Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Brasil & Venezuela Lolos ke Perempat Final Copa America (Video)

Brasil dan Venezuela memastikan diri mewakili Grup A lolos ke perempat final Copa America 2018 setelah mencatat kemenangan dalam matchday ketiga.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 23 Juni 2019  |  07:08 WIB
Para pemain Brasil merayakan gol kelima ke gawang Peru. - Reuters/Henry Romero
Para pemain Brasil merayakan gol kelima ke gawang Peru. - Reuters/Henry Romero

Bisnis.com, JAKARTA – Brasil dan Venezuela memastikan diri mewakili Grup A lolos ke perempat final Copa America 2019 setelah mencatat kemenangan dalam matchday ketiga pada Minggu (23/6/2019) dini hari WIB.

Brasil menghabisi Peru dengan lima gol tanpa balas. Lima gol tuan rumah dalam gelaran di Arena Corinthians di Sao Paulo dicetak oleh lima pemain berbeda yakni Casemiro (11’), Roberto Firmino (18’), Everton Sousa (31’), Dani Alves (53’), dan Willian Borges (90’).

Ketika mencetak gol kelima, Willian baru bermain selama 13 menit, masuk pada menit ke-77 menggantikan Philippe Coutinho, yang mengontribusi dua dari tiga gol Brasil di dua pertandingan sebelumnya, tetapi gagal menunjukkan ketajamannya ketika berhadapan dengan Peru.

Bahkan, sebenarnya Brasil memiliki peluang emas untuk mencetak gol keenam, tetapi eksekusi penalti Gabriel Jesus. Wasit asal Argentina Fernando Rapallini menunjuk titik putih lantaran Jesus diganjal kiper Venezuela Pedro Gallese, tetapi sang penjaga gawang itu mampu mengeblok tendangan keras Jesus.

Dalam laga lain yang digelar secara bersamaan, Venezuela mengatasi Bolivia dengan skor 3 - 1 di Stadion Mineirao di Belo Horizonte.

Pertandingan baru berjalan persis 70 detik, Venezuela langsung unggul melalui sundulan kepala Darwin Machis yang kemudian juga menggandakan keunggulan timnya ketika babak kedua berjalan 10 menit.

Bolivia, yang sudah selama 8 bulan tak pernah menang sejak mengalahkan Myanmar 3 - 0 di laga uji coba pada Oktober tahun lalu, sempat memperkecil ketinggalan pada menit ke-82 lewat aksi Leonel Justiniano, tetapi Venezuela memulihkan keunggulan dua gol 4 menit berselang melalui Josef Martinez.

Ketika mencetak gol ketiga timnya, Martinez baru bermain selama 13 menit, masuk menggantikan Machis.

Dengan hasil dua pertandingan matchday ketiga tersebut, Brasil tampil sebagai juara Grup A dengan nilai 7, diikuti Venezuela sebagai runner up dengan nilai 5, keduanya lolos ke babak perempat final.

Sementara itu, Peru finis di peringkat ketiga dan masih memiliki peluang untuk ikut melaju ke 8 besar sebagai salah satu dari dua peringkat ketiga terbaik, menunggu hasil pertandingan matchday ketiga Grup B dan C. Adapun Bolivia dipastikan tersingkir karena selalu menelan kekalahan di tiga pertandingan.

Peru akan tersingkir hanya apabila Qatar mampu menaklukkan Argentina di matchday ketiga Grup B dan Jepang mengalahkan Ekuador dengan selisih dua gol di matchday ketiga Grup C.

Jika Jepang menang dengan selisih hanya satu gol tetapi dengan mencetak minimal dua gol, seperti 2-1, 3-2, dan seterusnya, Jepang-lah yang lolos ke 8 besar sebagai salah satu dari dua peringkat kedua terbaik.

Namun, jika Jepang hanya menang 1 - 0 dan Qatar menang atas Argentina, selisih gol Jepang dan Peru persis sama yakni 3 - 6 dengan nilai 4, sehingga penentuan tim yang menjadi peringkat ketiga terbaik kedua setelah Qatar harus ditentukan dari jumlah karti kuning dan merah yang diterima Jepang dan Peru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas brasil timnas venezuela copa america

Sumber : Reuters & CopaAmerica.com

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top