Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wayne Rooney Resmi Pensiun dari Lapangan Hijau, Melatih Derby County

Pemain legendaris Manchester united dan Timnas Inggris Wayne Rooney memutuskan untuk pensiun dari lapangan hijau setelah dipercaya menjadi npelatih kepala Derby County.
Wayne Rooney/Reuters/Carl Recine
Wayne Rooney/Reuters/Carl Recine

Bisnis.com, JAKARTA – Mantan penyerang Manchester United dan Timnas Inggris Wayne Rooney memutuskan pensiun sebagai pemain setelah dipercaya menjadi pelatih Derby County, kontestan Championship (divisi 2).

Manajemen Derby County pada Jumat (15/1/2021) mengatakan bahwa Rooney, 35 tahun, telah menandatangani kontrak berdurasi 2,5 tahun.

Rooney bergabung dengan Derby dalam kapasitas sebagai pelatih-pemain setahun yang lalu dari tim Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat DC United dan membuat 35 penampilan untuk klub tersebut.

Dia menjadi pelatih sementara di Derby sejak klub ini bepisah dengan pelatih asal Belanda Phillip Cocu pada November 2020.

Rooney memulai karier bermainnya dengan klub masa kecilnya, Everton, dengan mencetak gol pertamanya saat berusia 16 tahun melawan Arsenal.

Dia menjadi salah satu pemain paling ikonik di Inggris dan memenangkan lima gelar Liga Primer Inggris dan satu Liga Champions Eropa.

Rooney menjadi pemain dengan penampilan terbanyak bagi Timnas Inggris dengan mencatatkan 120 pertandingan dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa bersama timnas dengan 53 gol dan United dengan 253 gol.

"Ketika saya pertama kali tiba kembali ke Inggris, saya benar-benar terpesona oleh potensi Derby County," kata Rooney. "Terlepas dari tawaran lain, saya tahu secara naluriah Derby County adalah tempat untuk saya."

Wayne Rooney mengikuti jejak Frank Lampard dalam melatih Derby. Pelatih Chelsea itu hampir membuat klub Midlands ini promosi pada 2019, tetapi gagal di play-off.

Rooney kini memiliki tugas berat mencegah Derby turun kasta ke divisi ketiga sepak bola Inggris setelah menjalani musim yang buruk.

Derby berada pada posisi ketiga bawah klasemen, meski penampilan mereka meningkat di bawah arahan Rooney. Mereka hanya kalah dua dari sembilan pertandingan liga terakhirnya dan mencatat lima clean sheet.

"Kami sangat senang mengonfirmasi penunjukan Wayne Rooney sebagai pelatih baru kami," kata CEO Derby Stephen Pearce.

"Kemajuan hasil kami baru-baru ini di bawah Wayne menghasilkan penampilan positif, terutama kemenangan kandang 2–0 atas Swansea City dan 4–0 atas Birmingham City. Dasar-dasar itu memberikan landasan bagi klub untuk berkembang pada paruh kedua musim ini di bawah bimbingan Wayne."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper