Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lionel Messi Jadi Pemain Argentina dengan Penampilan Terbanyak

Dengan dua gol saat melawan Bolivia, Lionel Messi juga sekarang menjadi pencetak gol terbanyak keempat Argentina dalam sejarah Copa América.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 29 Juni 2021  |  13:59 WIB
Megabintang Argentina tampil membela negaranya saat melawan Bolivia di fase grup Copa America 2021 - Twitter/@CopaAmerica
Megabintang Argentina tampil membela negaranya saat melawan Bolivia di fase grup Copa America 2021 - Twitter/@CopaAmerica

Bisnis.com, JAKARTA - Argentina pertandingan penyisihan Grup A Copa America 2021 dengan kemenangan 4-1 atas Bolivia, Selasa (29/6/2021) pagi WIB. Dengan hasil itu, Albiceleste mengukuhkan diri sebagai juara Grup A, sedangkan Bolivia menempati urutan kelima atau resmi angkat koper dari turnamen ini.

Alejandro Gómez, Lionel Messi (dua kali) dan Lautaro Martínez mencetak gol untuk Argentina, sedangkan Erwin Saavedra mencetak gol untuk Bolivia.

Dalam laga itu, Argentina yang dilatih Lionel Scaloni mengambil kendali permainan lebih awal dan hanya butuh tiga menit untuk menciptakan peluang bersih pertamanya.

Alejandro 'Papu' Gómez memberi umpan kepada Sergio Agüero di dalam kotak, tetapi usahanya oleh kiper Carlos Lampe dan Angel Correa gagal memanfaatkan rebound.

Namun, Lampe tidak bisa berbuat apa-apa untuk menggagalkan gol pembuka Argentina yang spektakuler pada menit ke-6. Lionel Messi memberikan umpan terobosan yang sempurna kepada 'Papu' Gómez yang melepaskan tendangan voli yang kuat untuk membawa Argentina memimpin 1-0.

Setelah gol itu, Argentina masih dominan dengan penguasaan bola, sedangkan Bolivia fokus bertahan.

Pada menit ke-30, 'Papu' Gómez yang lincah dan berbahaya dilanggar di area penalti dan wasit Kolombia Andrés Rojas menunjuk titik putih. Messi tidak membuang kesempatan itu dengan penyelesaian yang kuat ke sudut dan skor 2-0 untuk Argentina.

Setelah gol tersebut, Bolivia sedikit bangkit dan Diego Bejarano melakukan upaya pertama yang berhasil diselamatkan oleh kiper Argentina Franco Armani, sebelum upaya Jeyson Chura berhasil digagalkan secara mengesankan oleh penjaga gawang River Plate itu.

Sesaat sebelum jeda, Argentina menambah gol ketiga. Agüero memberi umpan kepada teman baiknya dan rekan setim barunya di Barcelona, Messi, yang melakukan tendangan voli pertama yang tak mampu dihalau kepala kiper Bolivia.

Pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-55, Erwin Saavedra mencetak gol untuk Bolivia dan menjadi gol keduanya di Copa América.

Namun, sepuluh menit berselang, Argentina menegaskan kembali dominasi mereka. Pemain pengganti yang baru masuk pada babak kedua Lautaro Martínez membuat gol dari jarak dekat dan menjadikan skor 4-1 yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan hasil tersebut, Argentina maju ke babak sistem gugur sebagai pemenang Grup A dan akan menghadapi Ekuador, yang menempati peringkat keempat Grup B Copa America, pada Sabtu (3/7/2021).

Berikut faktar pertandingan antara Argentina vs Bolivia dalam fase grup Copa America seperti dilansir copaamerica.com:


- Pertandingan antara Bolivia dan Argentina merupakan pertemuan kesepuluh kedua negara tempat netral di berbagai kompetisi. Argentina tidak pernah kalah sekali pun (10 kali menang, sekali seri).

- Argentina kalah dua kali dari 26 pertandingan terakhirnya di Copa América (15 kali menang, 9 seri, dua kali kalah), pada 2011, 2015 dan 2016 mereka tersingkir melalui adu penalti. Satu-satunya kekalahan mereka terjadi saat melawan Kolombia (0-2) dan Brasil (0-2) pada 2019.

- Lionel Scaloni menjalani 17 pertandingan tanpa kekalahan (10 menang, tujuh seri) dan dia menyamai Guillermo Stábile untuk rekor tak terkalahkan terpanjang ketiga sebagai pelatih Argentina. Jika mereka tidak kalah melawan Ekuador, dia akan menyamai rekor Marcelo Bielsa (18). Alfio Basile menjadi pemegang rekor dengan 31 pertandingan bersama Argentina antara 1991 dan 1993.

- Lionel Messi kini menjadi pemain dengan penampilan terbanyak untuk tim nasional Argentina (148). Dengan dua gol malam ini, dia sekarang menjadi pencetak gol terbanyak keempat Argentina dalam sejarah Copa América. Dia satu gol di bawah Gabriel Batistuta dan José Moreno dan 5 gol di bawah pemegang rekor Norberto Méndez.

- Lionel Messi melakukan empat tembakan ke gawang melawan Bolivia dan merupakan yang tertinggi di Copa América.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas argentina copa america Timnas Bolivia

Sumber : Copa America

Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top