Hasil Kualifikasi Euro : Ukraina Pesta Gol, Mantap Pimpin Klasemen Grup B

Ukraina memantapkan posisi teratas klasemen sementara Grup B kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 setelah menghabisi tuan rumah Lithuania dengan skor telak 3 - 0.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 08 September 2019  |  02:36 WIB
Hasil Kualifikasi Euro : Ukraina Pesta Gol, Mantap Pimpin Klasemen Grup B
Ilustrasi - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA – Ukraina memantapkan posisi teratas klasemen sementara Grup B kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 setelah menghabisi tuan rumah Lithuania dengan skor telak 3 - 0 pada Minggu (8/9/2019) dini hari WIB.

Bertanding di Vilnius, ibu kota Lithuania, tim tamu btelah unggul dua gol saat rehat. Tim asuhan eks-pemain legendaris Andriy Shevchenko itu membuka skor ketika pertandingan baru memasuki menit ke-7 melalui kontribusi gol Oleksandr Zinchenko.

Berselang 20 menit kemudian, Ukraina berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini Marlos Romero Bonfim, pemain sayap hasil naturalisasi berdarah Brasil, mengubah skor menjadi 2 - 0.

Pada babak kedua, Ukraina menjaringkan satu gol tambahan pada menit ke-61, kali ini lewat aksi Ruslan Malinovskiy dan skor 3 - 0 tak berubah hingga wasit Irfan Peljto (Bosnia-Herzegovina) mengakhiri pertandingan.

Tambahan 3 angka menegaskan kepemimpinan Ukraina di klasemen sementara Grup B dengan koleksi 13 angka, jauh meninggalkan tim-tim lainnya yakni Luksemburg 4, Serbia 4, juara bertahan Portugal 2, dan Lithuania 1.

Ketika berita ini ditayangkan, Serbia tengah menjamu Portugal. Hingga akhir babak pertama, Portugal, yang diperkuat Cristiano Ronaldo, unggul 0 - 1 berkat gol William Carvalho pada menit ke-42.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Timnas Ukraina, Euro 2020

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
Top