Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prediksi Finlandia vs Belgia, Susunan Pemain, Kabar Tim, Head to Head

Pertandingan terakhir Grup B Euro 2020 antara Finlandia vs Belgia akan berlangsung pada Selasa dini hari nanti di Saint Petersburg Stadium.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Juni 2021  |  15:55 WIB
Prediksi Finlandia vs Belgia, Susunan Pemain, Kabar Tim, Head to Head
Pemain Timnas Finlandia, Teemu Pukki - Twitter Euro
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pertandingan terakhir Grup B Euro 2020 antara Finlandia vs Belgia akan berlangsung pada Selasa (22/6/20201) dini hari nanti di Saint Petersburg Stadium. Timnas Finlandia bisa mencetak sejarah jika meraih kemenangan dan lolos ke babak 16 besar.

Ajang Piala Eropa 2020 merupakan debut bagi Finlandia. Bahkan, ini merupakan putaran final turnamen besar pertama yang pernah mereka ikuti sepanjang sejarah.

Skuad asuhan Makku Kanerva pun telah membuat sejarah dengan mengalahkan Denmark 1-0 pada laga pertama Grup C. Akan tetapi langkah mereka untuk lolos ke babak 16 besar terjegal setelah dikalahkan Rusia 0-1 pada laga kedua.

Dengan perolehan tiga angka, sama seperti Rusia, Finlandia masih berpeluang lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Syaratnya mereka tak boleh menelan kekalahan dari Belgia yang saat ini memuncaki klasemen Grup C.

Jika berhasil menang atas Belgia, Finlandia bahkan bisa saja berada di puncak klasemen Grup C jika pada laga terakhir Rusia gagal meraih kemenangan dari Denmark yang sudah dipastikan tersingkir. Jika bermain imbang, mereka juga berpeluang untuk memperebutkan satu dari empat tiket dari posisi ketiga terbaik.

Satu modal berharga bagi Finlandia adalah karena mereka sempat membuat kejutan dengan mengalahkan Prancis 2-0 pada laga uji coba November tahun lalu. Hal itu membuktikan bahwa Finlandia bukan tim yang bisa dianggap remeh.

Belgia sendiri mengemban misi minimal bermain imbang demi mengamankan posisi puncak klasemen Grup C. Pasalnya, jika hanya menjadi runner-up, mereka akan menghadapi Wales yang telah dipastikan lolos dari Grup A bersama Italia. Sementara jika menjadi juara, mereka hanya akan menghadapi salah satu dari empat tim posisi ketiga terbaik.

Fakta bahwa Belgia merupakan tim dengan peringkat FIFA nomor 1 juga membuat misi Finlandia menghindar dari kekalahan akan sangat sulit. Skuad asuhan Roberto Martinez juga memiliki rekor tak pernah kalah dari 11 laga terakhir dengan sembilan kemenangan dan dua kali imbang.

Apalagi Belgia juga terbukti tak kehilangan taringnya meskipun sejumlah pemain terbaik mereka seperti Eden Hazard dan Kevin de Bruyne mengalami cedera. Kemenangan dari Rusia dan Denmark menjadi bukti bahwa skuad Setan Merah Eropa tak bergantung pada satu atau dua pemain saja.

Dari rekor pertemuan, Finlandia juga patut memilki optimisme tinggi. Dari 11 laga, Finlandia ternyata mampu meraih empat kemenangan sementara Belgia hanya tiga kemenangan, empat laga lainnya berakhir imbang.

Apalagi dalam tujuh pertemuan terakhir Belgia tak pernah meraih kemenangan dengan hasil empat kemenangan untuk Timnas Finlandia dan tiga kali imbang. Pertemuan kedua tim terakhir kali terjadi pada laga uji coba Juni 2016 yang berakhir imbang 1-1.

Hasil head to head Finlandia vs Belgia:

DateMatchResultScoreCompetition
25 May 1953Finland v BelgiumW2-4FIFA World Cup
23 Sep 1953Belgium v FinlandD2-2FIFA World Cup
19 Jun 1968Finland v BelgiumW1-2FIFA World Cup
09 Oct 1968Belgium v FinlandW6-1FIFA World Cup
18 Aug 1999Belgium v FinlandL3-4International Friendly
15 Aug 2001Finland v BelgiumL4-1International Friendly
06 Jun 2007Finland v BelgiumL2-0UEFA European Championship
13 Oct 2007Belgium v FinlandD0-0UEFA European Championship
11 Aug 2010Finland v BelgiumL1-0International Friendly
09 Feb 2011Belgium v FinlandD1-1International Friendly
01 Jun 2016Belgium v FinlandD1-1International Friendly

Kabar tim

Dari sisi materi pemain, Timnas Belgia jelas unggul jauh dari Timnas Finlandia. Mereka merupakan salah satu tim yang memiliki keseimbangan sangat bagus dari lini belakang hingga tengah.

