Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Euro 2020 Grup D: Hasil Pertandingan, Klasemen dan Komentar

Inggris mampu mengatasi tren buruk di Euro setelah menang atas Kroasia. Inggris sebelumnya tak pernah menang di laga pembuka Euro dengan imbang lima kali dan kalah tiga kali.
Kalvin Phillips (kiri) merayakan gol Raheem Sterling yang membuat Inggris menang 1-0 atas Kroasia dalam laga perdana Grup D Euro 2020/Twitter-EURO2020
Kalvin Phillips (kiri) merayakan gol Raheem Sterling yang membuat Inggris menang 1-0 atas Kroasia dalam laga perdana Grup D Euro 2020/Twitter-EURO2020

Bisnis.com, JAKARTA - Inggris dan Kroasia mengawali laga Grup D Piala Eropa atau Euro 2020, Minggu (13/6/2021) malam WIB. Dalam pertandingan itu, satu-satunya gol dicetak Raheem Sterling dan akhirnya Inggris menang 1-0.

Pemain Manchester City itu membuat penonton di Stadion Wembley, London, bergemuruh pada menit ke-57 setelah berhasil mengkonversi umpan dari Kalvin Phillips. 

Secara keseluruhan, kedua tim hampir berimbang dalam penguasaan bola dengan Inggris mampu mengendalikan permainan hingga 52 persen berbanding 48 persen milik Kroasia.

Kedua tim sama-sama melakukan 8 upaya untuk mencetak gol. Namun, Inggris unggul dengan dua tendangan mengarah ke gawang, sedangkan Kroasia hanya sekali.

Baik Inggris maupun Kroasia melakukan 5 kali upaya mencetak gol yang belum menemui sasaran. Satu tendangan Inggris berhasil dihalau bek Kroasia, sebaliknya dua upaya timnas yang dikomandoi Luka Modric ini berhasil digagalkan.

Dengan kemenangan ini, Inggris mampu mengatasi tren buruk di Euro. Pasalnya, sebelum melawan Kroasia semalam, Inggris tak pernah menang di laga pembuka Euro dengan imbang lima kali dan kalah tiga kali.

Di sisi lain, hasil tersebut menambah catatan negatif Kroasia yang sebelumnya hanya menang dua kali dalam sembilan pertandingan terakhir yakni dua seri dan lima kalah.

Hasil ini membuka jalan Inggris untuk lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup D. Namun, Kroasia masih berpeluang lolos ke 16 besar.

Dua tim lain di Grup D yakni Republik Ceko dan Skotlandia baru akan menjalankan pertandingan perdananya di Euro 2020 pada hari ini, Senin (14/6/2021) malam pukul 20.00 WIB.

Komentar Pelatih

Gareth Southgate, Pelatih Inggris: "Dalam pertandingan ini, kami lebih memegang kendali dan tidak memberi Kroasia banyak peluang dan kami tampak berbahaya. Kuncinya adalah memberikan tekanan pada pemain lini tengah Kroasia dan kami berhasil melakukannya. Itu membatasi pasokan dan para pemain bertahan kami mampu menangani bola panjang dengan baik dan membaca permainan dengan baik. Ini adalah hari ketika semua orang yang masuk ke lapangan tampil dengan baik dan teratur secara tim."

Zlatko Dalic, pelatih Kroasia: "Dalam serangan kami tidak menunjukkan banyak kualitas, tetapi kami bermain melawan Inggris, yang merupakan tim yang hebat. Kami hampir setara dengan mereka. Ini mendorong saya dan itu akan lebih baik di pertandingan mendatang."

Klasemen

Dengan hasil pertandingan tersebut, Inggris untuk sementara memuncaki klasemen Grup D Piala Eropa atau Euro 2020, sedangkan Kroasia berada di posisi paling bawah. 

Sementara itu, Skotlandia menduduki peringkat kedua dan Republik Ceko berada diposisi berikutnya Grup D Euro 2020, kendati belum melakoni laga perdana di turnamen ini.

Tim MainMenangKalahSeriGolKemasukanSelisih GolPoin
Inggris11001013
Skotlandia00000000
Rep. Ceko00000000
Kroasia101001-10

Sumber: UEFA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper