Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Valencia & Getafe Murka Cara Penetapan Tim Lolos ke Liga Champions

Valencia dan Getafe geram atas proposal RFEF soal cara penentuan tim-tim yang lolos ke Liga Champions musim depan kalau La Liga musim ini tak dilanjutkan.
Valencia/Reuters-Albert Gea
Valencia/Reuters-Albert Gea

Bisnis.com, JAKARTA – Valencia mengirim surat resmi ke Union of European Football Associations (UEFA) yang mengeluhkan proposal dari Federasi Sepak Bola Spanyol (Real Federación Española de Fútbol/RFEF) untuk memutuskan alokasi tempat ke kompetisi Eropa musim 2020 - 2021.

Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa kampanye 2019 - 2020 tidak akan selesai karena penangguhan sepak bola yang tidak terbatas di Spanyol akibat pandemi corona.

Sebagaimana diuraikan oleh Marca dan Cadena Cope, yang dikutip Football Espana pada Jumat (17/4/2020) waktu setempat, RFEF mengatakan bahwa empat tempat Liga Champions akan pergi ke empat teratas saat ini di La Liga yakni Barcelona, Real Madrid, Sevilla, dan Real Sociedad.

Proposal akan melihat Los Che dikecualikan dari kompetisi Eropa sama sekali dan, sebagaimana diuraikan oleh Marca, mereka sekarang telah mengisi keluhan resmi.

Tim besutan Albert Celades saat ini duduk di setrip ketujuh klasemen sementara La Liga, berjarak hanya 3 poin dari Atletico Madrid di posisi keenam. Posisi ketujuh adalah jalur kualifikasi otomatis untuk Liga Eropa.

Selain itu, mereka akan lolos ke Eropa jika final Copa del Rey dimainkan dan Real Sociedad mengalahkan Athletic Bilbao.

Athletic Bilbao secara otomatis akan mengisi tempat—yang dialokasikan untuk tim ketujuh di liga—jika mereka memenangi Copa del Rey karena mereka saat ini tidak berada di slot Eropa, tetapi proposal RFEF juga akan memasukkan tim itu ke Eropa jika final tidak dimainkan.

Seperti dilaporkan oleh Cadena Cope dan El Mundo Deportivo, proposal RFEF juga membuat peringkat kelima Getafe geram karena mereka hanya akan bermain di Liga Eropa dan bukan Liga Champions.

Getafe memiliki poin yang sama dengan Real Sociedad yang berada di posisi keempat dan keduanya memiliki selisih gol yang sama yaitu 12, Sociedad hanya unggul dalam hal produktivitas mencetak gol.

La Real memimpin dalam klasemen karena mencetak lebih banyak gol daripada tim asuhan Jose Bordalas, tetapi ini bahkan lebih kontroversial karena aturan head-to-head.

Aturan La Liga menetapkan bahwa jika poin dua tim sama, hasil head-to-head akan menentukan dan kalau sama, barulah dilihat selisih gol.

Namun, itu hanya berlaku jika tim telah bermain satu sama lain dua kali home and away. Sementara, Real Sociedad dan Getafe baru bertemu satu kali musim ini dan Getafe justru menang 2 - 1 di San Sebastian, markas Sociedad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Football Espana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper