Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Valencia & Getafe Murka Cara Penetapan Tim Lolos ke Liga Champions

Valencia dan Getafe geram atas proposal RFEF soal cara penentuan tim-tim yang lolos ke Liga Champions musim depan kalau La Liga musim ini tak dilanjutkan.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 18 April 2020  |  13:16 WIB
Valencia - Reuters/Albert Gea
Valencia - Reuters/Albert Gea

Bisnis.com, JAKARTA – Valencia mengirim surat resmi ke Union of European Football Associations (UEFA) yang mengeluhkan proposal dari Federasi Sepak Bola Spanyol (Real Federación Española de Fútbol/RFEF) untuk memutuskan alokasi tempat ke kompetisi Eropa musim 2020 - 2021.

Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa kampanye 2019 - 2020 tidak akan selesai karena penangguhan sepak bola yang tidak terbatas di Spanyol akibat pandemi corona.

Sebagaimana diuraikan oleh Marca dan Cadena Cope, yang dikutip Football Espana pada Jumat (17/4/2020) waktu setempat, RFEF mengatakan bahwa empat tempat Liga Champions akan pergi ke empat teratas saat ini di La Liga yakni Barcelona, Real Madrid, Sevilla, dan Real Sociedad.

Proposal akan melihat Los Che dikecualikan dari kompetisi Eropa sama sekali dan, sebagaimana diuraikan oleh Marca, mereka sekarang telah mengisi keluhan resmi.

Tim besutan Albert Celades saat ini duduk di setrip ketujuh klasemen sementara La Liga, berjarak hanya 3 poin dari Atletico Madrid di posisi keenam. Posisi ketujuh adalah jalur kualifikasi otomatis untuk Liga Eropa.

Selain itu, mereka akan lolos ke Eropa jika final Copa del Rey dimainkan dan Real Sociedad mengalahkan Athletic Bilbao.

Athletic Bilbao secara otomatis akan mengisi tempat—yang dialokasikan untuk tim ketujuh di liga—jika mereka memenangi Copa del Rey karena mereka saat ini tidak berada di slot Eropa, tetapi proposal RFEF juga akan memasukkan tim itu ke Eropa jika final tidak dimainkan.

Seperti dilaporkan oleh Cadena Cope dan El Mundo Deportivo, proposal RFEF juga membuat peringkat kelima Getafe geram karena mereka hanya akan bermain di Liga Eropa dan bukan Liga Champions.

Getafe memiliki poin yang sama dengan Real Sociedad yang berada di posisi keempat dan keduanya memiliki selisih gol yang sama yaitu 12, Sociedad hanya unggul dalam hal produktivitas mencetak gol.

La Real memimpin dalam klasemen karena mencetak lebih banyak gol daripada tim asuhan Jose Bordalas, tetapi ini bahkan lebih kontroversial karena aturan head-to-head.

Aturan La Liga menetapkan bahwa jika poin dua tim sama, hasil head-to-head akan menentukan dan kalau sama, barulah dilihat selisih gol.

Namun, itu hanya berlaku jika tim telah bermain satu sama lain dua kali home and away. Sementara, Real Sociedad dan Getafe baru bertemu satu kali musim ini dan Getafe justru menang 2 - 1 di San Sebastian, markas Sociedad.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

valencia Getafe

Sumber : Football Espana

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top