo akan menelurkan atlet-atlet pesepeda berkualitas yang ditargetkan meraih emas dalam berbagai turnamen, khususnya yang sudah di depan mata yakni SEA Games Vietnam sehingga biasa  mengharumkan nama bangsa.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper