Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hasil Kualifikasi Euro : Hampir Kalah, Spanyol Akhirnya Lolos ke Putaran Final (Video)

Spanyol lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020 meskipun nyaris kalah dalam pertandingan pekan kedelapan Grup F babak kualifikasi di Swedia.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 16 Oktober 2019  |  05:46 WIB
Ujung tombak Timnas Spanyol Rodrigo Moreno setelah men jebol gawang Swedia. - UEFA.com
Ujung tombak Timnas Spanyol Rodrigo Moreno setelah men jebol gawang Swedia. - UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA – Spanyol lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020 meskipun nyaris kalah dalam pertandingan pekan kedelapan Grup F babak kualifikasi di Swedia pada Rabu (16/10/2019) dini hari WIB.

Bermain di Friends Arena di Solna, tuan rumah Swedia unggul 1 - 0 hingga waktu reguler 2 x 45 menit selesai berkat gol Marcus Berg ketika babak kedua berjalan 5 menit.

Namun, kemenangan di depan mata tuan rumah akhirnya lepas. Spanyol mampu melesakkan gol balasan ketika wasit Clement Turpin (Prancis) bersiap menyudahi pertandingan dan injury time telah berjalan 2 menit.

Adalah Rodrigo Moreno yang menjadi pahlawan setelah dia sukses memaksimalkan assist Fabian Ruiz untuk menuntaskan pertandingan dengan skor imbang 1 - 1.

Rodrigo merupakan pemain pengganti. Dia masuk lapangan pada menit ke-66 menggantikan Thiago Alcantara.

Meski hanya mendapatkan tambahan 1 angka, Spanyol tetap bertengger di pucuk klasemen sementara Grup F dengan koleksi 20 angka dan dipastikan lolos ke putaran final Euro tahun depan paling dengan sebagai runner up grup.

Swedia kini berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan nilai 15 dan berpeluang besar mendampingi Spanyol lolos ke putaran final.

Di laga lain Grup F, Rumania juga imbang 1-1 ketika menjamu Norwegia di Arena Nasional di Bukarest. Seperti jufa Swedia, Ruania kehilangan kemenangan ketika pertandingan babak kedua telah memasuki injury time.

Rumania membuka keunggulan pada menit ke-62 melalui kontribusi Alexandru Mitrita dan dibalas Norwegia lewat aksi Alexander Sorloth ketika injury time memasuki menit ke-2.

Sebenarnya Rumania berpeluang besar unggul lebih cepat, tetapi eksekusi penalti George Puscas pada menit 52 gagal membuahkan gol.

Hasil ini tak mengubah posisi Rumania di slot ketiga dengan nilai 14, sedangkan Norwegia di setrip keepat dengan nilai 11.

Dengan setiap tim masih menyisakan dua pertandingan, Rumania masih berpeluang cukup besar untuk finis sebagai runner up untuk lolos ke putaran final. Pertandingan yang menentukan untuk finis sebagai runner up ialah ketika menjamu Swedia dalam matchday kesembilan pada pertengahan bulan depan.

Sementara itu, Norwegia pun sebenarnya secara matematis masih bisa finis sebagai runner up untuk lolos otomatis ke putaran final, tapi selisih 4 poin di belakang Swedia cukup berat. Apalagi ada Rumania yang juga berpeluang menyalip Swedia sekaligus menjauhkan jarak nilai mereka dengan Norwegia.

Namun, terlepas dari posisinya di klasemen Grup F, Norwegia telah masuk playoff untuk berebut empat tiket lolos ke putaran final yang menjadi jatah di luar setiap juara dan runner up hrup. Norwegia telah dipastikan masuk playoff tersebut berdasarkan pencapaiannya di Natons League 2018 - 2019.

Satu pertandingan Grup F lainnya yang digelar pada Rabu dini hari WIB, Kepulauan Faroe mengatasi Malta 1 - 0. Hasil itu membuat Kepulauan Faroe menempati posisi kelima, sedangkan Malta keenam, dengan masing-masing mendulang nilai 3.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Euro 2020 timnas spanyol Timnas Swedia

Sumber : Reuters & UEFA.com

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top