Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Corona Bikin Federer Atlet Berpenghasilan Tertinggi Lewati Messi

Petenis Swiss Roger Federer menjadi atlet dengan bayaran paling tinggi di dunia selama 12 bulan terakhir
Petenis Swiss Roger Federer/Reuters
Petenis Swiss Roger Federer/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Petenis Swiss Roger Federer menjadi atlet dengan bayaran paling tinggi di dunia selama 12 bulan terakhir ketika pandemi corona mendepak pemain FC Barcelona Lionel Messi dari posisi teratas, demikian daftar tahunan Forbes yang dilansir Antara dari Reuters pada Sabtu (20/5/2020).

Petenis berusia 38 tahun itu, pemegang rekor 20 gelar juara Grand Slam, memperoleh US$106,3 juta dalam 12 bulan terakhir, termasuk US$100 juta dari kenaikan peringkat empat setrip sekaligus menjadi petenis pertama yang berhasil menduduki daftar teratas.

Atlet dengan penghasilan terhbesar berikutnya selama 12 bulan terakhir adalah pesepak bola Cristiano Ronaldo (US$105 juta), Messi (US$104 juta), pesepak bola Paris Saint-Germain Neymar da Silva Jr. (US$95,5 juta), dan pebasket AS LeBron James (US$88,2 juta).

"Pandemi virus corona memicu pemotongan gaji bagi bintang sepak bola Messi dan Ronaldo, membuka jalan bagi pemain tenis naik peringkat sebagai atlet dengan bayaran tertinggi di dunia untuk pertama kalinya," kata Kurt Badenhausen, editor senior Forbes.

"Roger Federer merupakan sosok yang sempurna bagi perusahaan, menghasilkan portofolio dukungan yang tidak tertandingi dari merek-merek blue-chip senilai US$100 juta per tahun untuk petenis hebat," lanjutnya.

Data lainnya, [etenis putri Jepang Naomi Osaka (US$37,4 juta) yang berada di peringkat ke-29 dalam daftar, melampaui petenis putri AS Serena Williams (US$36 juta), menjadi atlet wanita berpenghasilan paling tinggi sedunia.

Hanya Osaka dan Williams saja atlet wanita yang masuk dalam daftar Forbes itu.

Pemain-pemain basket mendominasi daftar nama dengan 35 pemain di antara 100 atlet termahal dunia. Selanjutnya sepak bola Amerika menyusul dengan 31 atlet, meskipun tidak ada yang penghasilannya lebih tinggi dari juara Super Bowl enam kali, Tom Brady (US$45 juta), di peringkat ke-25.

Sepak bola menjadi olahraga paling terwakili berikutnya dengan 14 pemain, diikuti oleh tenis (6), tinju dan mixed martial arts (5), golf (4), balap motor (3), serta bisbol dan kriket dengan masing-masing satu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper