Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bilbao Pecat Gaizka Garitano, Tunjuk Marcelino Penggantinya

Klub La Liga Spanyol Athletic Bilbao memecat pelatih Gaizka Garitano dan menunjuk Marcelino Garcia Toral, mantan pelatih Valencia, sebagai penggantinya.
Marcelino Garcia ketika masih menangani Valencia/Reuters/Lee Smith
Marcelino Garcia ketika masih menangani Valencia/Reuters/Lee Smith

Bisnis.com, JAKARTA – Athletic Bilbao memecat Gaizka Garitano dari kursi pelatih kepala pada Senin (4/1/2021) dini hari WIB hanya beberapa jam setelah mengalahkan Elche 1–0 dalam mpertandingan pekan ke-17 La Liga Spanyol dan menunjuk Marcelino Garcia Toral sebagai penggantinya.

Tak ada alasan resmi pemecatan itu, tetapi agaknya mantan pelatih kepala tim cadangan Bilbao itu kehilangan pekerjaannya karena awal musim yang kurang bagus.

Garitano dipromosikan dari tim cadangan dan menangani tim utama Bilbao sejak 5 Desember 2018 setelah Josu Urrutia dipecat.

Mewarisi Bilbao yang menghuni  zona degradasi, Garitano mengantarkan klub Basque itu finis urutan kedelapan musim 2018–2019.

Meski gagal memperbaiki posisi akhir Bilbao dalam musim penuh pertamanya yang malah melorot ke urutan ke-11 musim lalu, Garitano membawa Los Leones ke final Piala Raja (Copa del Rey) melawan sesama tim Basque Real Sociedad yang baru digelar pada 4 Aprik 2021 karena pandemi Covid-19.

"Klub berterima kasih kepada Gaizka dan jajaran stafnya atas kerja dan dedikasi yang mereka perlihatkan sejak mewarisi tim dalam situasi sulit ini. Kami mendoakan yang terbaik bagi masa depan mereka," kata Bilbao dalam laman resminya.

Grafik penampilan Bilbao semakin memburuk musim ini setelah hanya menang enam kali dari 17 pertandingan yang delapan lainnya berupa kekalahan.

Bilbao saat ini berada pada urutan kesembilan dengan koleksi 21 poin dan akan melawat ke pemuncak klasemen Atletico Madrid Sabtu pekan ini.

Mengenai pelatih baru, laman resmi Bilbao menyebutkan bahwa menyatakan Marcelino belum menandatangani kontrak, tetapi telah sepakat untuk menjalankan pekerjaannya hingga 30 Juni 2022.

Marcelino tiba dengan bekal 320 pertandingan di kasta tertinggi Liga Spanyol, 54 laga di Copa del Rey dan 42 lainnya di kompetisi Eropa.

Pekerjaan terakhir Marcelino adalah menangani Valencia, dengan meraih trofi Copa del Rey 2018–2019, tetapi kemudian dipecat pada 11 September 2019.

Marcelino kini mewarisi Bilbao yang menduduki posisi kesembilan klasemen la mLiga dengan koleksi 21 poin berkat enam kemenangan dan tiga hasil imbang dari 17 pertandingan musim ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper