Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Liga Belanda Digelar di Stadion Kosong, PSV Rugi Rp488 Miliar

PSV Eindhoven akan mengalami kerugian Rp488 miliar jika laga liga Belanda digelar di stadion kosong musim depan.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 11 Mei 2020  |  23:27 WIB
Suporter PSV Eindhoven/Reuters - Francois Lenoir
Suporter PSV Eindhoven/Reuters - Francois Lenoir

Bisnis.com, JAKARTA – PSV Eindhoven, salah satu dari tiga tim yang merupakan kekuatan tradisional sepak bola Belanda, menyatakan bermain tanpa penggemar di stadion bisa menimbulkan kehilangan pendapatan 30 juta euro (Rp488,49 miliar).

Menteri Kesehatan Belanda Hugo de Jonge pekan lalu menyatakan bahwa penggemar tak akan diizinkan kembali ke stadion sampai vaksin untuk virus corona ditemukan.

Apabila hal tersebut benar-benar direalisasikan, berarti seluruh pertandingan Eredivisie, kompetisi sepak bola teratas di Belanda, pada musim depan berpotensi dimainkan secara tertutup.

Berbicara kepada Eindhovens Dagblad, sebagaimana dilansir Football Oranje pada Senin (11/5/2010), Direktur PSV Toon Gerbrands mengungkapkan bahwa bermain di stadion kosong akan memicu biaya besar bagi klub.

Dia mengatakan jika keputusan itu dijalankan, PSV akan kehilangan pendapatan 30 juta euro. Sedangkan bermain selama setengah musim dalam keadaan tanpa penonton saja telah menghilangkan pemasukan sebesar 15 juta hingga 20 juta euro bagi klub tersebut.

PSV berusaha mencari solusi untuk memangkas biaya, termasuk dari pemain dan staf dengan cara memotong sebagian dari gaji mereka.

Tim yang mulai musim depan akan ditangani pelatih asal Jerman Roger Schmidt itu merupakan salah satu dari tiga kekuatan tradisional sepak bola Belanda sepanjang sejarah bersama Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam.

Ajax merupakan juara terbanyak Eredivisie sepanjang sejarah yakni 34 kali, diikuti PSV 24 kali, dan Feyenoord 15 kali.

Pada musim 2019 – 2020 yang teraksa dihentikan akibat pandemi corona tanpa ada yang juara ataupun degradasi, PSV finis di peringat keempat di bawah Ajax, AZ Alkmaar, dan Feyenoord.

Pada musim yang dihentikan itu, PSV dilatih mantan pemain Timnas Belanda Mark van Bommel, tapi kemudian dia dipecat pada 19 Desember 2019, digantikan Ernest Faber sebagai pelatih sementara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

psv eindhoven eredivisie

Sumber : Football Oranje

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top