Penjaga gawang Thibaut Courtois, bek Toby Alderweireld, gelandang Kevin de Bruyne, penyerang Romelu Lukaku dan Eden Hazard hanya segelintir pemain kelas dunia yang menghuni Timnas Belgia.

Martinez juga telah memastikan trio Axel Witsel, Kevin De Bruyne dan Eden Hazard akan bermain sejak awal pada laga malam nanti. Ketiganya hanya menjadi pemain pengganti pada dua laga sebelumnya karena baru pulih dari cedera.

Pelatih asal Spanyol itu diprediksi juga akan melakukan perombakan di sejumlah posisi. Mereka masih memiliki Michy Batshuayi dan Christian Benteke yang belum mendapatkan menit bermain. Keduanya bisa menggantikan Romelu Lukaku sebagai ujung tombak Timnas Belgia.

Pemain sayap kanan Jeremy Doku yang menjadi incaran Liverpool juga berpeluang bermain demi memberikan istirahat bagi Thomas Meunier. Sementara di lini belakang, salah satu dari Jan Vertonghen atau Toby Alderweireld sangat mungkin diistirahatkan.

Sementara Finlandia hanya memiliki tiga pemain yang merumput di liga top Eropa, yaitu: Penjaga gawang Lukas Hradecky (Bayer Leverkusen), gelandang serang Fredrik Jensen (FC Augsburg) dan penyerang Joel Pohjanpalo (Union Berlin).

Kanerva diprediksi akan tetap mempertahankan skuadnya seperti dua laga awal. Dia juga cukup beruntung karena tak ada satu pun pemain Finlandia yang mengalami cedera.

Prediksi susunan pemain Finlandia vs Belgia:

Finlandia (5-3-2): Hradecky; Uronen, O'Shaughne. Arajuuri, Toivio, Raitala; Lod, Sparv, Kamara; Pukki, Pohjanpalo

Belgia (3-4-2-1): Courtois; Denayer; Alderweireld, Boyata; Thorgan Hazard, Witsel, De Bruyne, Doku; Eden Hazard, Carrasco, Batshuayi

Prediksi hasil Finlandia vs Belgia:

Meskipun melakukan banyak rotasi pemain, Timnas Belgia jelas lebih unggul kualitas dari Finlandia. Kehadiran Axel Witsel dan Kevin De Bruyne diprediksi bisa membuat anak asuh Roberto Martinez dapat leluasa menguasai lini dan mendominasi penguasaan bola.

Sementara Finlandia sangat mungkin hanya akan bermain bertahan sambil mencari momentum mencetak gol melalui serangan balik dan situasi bola mati. Apalagi skuad The Eagle-Owl telah melihat bagaimana Denmark nyaris membuat Belgia menelan kekalahan dengan serangan cepat dan gol yang diciptakan Yussuf Poulsen.

Belgia di sisi lain harus hati-hati jika tak ingin mendapatkan hasil mengejutkan. Dua pemain sayap Jeremy Doku dan Thorgan Hazard tak boleh kehilangan konsentrasi ketika timnya mendapatkan serangan balik cepat.

Sementara untuk membongkar tembok pertahanan Finlandia, Belgia akan mengandalkan kreativitas De Bruyne dan Eden Hazard. Kecepatan Michy Batshuayi juga bisa menjadi faktor penentu kemenangan Timnas Belgia.

Jika mampu menahan gempuran Belgia, bukan tak mungkin Finlandia mendapatkan hasil imbang yang membuat mereka berpeluang lolos ke babak 16 besar melalui skema tim ketiga terbaik. Di titik ini, mereka bisa unggul atas Swiss yang menempati posisi ketiga klasemen Grup A dengan perolehan empat angka dan minus satu gol.

Jadwal siaran langsung Finlandia vs Belgia:

Laga putaran akhir Grup B Euro 2020 antara Finlandia vs Belgia akan berlangsung pada Selasa dinihari pukul 02.00 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh MNC Sport dan MolaTV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Timnas Belgia Euro 2020 Timnas Finlandia

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top